DISITU
04 May 2018

Mau Gadai Ijazah SMA? Simak 5 Syarat dan Informasi Penting

https://disituapi.azureedge.net/artikel/771 Mau Gadai Ijazah SMA Simak 5 Syarat dan Informasi Penting.jpg

Menggadaikan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang pinjaman dari hasil penggadaiannya. Hal ini sudah tidak asing lagi bagi semua orang yang ingin mendapatkan uang dengan cepat. Apalagi bagi Anda yang sedang membutuhkan sekali dana yang cepat cair dengan jaminan yang sekedar Anda punya. Apabila Anda hanya memiliki ijazah yang dapat Anda jadikan jaminan maka, saat ini bisa diajukan ke tempat penggadaian terdekat. Sebab, memang sekarang tempat penggadaian melayani untuk gadai sertifikat-sertifikat penting termasuk ijazah. Namun, dari masing-masing barang yang akan digadaikan ini memiliki ketentuan atau persyaratannya. Termasuk untuk gadai ijazah SMA memiliki persyaratan tersendiri agar Anda bisa menggadaikannya secara aman. Maka, dengan adanya persyaratan tersebut dapat meyakinkan Anda sebagai orang yang menggadaikan maupun perusahaan penggadaiannya.

Untuk menggadaikan ijazah saat ini memang sudah diperbolehkan dan dilayani secara khusus. Begitu pun pada gadai ijazah SMA ini, memiliki persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan pada tempat penggadaian. Hal tersebut supaya penggadaian terjalin aman dan terpercaya. Nah, inilah persyaratan yang harus Anda penuhi.

Wirausaha-Sukses 

1. Fotokopi KTP                       

Persyaratan gadai ijazah SMA yang pertama yaitu Anda harus mengajukan fotokopi KTP asli untuk dijadikan salah satu identitas resmi yang dapat dipertanggungjawabkan. Bukan hanya persyaratan untuk penggadaian saja, sebenarnya pengajuan KTP ini untuk semua ketentuan segala macam persyaratan untuk hal lain. Dengan terlampirnya KTP asli milik identitas Anda maka, proses dalam penggadaian dapat berjalan dengan baik. Dikarenakan, KTP termasuk hal yang paling utama dalam semua persyaratan dan sebagai identitas pengenal diri Anda. Bahwa Anda adalah pemilik ijazah SMA tersebut hingga bisa dipertanggungjawabkan.

2. Fotokopi SIM

Persyaratan yang kedua selain KTP yaitu masih berkaitan tentang tanda pengenal diri Anda. Di mana pada tanda pengenal ini merupakan bukan termasuk hal pokok. Namun, ada beberapa perusahaan atau lembaga lainnya yang mengharuskan untuk melampirkan fotokopi SIM. Termasuk persyaratan untuk menggadaikan ijazah ini Anda harus melampirkan SIM sebagai tanda pengenal atau identitas Anda selain KTP.

3. Fotokopi Akta Kelahiran

Selanjutnya adalah persyaratan yang harus Anda ajukan untuk menggadaikan ijazah SMA ini yaitu fotokopi Akta Kelahiran Anda. Mungkin, menurut Anda KTP saja sudah cukup mewakili identitas pada diri Anda, namun tidak untuk sistem penggadaian ini. Sebab, memiliki ketentuan tersendiri dan persyaratan khusus yang memang harus di ikuti dan di taati. Dengan begitu Anda cukup menambahkan persyaratan melampirkan akta kelahiran. Maka, proses penggadaian pada kedua belah pihak ini dibilang saling menerima ketentuan yang sudah tertera. Termasuk untuk melampirkan fotokopi akta kelahiran. Karena memang KTP maupun SIM masih belum menjamin dalam persyaratan penggadaian ijazah ini.

4. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)

Berikutnya selain Anda melampirkan akta kelahiran untuk persyaratan penggadaian ini, sangat di perlukan pula KK atau yang biasa disebut Kartu Keluarga. Ini sama halnya seperti SIM yang berlaku sebagai persyaratan pendukung namun, meskipun begitu KK juga terbilang sangat penting dan harus ada. Apabila Anda tidak melampirkan fotokopian KK dalam penggadaian ijazah ini, maka pelayanan penggadiannya pun tidak dapat melayani Anda. Jikalau Anda tetap memaksakan, tetap saja harus melampirkan KK dengan diberikan jangka waktu untuk dapat mengumpulkannya sebagai berkas penggadaian. Sebab, data dari KTP maupun akta kelahiran terbilang belum cukup untuk syarat penggadian.

5. Ijazah SMA Asli Yang Akan Digadaikan

 Adanya ijazah SMA yang asli dan masih berlaku, atau yang dimaksud tahun keluarannya tidak terlalu jauh dengan proses penggadian. Maka, hal tersebut dapat diterima oleh pihak lembaga penggadaian dan jika sebaliknya proses penggadaian tidak dapat dilakukan atau ditolak. Berkaitan dengan hal tersebut, Anda harus mengajukan ijazah SMA yang masih berlaku dan asli.

Dari persyaratan diatas untuk menggadaikan ijazah SMA, dapat disimpulkan bahwa syarat tersebut memang harus di penuhi dan di taati. Apabila Anda tidak mengikuti pada syarat-syarat yang berlaku untuk menggadaikan ijazah, maka terbilang proses penggadaian tidak dapat dilakukan. Sebab, hal tersebut ada pihak yang tidak dapat menerima aturan dari persyaratan dalam penggadaian ijazah ini. Untuk lebih amannya Anda dapat mengikuti syarat-syarat yang berlaku ini. Cukup dengan melampirkan KTP, SIM, Akta Kelahiran, KK dan mengajukan ijazah SMA asli yang masih berlaku.

 Wirausaha-Sukses