avatardisplay_general
DISITU
04 Sep 2018

Langkah Untuk Gadai Sertifikat Rumah Di Koperasi

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180904/Langkah Untuk Gadai Sertifikat Rumah Di Koperasi.jpg

Selain melalui bank, badan lain yang sering dijadikan tempat untuk menggadaikan barang berharga adalah koperasi. Cara ini banyak dipilih sebagai alternatif lain untuk mereka yang sudah terdesak kebutuhan hidup atau yang lainnya. Seperti proses gadai yang lain, di koperasi juga terdapat langkah-langkah yang harus Anda lalui terlebih jika menjadikan sertifikat rumah sebagai jaminannya. Dan berikut akan dijelaskan langkah-langkah gadai sertifikat rumah di koperasi :

1. Mengunjungi Koperasi

Langkah pertama ketika Anda ingin menggadaikan rumah melalui koperasi adalah jelas dengan mengunjungi koperasi tempat Anda ingin melakukan proses gadai. Hal ini perlu Anda perhatikan karena secara umum saat ini banyak koperasi yang tersedia baik yang resmi maupun yang dikelola kelompok tertentu. Dan setiap lembaga tersebut juga memiliki kebijakan dan syarat yang berbeda-beda. Selain syarat dan ketentuan, adapun besaran pinjaman yang umumnya disesuaikan dengan jaminan yang Anda berikan. Untuk itu pilihlah badan koperasi yang tepat dengan cara survei terlebih dahulu. Ketika melakukan survei Anda bisa mencari informasi dengan bertanya ke pihak customer service.

2. Konsultasi Dengan Customer Service

Langkah kedua ketika Anda ingin melakukan gadai sertifikat rumah melalui koperasi adalah dengan melakukan konsultasi kepada customer service yang umumnya terdapat di setiap koperasi. Customer service secara umum memang bertugas untuk melayani segala pertanyaan konsumen tentang kebijakan yang ditetapkan. Nah, melihat hal tersebut Anda bisa memanfaatkan customer service untuk menggali segala informasi yang Anda butuhkan. Informasi tersebut bisa terdiri dari syarat, ketentuan, atau pelayanan yang disediakan oleh koperasi tersebut. Cara ini bisa Anda lakukan lebih dari 1 tempat. Dengan begitu Anda bisa membandingkan beberapa koperasi hingga akhirnya menentukan satu tempat yang cocok untuk Anda melakukan gadai.

3. Mengajukan Pinjaman

Setelah menemukan koperasi yang pas, langkah selanjutnya adalah mengajukan pinjaman. Secara umum dalam mengajukan pinjaman, setiap koperasi memiliki kebijakan masing-masing. Ada yang mewajibkan menjadi anggota atau tidak. Hal ini bisa Anda tanyakan ketika Anda berkunjung dan bertanya ke customer service. Dari informasi itulah Anda tahu peraturan yang diterapkan setiap koperasi yang Anda kunjungi. Tips ketika Anda ingin mengajukan pinjaman adalah cari koperasi yang dilindungi oleh badan hukum. Dengan begitu transaksi akan berjalan lancar dan tentunya barang yang Anda jadikan jaminan akan aman. Dan untuk syarat mengajukan pinjaman, Anda bisa langsung bertanya kepada pihak yang bersangkutan.

4. Melengkapi Persyaratan

Setelah Anda menemukan koperasi yang cocok dan ingin mengajukan pinjaman di tempat tersebut, langkah selanjutnya adalah melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan. Syarat umum mengajukan pinjaman adalah fc. E-KTP suami dan istri, fc. KK, fc. surat nikah, rekening (listrik, telepon, PDAM), dan slip gaji. Selain itu ada juga syarat lain yang harus Anda lampirkan diantaranya rekening tabungan dan rekening koran untuk wiraswasta 3 bulan terakhir. Untuk masalah jaminan yang akan diajukan, setiap benda syaratnya berbeda-beda. Jika Anda ingin menjadikan sertifikat rumah sebagai jaminan, adapun syarat yang harus di lampirkan. Syarat tersebut antara lain sertifikat asli SHM/SHGB, fc. PBB terakhir, fc. IMB, SPPT PBB,  STTS terakhir, dan juga dokumen penunjang lain yang dibutuhkan.

5. Menunggu Konfirmasi Pihak Koperasi

Jika semua persyaratan sudah Anda lampirkan, langkah selanjutnya dalam proses gadai sertifikat rumah di koperasi adalah menunggu proses persetujuan dari pihak yang bersangkutan. Secara umum, proses ini memiliki durasi waktu yang berbeda-beda setiap koperasi. Nah, untuk mengetahuinya Anda bisa menanyakan ketika melakukan survei. jika sudah disetujui, maka Anda tinggal menunggu proses pencairan dana yang dibutuhkan. Setelah dana cair, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk bisnis atau keperluan yang lain sembari mencari cara untuk membayar angsurannya.