DISITU
16 Apr 2018

Mau Gadai Emas di Pegadaian? Ini Hal yang Harus Diketahui

https://disituapi.azureedge.net/artikel/678 Mau Gadai Emas di Pegadaian Ini Hal yang Harus Diketahui.jpg

Emas merupakan logam mulia bernilai tinggi yang kerap diandalkan untuk obyek investasi. Ia bersifat dinamis, dapat dibentuk dengan teknik tertentu sehingga bisa berwujud batangan, perhiasan, cincin, kalung dan benda cantik lainnya. Emas juga dapat dilebur dengan logam dan material lainnya untuk menghasilkan kerajinan yang bernilai seni tinggi.

Penambangan dan produksi emas lantas diperjualbelikan untuk kemudian disimpan atau dipamerkan. Sebagai asset yang berharga, emas juga bisa digadaikan jika pemiliknya membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan mendesak. Lantas bagaimanakah cara gadai cincin emas agar segera dapat dana pinjaman yang lumayan serta proses transaksinya cepat?

Jika Anda memiliki cincin emas dan sedang membutuhkan dana dadakan untuk kebutuhan yang mendesak, Anda bisa sejenak menggadaikan cincin tersebut. Cara tercepat dan paling aman ialah dengan mengunjungi pegadaian. Dengan teknis dan tata cara tertentu, cincin emas Anda akan berpeluang untuk digadaikan dan sebagai gantinya Anda akan memeroleh pinjaman uang.

Berikut ini …. hal yang harus Anda ketahui ketika ingin menggadaikan emas di pegadaian:

 Wirausaha-Sukses

1. Cincin emas sebagai obyek investasi bukan hanya bisa melindungi pemiliknya dari jerat inflasi, tapi emas juga bisa dicairkan menjadi uang secara mudah, entah itu dijual atau digadaikan.

 Wirausaha-Sukses

2. Pegadaian merupakan perusahaan negara yang reputasinya baik, terpercaya dan berkompeten di bidang praktik gadai. Kelebihan lain dari pegadaian yakni proses pengajuan hingga pencairannya relatif cepat, serta barang gadaian Anda terpelihara.

3. Penuhi syarat-syarat yang diminta ketika mengajukan gadai cincin emas. Terdapat syarat formal yang harus dipenuhi misalnya memiliki Kartu Identitas yang legal, mengantongi surat dan dokumen kelengkapan cincin emas.

Seperti diketahui, ketika Anda membeli emas secara legal, penjual akan menyertai dokumen dan surat-surat terkait keterangan rinci seputar emas yang dibeli. Jika Anda menggadaikan cincin emas tanpa surat-surat pelengkap, maka bisa jadi pengajuan gadai Anda ditolak karena dianggap barang bermasalah.

4. Ketika Anda menggadaikan cincin emas, ketahuilah bahwa Pegadaian menerapkan sistem gadai berbiaya flat pada 15 hari pertama masa gadai. Artinya, nominal yang harus dibayarkan mulai dari hari pertama proses gadai hingga hari ke-15 akan dikenakan biaya yang sama. Jika pembayaran biaya gadai melewati masa tersebut, maka aka nada biaya gadai tambahan.

5. Perhatikan tenggat masa gadai. Untuk pegadaian, telah ditetapkan masa gadai selama empat bulan. Anda bisa memperpanjang masa tersebut, tapi jangan sampai melewati masa tenggang. Sebab, jika lupa memperpanjang tenggat masa gadai, biaya sewa gadai akan melonjak dari hari ke hari.

6. Anda akan dikenai biaya administrasi setiap kali Anda melakukan gadai. Adappun besaran biayanya bergantung dari jumlah pinjam gadai yang Anda lakukan. Semakin besar pinjaman yang Anda ambil, semakin besar pula biaya administrasinya.

7. Ada biaya titip gadai yang harus Anda penuhi biaya pelunasannya. Seperti diketahui, cincin emas merupakan barang yang bisa digadaikan, tapi dia merupakan jenis barang yang bervolume sehingga makan tempat. Karena kondisi tersebutlah, Anda akan dikenai biaya titip gadai untuk menjamin keamanan dan keselamatan barang gadai Anda.

Semakin lama masa gadainya, maka akan semakin besar biaya titip gadainya. Jadi sebaiknya jika Anda menggadaikan cincin emas, segeralah melakukan pelunasan agar biaya cicilan tidak semakin membengkak.

 Wirausaha-Sukses

Demikianlah informasi seputar tata cara gadai cincin emas di pegadaian. Jika Anda ingin berkonsultasi seputar cara gadai cincin emas di pegadaian, jangan ragu untuk mengakses disitu.com. Dapatkan layanan konsultasi terpercaya serta rekomendasi agar permohonan gadai Anda cepat dikabulkan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu