avatardisplay_general
DISITU
24 Apr 2018

Mengenal Jenis-Jenis Emas yang Bisa Digadaikan

https://disituapi.azureedge.net/artikel/716 Mengenal Jenis Jenis Emas yang Bisa Digadaikan Yuk Simak.jpg

Sebagai logam mulia yang memiliki nilai jual tinggi, emas sangat memungkinkan untuk digadaikan. Terlebih jika Anda sedang terdesak keuangan dan butuh dana cepat untuk kebutuhan spesifik, gadai emas bisa menjadi solusi terbaik untuk perolehan pinjaman dana segar.

Perolehan emas bagi setiap orang bisa melalui berbagai cara. Ada yang sengaja membeli di toko emas untuk investasi, ada yang memiliki emas karena pemberian orang spesial untuk perhiasan, ada pula yang memiliki emas karena warisan turun-temurun.

Namun tahukah Anda bahwa emas memiliki beragam jenis dan otomatis harganya pun jadi beragam pula? Jika belum, mari sejenak kita mencari tahu tentang jenis-jenis emas yang bisa digadaikan. Dengan mengetahui jenis-jenis emas, kita akan bisa menaksir berapa uang yang akan kita peroleh ketika menggadaikan emas jenis tertentu. Berikut uraiannya untuk Anda:

1. Emas perhiasan

Wirausaha-Sukses

Emas jenis ini paling banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari. Ia kerap terpamang di pergelangan tangan sebagai gelang, melingkar di jari sebagai cincin atau teruntai di leher sebagai kalung. Tak terbatas sampai di sana, emas juga kerap dibuat untuk pabah dasar pembuatan anting, jepit rambut, pin, dan aksesoris lainnya. bahkan untuk gigi palsu pun bisa dibuat dari emas.

Sebab jenis, bentuk dan ukuran emas perhiasan yang berbeda, harganya pun dipastikan ebrbeda-beda berdasarkan berat, karat serta kerumitan pembuatannya. Ketika Anda menjual emas perhiasan atau mungkin menggadaikannya, biasanya ongkos pembuatan emas tidak masuk ke dalam unsur pembayaran.

2. Emas batangan

Sebagaimana namanya, emas barangan berbentu seperti batang-batang balok yang ditujukan untuk kegiatan investasi. Strategi menyimpan uang dalam bentuk emas merupakan cara yang paling aman dan stabil, serata tidak terlalu dipengaruhi nilai tukar rupiah.

Salah satu produsen emas batangan yang cukup terkenal yakni PT Aneka Tambang (Antam). Di mana, perusahaan memproduksi emas hingga mencapai kadar emas 99,99 persen. Emas batangan selalu disertai dengan tanda keaslian serta dilengkapi sertifikat dan nomer seri yang terukir pada fisik emas batangan.

Jangan sampai Anda sembarangan menyimpan dokumen-dokumen identitas emas, karena benda-benda tersebut dibutuhkan ketika Anda ingin gadai emas atau bahkan menjualnya. Tidak seperti emas perhiasan, emas batangan lebih mudah dijual kembali dan nilainya lebih mudah dihitung ketika ingin digadaikan.

Adapun beberapa jenis emas batangan yang biasa dijual di toko emas nusantara di antaranya sebagai berikut:

a. Emas Antam atau Emas Logam Mulia (LM) yang harganya lebih mahal ketimbang emas batangan lainnya sebab dilengkapi sertifikat. Produsen emas ini yakni PT Aneka Tambang.

b. Emas London, yakni emas impor dengan pecahan umumnya per 1 kg. Emas London memiliki ciri terdapat cap perusahaan pada fisik emas batangan.

c. Emas lokal, yakni emas batangan berbentuk lonjong dan sedikit penyok. Emas jenis ini tidak dilengkapi cap perusahaan maupun sertifikat.

3. Koin emas

Emas jenis ini berbentuk koin dan memiliki beberapa klasifikasi. Untuk di Indonesia, koin emas yang paling banyak dikenal yakni koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) dan koin dinar emas.

Emas juga bisa dibedakan dari kadarnya. Semakin tinggi kadar emas, semakin mahal pula harganya. Kadar emas dimulai dari 24 karat alias unsure mas yang terkandung hingga mendapai 99,99 persen. Kadar emas selanjutnya yakni 22 karat (91,6 persen emas) atau emas yang dicampur logam lain seperti perak sebesar 8,3 persen (biasanya perak).

Selanjutnya, emas 21 karat artinya kadar emas dalam logam tersebut sebesar 87,5 persen, 20 karat untuk 83,3 persen emas, 18 karat untuk 75,0 persen emas, 14 karat untuk kadar 58,5 persen emas, 10 karat untuk kadar 41,7 persen emas dan 9 karat untuk kadar 37,5 persen emas.

Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis emas dan emas yang bisa Anda gadaikan jika diadapkan pada kebutuhan dana yang mendesak. Semoga artikel tentang gadai emas ini bermanfaat untuk Anda.

 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu