avatardisplay_general
DISITU
02 Jan 2019

Mengenal Manfaat LinkedIn untuk Peningkatan Karier

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201901/190102/Banner/Mengenal Manfaat LinkedIn untuk Peningkatan Karier.jpg

Di era Industri 4.0 seperti saat ini, penggunaan teknologi semakin nyata mampu menggantikan tenaga manusia. Tidak lagi bersaing dengan manusia, kini kita semua juga harus bersaing dengan teknologi yang semakin canggih seperti Artificial Intelligence (AI).

Kenyataan tersebut mungkin membuat Anda merasa khawatir dan cemas akan masa depan pekerjaan. Namun alih-alih khawatir, cobalah memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini untuk meningkatkan karier Anda, salah satunya dengan situs LinkedIn.

Bukan sekedar media sosial biasa, LinkedIn nyatanya memiliki beberapa manfaat yang mampu membantu menunjang karier Anda seperti  berikut ini.

  1. LinkedIn dapat menjadi CV terbuka Anda

    LinkedIn

    Sama seperti media sosial pada umumnya, pada halaman profil, Anda dapat menuliskan berbagai hal seperti identitas pribadi. Bedanya, pada akun LinkedIn, Anda dapat menampilkan pengalaman kerja, penghargaan yang telah didapatkan, serta keterampilan apa saja yang dimiliki. Informasi tersebut membuat halaman LinkedIn Anda menjadi sebuah CV digital yang bisa dilihat oleh siapa saja. Karena itu, isi dengan benar segala informasi yang dibutuhkan karena bisa saja pihak rekrutmen perusahaan melihat profil Anda dan tertarik memberikan lowongan pekerjaan yang lebih baik. Menarik bukan?

    Baca Juga : Temukan Pekerjaan Sesuai Passion dengan 5 Cara Jitu Ini!

  2. Memperluas networking

    LinkedIn

    Sebagai website profesional, LinkedIn memang bertujuan untuk menghubungan Anda dengan orang-orang di dunia kerja. Tidak hanya membantu Anda untuk terhubung dengan teman yang dikenal, LinkedIn juga memungkinkan Anda memiliki koneksi dengan berbagai perusahaan ternama. Bukan tidak mungkin, Anda bisa saja berteman dengan pihak rekrutmen dari perusahaan idaman Anda. Hal ini jelas menguntungkan sebab networking Anda akan semakin luas dan kesempatan untuk meningkatkan jenjang karier akan semakin terbuka lebar!

    Baca Juga : Ingin Gaji Tinggi? 12 Pekerjaan Ini Bisa Anda Coba

  3. Sarana untuk menunjukan bakat dan keterampilan Anda

    LinkedIn

    Pada halaman profil, Anda dapat menunjukan bakat serta keterampilan yang dimiliki. Sebagai contoh Anda dapat mencantumkan berapa bahasa yang dikuasai dan keterampilan seperti menulis, fotografi, design, dan lain sebagainya. Tidak hanya dicantumkan untuk memperindah profil, Anda dapat meminta bantuan dari teman-teman untuk memberikan rekomendasi pada tiap keterampilan yang telah dituliskan. Jangan dianggap sepele. Rekomendasi dari kolega dapat membantu profil Anda terlihat lebih profesional dan menunjukan bahwa orang-orang mengakui bakat Anda.

    Baca Juga : Hobi Jadi Pekerjaan, Kenapa Enggak?

  4. Mempermudah pencarian lowongan pekerjaan

    LinkedIn

    Kebebasan menambah teman dari berbagai kalangan membuat Anda dapat memiliki koneksi dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Jika Anda seseorang yang berkecimpung di dunia marketing, Anda dapat berteman dengan orang-orang di dunia marketing atau bisnis. Semakin banyak teman yang dimiliki maka kemungkinan profil Anda dilihat orang lain juga makin besar. Setiap minggu Anda dapat mengecek berapa orang yang mengunjungi profil dan melihat berapa banyak akun LinkedIn Anda masuk dalam daftar rekomendasi sebuah lowongan. Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan lebih baik, hal ini akan sangat menguntungkan karena besar kemungkinan pihak perusahaan akan menghubungi via pesan singkat untuk menawarkan lowongan pekerjaan.

    Baca Juga : Inilah 5 Pekerjaan Unik dengan Gaji Fantastis

Teman Disitu, itu tadi manfaat dari LinkedIn yang bisa Anda dapatkan untuk menunjang karier. Jika saat ini Anda belum memiliki akun LinkedIn, sebaiknya segera buat agar semakin banyak kesempatan yang bisa didapatkan.

Sementara itu, jika Anda telah memilikinya, jangan lupa selalu mengecek akun untuk melihat apakah ada pesan dari pihak rekrutmen yang masuk atau tidak. Selain itu jika terjadi perubahan pada jabatan Anda, jangan segan untuk memperbaharui laman profil sehingga orang lain dapat melihat perkembangan karier Anda.