avatardisplay_general
DISITU
07 Mar 2019

Langkah untuk Mengurus STNK Hilang dan Biayanya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190307/Banner/2 Anda sekalian yang pernah mengalami STNK hilang pasti sangat kebingungan.jpg

Anda sekalian yang pernah mengalami STNK hilang pasti sangat kebingungan. Perasaan campur aduk dirasakan, seperti kecewa, takut, khawatir, marah, sedih, dan sebagainya. Hal itu wajar dan normal saja karena Anda memang belum pernah mengalaminya. Dengan kata lain, kehilangan STNK menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Saking paniknya karena mungkin terjaring operasi lalu lintas saat berkendara di jalan raya, tidak sedikit yang menyerahkan urusannya kepada calo. Padahal, mengurus lewat calo secara langsung maupun tidak hanya merugikan saja. Pastinya, kerugian uang yang harus dibayarkan kepada calo lebih besar, dibanding mengurusnya sendiri. Oleh karena itu, lebih baik mengurusnya sendiri karena tidak perlu mengeluarkan uang lebih serta mendapatkan pengalaman berharga.

Lalu, bagaimana cara atau prosedur mengurus STNK hilang yang direkomendasikan? Apakah Anda sudah mengetahuinya atau belum? Jika belum, silahkan membaca sedikit uraian di bawah ini karena akan menginformasikannya untuk Anda sekalian.

1. Meminta surat keterangan kehilangan

Mengurus-STNK-Hilang

Anda bisa meminta surat keterangan kehilangan STNK pada kepolisian sektor (polsek) setempat, dimana lokasi kehilangannya berada di wilayah hukum polsek tersebut. Pihak kepolisian akan membuatkan surat keterangan tersebut dan langsung jadi dalam beberapa menit saja. Asalkan tidak banyak antrian menunggu dan petugas nya lebih dari satu. Anda tak perlu membayar alias gratis saat mengurus surat keterangan kehilangan STNK ini. Namun demikian, bukan tidak mungkin di beberapa polsek di Indonesia menerapkan biaya dengan nominal bervariasi.

Baca Juga : Cek Pajak Kendaraan di Samsat secara Online Sekarang

2. Tembusan ke Polres setempat

Mengurus-STNK-Hilang

Setelah surat STNK hilang yang diurus di Polsek setempat selesai pengurusannya, dilanjutkan dengan membawanya ke kepolisian resort (polres) setempat untuk mendapatkan tembusannya. Dengan tujuan, Anda yang sedang mengurus STNK hilang melaporkan kepada polres agar mengetahuinya. Khususnya di bagian satuan lalu lintas (satlantas) yang memang mengurusi ranah ini. Tak perlu berlama-lama di sini karena Anda hanya akan meminta tanda tangan dan stempel. Selain itu, tidak dipungut biaya dalam proses yang satu ini alias gratis. Pihak kepolisian juga sudah bertekad menghapus beragam praktik pungutan liar (pungli) dalam kesatuannya. Terutama dalam pelayanan untuk masyarakat luas, tak terkecuali mengurus kehilangan STNK.

Baca Juga : Cara Mudah Memperpanjang SIM Melalui SAMSAT dan Online

3. Menuju kantor Samsat untuk pembuatan STNK baru

Mengurus-STNK-Hilang

Selanjutnya, Anda bisa segera menuju kantor Samsat daerah setempat dengan membawa bekal surat keterangan kehilangan yang sudah dimiliki. Tujuan ke kantor Samsat adalah melapor atas kejadian kehilangan STNK tersebut beserta membuat STNK yang baru. Silakan untuk menuju bagian informasi untuk mengetahui alur pembuatan STNK baru tersebut. Jangan lupa untuk membawa serta kendaraan bermotor yang sesuai dengan STNK tersebut. Silahkan melakukan semua alur pembuatannya sendiri dan bersabar. Pasalnya, dipastikan ramai kantornya apalagi Anda yang berdomisili di wilayah perkotaan. Jika antriannya tidak banyak atau Anda berada di antrian awal, mungkin bisa memprosesnya lebih cepat. Berbeda jika Anda datang ke kantor Samsat cukup kesiangan, sehingga antriannya sudah membludak.

Adapun biaya mengurus STNK hilang juga bervariasi tergantung dari jenis dan tipe kendaraan bermotornya. Untuk lebih mengenal dan mengetahui perihal biayanya, silahkan langsung bertanya kepada pihak kantor Samsat yang tentu saja lebih berwenang dalam mengurusi urusan ini. Namun perlu diingat, jangan menghubungi atau meminta bantuan calo yang sangat mungkin banyak berkeliaran di kantor Samsat dengan beragam profesi sampingan. Mereka hanya oknum atau pihak yang mencari keuntungan dalam urusan ini.

Baca Juga : Gini Cara Cerdas Mengurus dan Biaya BPKB yang Hilang

Itulah sedikit informasi mengenai cara mengurus STNK hilang yang bisa diinformasikan di sini. Semoga bermanfaat bagi Anda sekalian yang membacanya