01 June 2018 00:00

Modal Usaha Laundry Paling Minim, Ini Cara Jitu Mendapatkannya!

DISITU

https://images.disitu.com/A/Img/1806/180601/Modal Usaha Laundry Paling Minim Ini Cara Jitu Mendapatkannya.jpg

Laundry saat ini memiliki peluang besar terutama untuk Anda yang tinggal di kota - kota besar. Hal ini terjadi banyak orang - orang yang tinggal di kota yang bermata pencaharian sebagian besar menjadi PNS. Sangat tepat untuk Anda yang sedang ingin membuka usaha laundry. Perlu diketahui juga bahwa modal usaha laundry ini tidak lah besar dan memiliki peluang lebar untuk masa depan.

Untuk Anda yang tertarik harus mengetahui dahulu seberapa besar modal yang Anda butuhkan. Sehingga bagi Anda yang memiliki modal tidak besar pun bisa membuka usaha laundry. Berikut rincian modal yang harus Anda persiapkan dengan modal minim :

Alat Pencuci

Mesin pencuci adalah alat utama dalam membuka usaha laundry. Untuk mesin pencuci yang disarankan bisa Anda pilih mesin dengan kualitas yang baik. Dengan demikian nanti saat digunakan akan mampu mencuci dengan cepat dan sekaligus akan lebih tahan lama. Banyak brand -brand terkenal yang bisa Anda pilih sesuai kepercayaan Anda. Masalah harga alat mesin pencuci cukup murah kurang lebih harganya berkisar Rp 2.000.000,-.

Alat Pengering

Alat pengering adalah alat yang bisa Anda kondisi kan sesuai dengan keadaan Anda. Kebutuhan alat pengering hanya dibutuhkan bagi Anda yang tidak ingin memanfaatkan panas matahari untuk mengeringkan pakaian. Atau mungkin di saat musim hujan alat pengering baru di gunakan. Jadi untuk modal yang satu ini bisa Anda gunakan atau pun tidak. Bagi Anda yang ingin membeli harga alat pengering bisa di perkirakan sebesar Rp 500.000,- yang bisa naik atau pun turun.

Setrika

Setiap pakaian yang di cuci tentu tidak akan halus se-halus sebelum di cuci, sehingga dibutuhkan alat setrika. Modal usaha laundry seperti setrika juga harus Anda siapkan sebagaimana mesin cuci yang Anda siapkan. Kebutuhan setrika adalah alat yang dibutuhkan untuk jangka panjang. Dan sangat dibutuhkan alat yang benar - benar baik yang harus Anda siapkan. Sehingga di saat nanti untuk digunakan akan lebih mudah dan cepat.

Untuk pembelian setrika biasanya satu paket dengan alas untuk menggosok, terminal dan kabel. Yang dimana harga dari alat setrika kurang lebih berkisar Rp 100.000,-.

Timbangan

Laundry biasanya menerima jasa pencucian dengan sistem harga di tentukan dari per kilogram pakaian. Sehingga timbangan sangat dibutuhkan karena untuk menentukan harga pakaian yang harus di bayarkan. Untuk menimbang pakaian yang tepat adalah ketika pakaian masih kering dan belum dicuci. Harga dari timbangan sangat beragam, namun bisa diperkirakan untuk harga timbangan berkisar Rp 75.000,-.

Air Dan Listrik

Kegunaan dua jenis juga sangat penting untuk menjadi usaha laundry. Kedua ini termasuk modal usaha laundry yang nantinya akan digunakan secara terus menerus. Air merupakan sesuatu yang dibutuhkan pertama untuk melakukan pencucian. Sedangkan listrik adalah komponen utama yang juga untuk menjalankan semua alat  yang diperlukan di laundry. Kisaran modal untuk air dan laundry yang harus di bayar setiap bulannya tidak terlalu mahal. Berkisar Rp 300.000,- untuk keperluan yang bisa berkurang apabila Anda menggunakan air yang tidak bayar.

Salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal besar adalah usaha laundry. Modal untuk usaha laundry dapat diperkirakan sekitar RP 3.000.000,- untuk sesuai alat di atas. Namun untuk keperluan lain yang dibutuhkan untuk modal membuka usaha laundry tidak terlalu besar. Yang mungkin pengeluaran modal tidak mencapai Rp 1.000.000,-. Jadi untuk modal membuka usaha laundry bisa Anda perkirakan semuanya adalah antara Rp 3.000.000,- sampai Rp 4.000.000,-. Semua modal membuka usaha laundry juga akan lebih murah lagi apabila untuk tempat dan air menggunakan milik sendiri yang tidak mengharuskan membayar.