avatardisplay_general
DISITU
26 Dec 2018

Mengenal Badan Asuransi Kesehatan Nasional Indonesia

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181226/Banner/Mengenal Badan Asuransi Kesehatan Nasional Indonesia.jpg

Badan asuransi kesehatan nasional Indonesia yang dikenal masyarakat saat ini adalah BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan). Dahulunya badan ini bernama Jamsostek. BPJS secara resmi mulai beroperasi pada 1 Januari 2014 dan BPJS Ketenagakerjaan dimulai pada 1 Juli 2014. Bagi warga negara Indonesia maupun warga negara asing yang sudah bekerja di Indonesia selama lebih dari 6 bulan, maka diwajibkan menjadi anggota BPJS yang sudah diatur dalam undang-undang. BPJS bukan hanya diwajibkan pada mereka para pekerja formal saja, tetapi para pekerja informal pun sudah diwajibkan untuk menjadi anggota BPJS, termasuk juga mereka yang tidak bekerja. Menjadi anggota BPJS akan memberikan keuntungan bagi mereka di masa akan datang.

indonesia

Keuntungan penggunaan BPJS sebagai badan asuransi kesehatan nasional Indonesia sangat dirasakan masyarakat, terutama bagi masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah. Pengobatan dengan nilai pembayaran puluhan juta rupiah bisa dinikmati secara gratis dengan pembayaran iuran rutin setiap bulannya. Meskipun pada sebagian orang dan beberapa tempat mengalami masalah klaim, ditolak dan sebagainya, tetapi tetap banyak orang yang bisa menikmati layanan kesehatan tersebut.

Para pengguna BPJS juga sangat penting mengetahui berbagai aturan dan teknik pengajuan BPJS tersebut agar bisa digunakan dengan baik. Tidak sesuainya aturan pengajuan BPJS yang biasanya dilakukan secara bertahap dari mulai puskesmas hingga rumah sakit yang direkomendasikan secara berjenjang, membuat orang sering mengalami penolakan pengajuan kesehatan. Atau karena banyaknya antrian, proses pengobatan yang ditangani BPJS menjadi tidak maksimal, pasien yang belum begitu pulih diminta untuk gentian dengan yang lain.

indonesia

Para pengguna badan asuransi kesehatan nasional Indonesia BPJS sendiri terkadang sering berlaku curang. Mereka yang sudah menikmati pengobatan menggunakan BPJS memilih untuk menghentikan pembayaran iuran bulanan. Merasa bahwa dia sudah menikmatinya dan tak membutuhkan lagi, maka iuran yang sebenarnya sifatnya subsidi silang itu dihentikan. Akibatnya defisit anggaran BPJS terjadi di mana-mana, rumah sakit kesulitan untuk memberikan pelayanan karena klaim BPJS dari pemerintah tidak didapatkan. Belum lagi resiko penyalah gunaan anggaran yang ada oleh pihak terkait, semakin membuat keluhan pelayanan di tingkat bawah.

Lalu jika kondisinya demikian, apakah menjadi anggota Badan asuransi kesehatan nasional Indonesia seperti BPJS menjadi penting? Tetap penting sebagai upaya perlindungan. Yang lebih penting lagi bagaimana masyarakat mengetahui prosedur klaim BPJS yang benar serta tidak berlaku curang setelah menikmati manfaat dari layanan tersebut. Bila tunggakan iuran BPJS terjadi dimana-mana, bisa dibayangkan bagaimana sulitnya rumah sakit melakukan klaim pada pemerintah. Di tahun 2018 ini misalnya, terjadi masalah penunggakan klaim dari pihak rumah sakit terhadap pemerintah yang jelas akan berpengaruh pada kualitas pelayanan rumah sakit kepada masyarakat.

indonesia

Meskipun kita sudah menjadi bagian dari Badan asuransi kesehatan nasional Indonesia, tetapi upaya perlindungan pribadi tetap harus dilakukan. Jangan sedikit-sedikit ingin ke rumah sakit untuk berobat, dan lindungi diri untuk kesehatan pribadi dan keluarga. Tak semua orang mendapatkan pelayanan yang memuaskan dengan program ini, tetapi sangat banyak juga yang menikmati manfaat dari BPJS. Jika Anda menyadari hal ini, maka tak sulit untuk melakukan pengurusan BPJS bukan? Sebab kesehatan selalu harus diproteksi setiap saat. Kita tak tau apa yang akan terjadi dengan diri kita esok hari, maka lakukan apa yang bisa menjadi cara kita untuk melindunginya. Terlebih lagi jika cara itu tidak memberatkan.