avatardisplay_general
DISITU
26 Dec 2018

Mobil Agya Cocok Untuk Penakluk Kemacetan Jakarta

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181226/Banner/Mobil Agya Cocok Untuk Penakluk Kemacetan Jakarta.jpg

Sejak petama kali diluncurkan tahun 2013, Toyota Agya dinobatkan sebagai salah satu jenis city car dengan harga murah. Peluncuran mobil ini sehubungan dengan peraturan pemerintah tentang mobil yang murah dan hemat bahan bakar dan juga menggunakan komponen lokal pada baginnya hingga 80 persen. Diantara kelas mobil murah lainnya, Agya menjadi trendsetter yang menjadi acuan bagi competitor lainnya. Dengan popularitasnya, Toyota Agya menjadi salah satu mobil incaran masyarakat. Banyak masyarakat yang melakukan kredit mobil baru untuk memiliki mobil ini. Lalu apakah performa city car ini setara dengan popularitasnya? Berikut ini spesifikasi Toyota Agya.

Desain eksterior

mobil

Tampilan eksterior mobil Toyota ini bisa dibilang berbeda dari jenis mobil pendahulunya. Desan eksterior mobil ini mengedepankan gaya modern dengan setiap beberapa gubahan disetiap sisi mobil. Meskipun mengusung desain modern, kesan sporty masih nampak jelas dari bentuk lampu, sisi samping, dan juga bagian belakang. Desain eskterior yang diusing Toyota untuk Agya ini memang khas city car modern.

Desain interior

mobil

Dibanding dengan city car sekelasnya, mobil Toyota ini mempunyai desain interior yang lebih baik karena meskipun harus menekan angka produksi, desain interior tetap terdepan bagi Toyota. Desain interior Agya ini cukup luas dan nyaman dengan dominasi warna hitam dan abu-abu serta aksen silver di beberapa bagian. Dengan desain minimalis tapi tetap elegan, mobil ini cukup nyaman untuk dikendarai. Fitur pada interior mobil masih sama dengan jenis lain seperti panel AC, seat belt dan power window.

Pada bagian belakang, mobil Toyota ini memberikan leg room yang cukup luas sehingga penumpang bisa duduk dengan lega. Selain itu, bagasi mobil ini juga cukup luas untuk kebutuhan penumpang.

Mesin dan performa

mobil

Pada bagian mesin, Toyota menyematkan mesin dengan kapasitas 1,000 cc dengan kode 1KR12, 3 siliner dan 12 valve DOHC. Mesin jenis ini sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya karena performa yang diberikan bis amencapai 65,3Hp.

Dibandng dengan kompetitornya, mobil murah Toyota ini termasuk cukup lincah dan mempunyai akselerasi yang tinggi. Hal ini karena perpaduan bodi yang mungil cocok untuk digunakan di kota dnegan tingkat mobilitas yang tinggi seperti Jakarta. Dari segi efisiensi bahan bakar, mobil Toyota ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan mengadopsi teknologi Electronic Fuel Injection atau EFI yang membuat mobil ini cukup irit.

Fitur kenyamanan dan keselamatan

mobil

Dibanding dengan mobil jenis lain, city car memang mempunyai image yang ringkih. Namun Toyota Agya ini ternyata sudah mendapatkan sertifikat keamanan tingkat Asia Tenggara. Fitur keselamatan yang menyertai mobil Toyota ini adalah dual SRS airbag yang menjadi fitur dasar di semua tipe. Selain itu, mobil Toyota ini juga sudah dilindungi oleh body structure reinformcement yang berfungsi melindungi mobil saat benturan.

Dari segi sabuk pengaman, mobil ini mengguanakn pretensioner serta forsce limiter, dan jok ISSOFIX yang bisa digunakan saat membawa bayi atau balita agar tidak lepas saat kecelakaan. Fitur keamanan lain adalah fitur 5 alarm untuk menghindari incaran maling. Dari segi entertainment, mobil ini dilengkapi dengan 2 DIN dengan multi information display.

Dengan harga yang relatif lebih murah dari mobil jenis lain, mobil model city car ini menjadi incaran banyak orang. Selain itu, bodi yang mungil namun tetap nyaman saat dikendarai menjadi salah satu poin plus dari mobil ini.