avatardisplay_general
DISITU
04 Nov 2018

Mengapa Perlu Memiliki Asuransi Sepeda Motor?

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181104/Banner/Mengapa%20Perlu%20Memiliki%20Asuransi%20Sepeda%20Motor_%20.jpg

Tak banyak orang peduli dengan asuransi sepeda motor, meskipun mereka dengan mudah dapat memilikinya. Sepeda motor adalah kendaraan paling diminati oleh siapa saja, baik remaja, para ibu dan juga para pria yang perlu berangkat ke tempat kerja dengan cepat dan murah. Sepeda motor memang memiliki banyak fungsi, serta dapat memberikan keuntungan tersendiri. Konsumsi BBM yang irit, namun dapat menjangkau banyak tempat dengan cepat dan akurat merupakan kelebihan kendaraan roda dua ini. Sayangnya, tak banyak orang  tahu bahwa sepeda motor juga memiliki asuransi. Asuransi kendaraan bermotor seolah asing di telinga pemilik kendaraan roda dua.

 

Nah, jika Anda pemilik kendaraan roda dua, pasti Anda tidak terlalu memikirkan apakah kendaraan kesayangan Anda tersebut telah diasuransikan. Saat Anda membeli kendaraan tersebut secara kredit, pastinya Anda menandatangani beberapa lembar perjanjian, tanpa Anda membacanya secara teliti. Memang, tidak ada yang perlu dicurigai dari lembar demi lembar yang Anda tanda tangani. Tetapi, mungkin Anda tidak tahu bahwa sebenarnya asuransi kendaraan roda dua Anda juga sudah Anda nikmati.

Asuransi

Apa saja keuntungan dari asuransi sepeda motor? Mengapa Anda perlu memiliki asuransi tersebut? Pertama, asuransi sepeda motor melindungi pengguna dari berbagai macam kerugian, yakni kehilangan sepeda motor dalam kondisi diam (di tempat parkir) atau saat dirampas di jalan oleh pelaku curanmor. Selain itu, sepeda motor juga mendapatkan penggantian saat mengalami kecelakaan. Namun, tentu saja kecelakaan yang dimaksud bukan kecelakaan kecil. Biasanya, pemilik motor mendapatkan ganti rugi, apabila motor mengalami kerusakan hingga lebih dari 50%.

 

Baca juga: Tips Sebelum Ajukan Kredit Kredit Motor Viar Terbaru

 

Biasanya, perusahaan asuransi memberikan penggantian dalam bentuk Total Loss Only, atau penggantian total saat kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75%, baik itu kecelakaan ataupun huru hara. Dan, perusahaan tersebut hanya akan mengganti biaya perbaikan jika reparasi kendaraan roda dua tersebut dilakukan di bengkel resmi kendaraan terkait. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat terkadang pemilik motor mengira bahwa motor mereka akan mengalami penggantian biaya kerusakan di bengkel mana saja.

Asuransi

Jika Anda membeli kendaraan roda dua secara kredit--dalam kondisi baru--dapat dipastikan Anda sudah mengasuransikan kendaraan Anda secara otomatis. Namun, bukan berarti Anda tidak mendapatkan asuransi saat Anda membeli kendaraan baru. Biasanya, dealer kendaraan terkait akan menawarkan asuransi, sesuai dengan mitra kerja mereka. Anda pun bebas memilih apakah Anda akan menggunakan program asuransi atau tidak.

Nah, disinilah tantangannya. Anda mungkin sempat keberatan karena Anda harus menambah jumlah uang untuk dapat memiliki motor kesayangan Anda. Tetapi, Anda harus paham bahwa Anda sebenarnya diuntungkan saat Anda mengasuransikan kendaraan tersebut. Memang, Anda tidak berharap terjadi kerusakan berat pada kendaraan Anda, apalagi jika Anda harus mengalami kejahatan curanmor. Hanya saja, Anda perlu berjaga-jaga, demi kenyamanan Anda.

Asuransi

Klaim untuk asuransi kendaraan roda dua Anda tentu dilakukan saat motor mengalami kerusakan dan telah dianalisa oleh bengkel resmi kendaraan tersebut. Jadi, Anda harus segera membawa motor Anda ke dealer resmi dan bukan bengkel asal-asalan karena Anda yang akan mengalami kerugian nantinya.

 

Tanpa memiliki asuransi motor, Anda mungkin merasa was-was saat meninggalkan motor baru Anda di tempat parkir. Anda pun akan mengalami kesulitan dalam mengganti kerusakan motor, terutama jika motor Anda mengalami kerusakan parah. Apalag jika motor Anda rusak karena hal-hal yang tidak terkait dengan tindakan Anda, seperti kerusuhan. Jadi, jangan sampai Anda abai dengan pentingnya asuransi sepeda motor.