avatardisplay_general
DISITU
08 Oct 2018

Mana lebih baik, asuransi kecelakaan diri atau JKK?

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181008/Mana%20lebih%20baik,%20asuransi%20kecelakaan%20diri%20atau%20JKK_.jpg

Setiap pekerjaan apapun itu tentu memiliki risiko tersendiri. Entah membahayakan nyawa atau tidak, risiko tersebut sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. Karena itu agar Anda terhindar dari dampak buruk yang mungkin terjadi akibat risiko tersebut memberikan perlindungan pada diri sendiri adalah langkah tepat.

Dalam pekerjaan ada dua perlindungan yang bisa Anda dapatkan yaitu asuransi kecelakaan diri atau jaminan kecelakaan kerja (JKK). Secara umum dua produk ini mungkin terdengar memiliki arti yang sama, namun jangan salah kaprah, ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Apa saja? Penjelasan selengkapnya akan dibahas berikut ini:

 

Asuransi Kecelakaan DIri

Asuransi

Asuransi kecelakaan diri merupakan salah satu dari produk asuransi yang umumnya ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi baik negeri maupun swasta. Tidak hanya memberikan perlindungan dari risiko yang mungkin terjadi selama bekerja, manfaat asuransi kecelakaan diri adalah memberikan perlindungan terhadap kecelakaan yang mungkin terjadi di luar lingkungan kerja seperti di rumah, atau tempat lainnya.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan pun beragam mulai dari penggantian biaya pengobatan, rawat inap, sampai dengan santunan kematian. Dengan keuntungan tersebut maka sudah seharusnya tiap masyarakat kini melindungi diri dan keluarganya dengan asuransi kecelakaan diri.

Namun perlu diingat, karena jenis asuransi ini adalah asuransi pribadi maka premi atau iuran yang dibayarkan merupakan tanggungan Anda sendiri. Besarnya biaya atau premi yang harus dibayarkan pun berbeda tergantung perusahaan asuransi mana yang Anda pilih. Biasanya biaya yang dibayarkan akan mempengaruhi berapa lama pertanggungan akan diberikan.

 

Jaminan Kecelakaan Kerja

Asuransi

Sementara itu berbeda dengan asuransi kecelakaan diri, jaminan kecelakaan kerja atau JKK merupakan sebuah program dari pemerintah untuk memberikan santunan berupa uang tunai maupun pelayanan kesehatan pada peserta yang mengalami kecelakaan kerja mulai dari berangkat kerja sampai pulang ke rumah.

Selain diakibatkan oleh kecelakaan kerja, santunan juga bisa diberikan apabila peserta mengalami sakit karena lingkungan kerjanya. Sementara untuk pembayaran iuran  sepenuhnya akan dilakukan oleh pihak perusahaan sesuai dengan kelompok jenis usaha.

Di sisi lain, tidak hanya mendapatkan fasilitas berupa pelayanan rawat inap, melansir dari website resmi BPJS, para peserta JKK juga berhak atas berbagai pelayanan kesehatan lainnya seperti transfusi darah, tindakan operasi, rehabilitasi medis, sampai dengan implan.

Tidak berhenti sampai di situ, jika seorang peserta mengalami cacat akibat kecelakaan kerja yang dialaminya, maka ia berhak untuk mendapatkan bantuan berupa Program Kembali Bekerja (PKB) dimana peserta akan dibina dan mendapatkan pendampingan medis (jika diperlukan) agar yang bersangkutan dapat kembali bekerja dengan mandiri.

Namun jika cacat yang dialami permanen sampai kehilangan anggota tubuh, peserta juga bisa mendapatkan alat bantu medis atau alat ganti dengan harga yang telah ditetapkan Pusat Rehabilitasi Rumah Sakit Umum Pemerintah ditambah 40% dari harga tadi serta biaya rehabilitasi medis.

Lebih lanjut, untuk bisa mendapatkan klaim atas kecelakaan kerja yang dialami peserta, pihak perusahaan harus melaporkan kejadian tersebut dengan mengisi form dan mengirimkannya pada BPJS Ketenagakerjaan maksimal 2x24 sejak kejadian terjadi.

Pihak perusahaan juga harus melaporkan keadaan peserta setelah mendapatkan penanganan dokter. Baru setelah itu pihak BPJS akan menghitung berapa jumlah santunan yang akan diberikan sesuai dengan peraturan dan kuitansi bukti pembayaran yang sah.

 

Jadi Asuransi Kecelakaan Diri atau JKK?

Setelah melihat penjelasan dari kedua jenis asuransi kerja di atas, baik asuransi kecelakaan diri maupun jaminan kecelakaan kerja sama-sama memiliki program tersendiri yang diunggulkan.

Kini keputusan sepenuhnya ada di tangan Anda. Jika Anda menginginkan perlindungan akan kecelakaan yang tidak hanya terbatas di lingkungan kerja maka asuransi kecelakaan diri adalah pilihan tepat. Selain untuk mendapatkan perlindungan dari kecelakaan kerja, asuransi kecelakaan diri juga bisa menjadi investasi Anda di masa depan sehingga bisa menjalani hidup lebih tenang tanpa beban pikiran.

Sementara jika dana yang Anda miliki belum cukup untuk membeli asuransi kecelakaan diri, maka dengan mengikuti JKK Anda setidaknya telah memiliki kesadaran untuk melindungi diri sendiri dan keluarga.