avatardisplay_general
DISITU
09 Sep 2018

Kriteria Dan Persyaratan Gadai Rumah Karawang

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180909/Kriteria Dan Persyaratan Gadai Rumah Karawang.jpg

Kebutuhan setiap orang sangat beragam, terkadang untuk memenuhi kebutuhannya manusia dipaksa keadaan untuk menjual barang, bahkan rumah. Padahal terdapat alternatif lain dari menjual rumah, rumah tersebut bisa digadaikan. Hampir semua wilayah memiliki tempat gadai sertifikat rumah, tidak terkecuali Karawang. Daripada menjual rumah di Karawang, sebaiknya Anda melakukan gadai sertifikat rumah Karawang. Lantas apa saja yang diperlukan dan keuntungan gadai sertifikat rumah Karawang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda membaca artikel ini hingga selesai.

Syarat Rumah Yang Bisa Digadaikan

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan rumah yang harus dipenuhi agar pengajuan gadai diterima. Berikut ini syarat berkas dan kriteria rumah yang harus dipenuhi :

1. Syarat Bagi Karyawan

Bagi Anda yang merupakan orang karyawan atau pegawai perusahaan, Anda harus mempersiapkan dokumen identitas diri. Selain menunjukkan yang asli, Anda harus menyerahkan fotokopinya, dokumen seperti KTP dan KK sudah menjadi persyaratan wajib ketika hendak menggadaikan rumah. Selain identitas diri, terkadang ada yang mewajibkan calon nasabah menunjukkan dokumen buku pernikahan. Anda juga harus menyerahkan fotokopi slip gaji karyawan atau riwayat buku tabungan 3 bulan terakhir. Tidak lupa juga Anda harus melampirkan Fotokopi sertifikat rumah dan menunjukkan yang aslinya.

2. Syarat Bagi Wirausaha

Hampir sama dengan karyawan, seorang pengusaha juga diwajibkan memberikan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga. Selain itu juga menunjukkan dokumen pernikahan. Wirausaha atau pengusaha biasanya juga diharuskan menyerahkan fotokopi NPWP dan surat mendirikan usaha. Dan dokumen yang mutlak harus ada adalah sertifikat rumah itu sendiri.

3. Syarat Bagi Pegawai Profesional

Terdapat beberapa tempat gadai sertifikat rumah  yang memberikan persyaratan khusus kepada nasabah yang merupakan pekerja profesional. Seperti halnya dokter, selain harus menyerahkan KTP, KK,NPWP dan persyaratan umum lainnya, juga harus menyerahkan surat praktek. Tidak lupa juga harus menyerahkan dokumen sertifikat rumah itu sendiri.

4. Syarat Bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan terkadang juga memiliki rumah sebagai aset atau dihuni oleh karyawannya. Perusahaan juga bisa mengajukan gadai rumah dengan memenuhi beberapa persyaratan. Harus ada perwakilan dari perusahaan yang bertanggung jawab terhadap pengajuan gadainya. Perwakilan dari perusahaan tersebut harus menunjukkan surat perintah gadai dari perusahaan beserta identitas dirinya.

Ketentuan Rumah Yang Bisa Diajukan Gadai

Terdapat beberapa ketentuan rumah yang harus dipenuhi. Rumah tersebut tentunya harus sudah hak milik, tidak ada sengketa di dalamnya. Selain itu rumah yang terletak di lokasi strategis lebih mudah diterima pengajuan gadainya daripada rumah yang sulit di jangkau. Rumah yang hendak digadaikan juga harus sesuai dengan semua yang tertera di sertifikat yang digadaikan. Misalkan saja alamat rumah, tipe rumah, luas rumah dan tanah yang dimiliki. Selain itu rumah harus dalam keadaan layak huni. Maksudnya adalah bukan harus mewah dan megah, melainkan pantas untuk ditinggali dan memiliki semua hal yang mendukung di dalamnya. Misalkan saja rumah tersebut harus memiliki instalasi listrik yang baik, tidak telat membayar pajak, dan juga memiliki air yang layak.

 Dengan mengetahui segala syarat pengajuan gadai dan ketentuan rumah yang bisa digadaikan di atas, tentunya Anda bisa mempersiapkan semuanya dengan baik. Namun perlu diingat bahwa tidak semua tempat gadai memiliki peraturan dan persyaratan seperti di atas. Ada juga beberapa jasa gadai sertifikat rumah Karawang yang memiliki persyaratan tambahan. Namun secara garis besar biasanya Anda diharuskan memenuhi persyaratan di atas. Semoga artikel ini membantu.