avatardisplay_general
DISITU
16 Dec 2018

Nama 11 Pahlawan yang Terdapat pada Uang Baru

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181216/Banner/Nama Pahlawan yang Terdapat pada Uang Baru.jpg

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Ungkapan klasik dan bertenaga tersebut pasti sering Anda dengar. Menghargai jasa para pahlawan tersebut bisa dilakukan dengan menyematkan nama mereka sebagai nama jalan-jalan utama di berbagai penjuru tanah air. Termasuk juga mengabadikan nama harum mereka ke dalam bentuk uang kertas maupun uang logam. Uang yang merupakan alat transaksi penting akan terasa lebih penting maknanya ketika ada wajah dan nama pahlawan di dalamnya.

pahlawan

Uang baru Indonesia yang disempurnakan dengan fitur keamanan lebih canggih menghadirkan nama 12 pahlawan, yang perlu Anda kenali dengan baik. Sebelum Anda mengenal lebih jauh nama para pahlawan tersebut, akan lebih baik kenali terlebih dahulu fitur keamanan yang terdapat pada uang baru.

pahlawan

Pengaman yang dibenamkan pada uang baru, yaitu color shifting, rainbow feature, latent image, tactile effect, ultra violet feature, dan rectoverso. Dari sisi color shifting, akan terjadi perubahan warna secara kontras jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Dari sisi rainbow feature, jika Anda melihat dari sudut pandang tertentu, uang rupiah akan memunculkan gambar tersembunyi multiwarna berupa angka nominal. Dari sisi latent image, gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang akan muncul jika dilihat dari sudut tertentu.

pahlawan

Sementara itu, dari sisi ultra violet feature (level 2), dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV. Jika Anda melihatnya dari sisi rectoverso, apabila uang Anda diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI. Hal yang juga perlu Anda ketahui, desain uang tahun emisi 2016 disempurnakan dengan menyertakan fitur kode tunanetra (blind code), dengan mengubah desain pada bentuk kode tunanetra berupa efek rabaan (tactile effect).

Setelah Anda mengetahui pengaman yang disematkan pada uang baru Indonesia, berikut ini nama pahlawan yang menyertainya.

  1. Soekarno dan Mohammad Hatta

Gambar proklamator Republik Indonesia ini terdapat pada uang kertas Rp100.000. Soekarno-Hatta berjuang dan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

  1. Djuanda Kartawidjaja

Gambar Djuanda terdapat pada uang kertas Rp50.000. Perdana menteri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir ini terkenal dengan sumbangsihnya, Deklarasi Djuanda tahun 1957.

  1. Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi

Wajah Sam Ratulangi terdapat dalam uang kertas Rp20.000. Pahlawan nasional ini menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan setelah RI terbentuk diangkat menjadi Gubernur Sulawesi.

  1. Frans Kaisiepo

Nama pahlawan nasional dari Papua ini terdapat pada uang kertas Rp10.000. Frans ikut berperan dalam Konferensi Malino tahun 1946 yang membicarakan pembentukan Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua.

  1. Idham Chalid

Idham Chalid adalah pahlawan nasional dari Banjar. Wajahnya muncul pada mata uang kertas Rp5.000.

  1. Muhammad Husni Thamrin

Thamrin adalah tokoh pergerakan nasional di era Hindia Belanda. Wajahnya muncul di uang kertas Rp2.000.

  1. Tjut Meutia

Pejuang wanita dari Aceh ini melakukan perlawanan terhadap Belanda pada 1905-1910. Gambar Tjut Meutia terdapat pada uang kertas Rp1.000.

  1. I Gusti Ketut Pudja

Wajah I Gusti Ketut Pudja  tercetak dalam uang logam Rp1.000. Ia Ia ikut serta dalam perumusan negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mewakili Sunda Kecil.

  1. Letjen TNI TB Simatupang

TB Simatupang adalah tokoh militer dan gereja di Indonesia, pernah ditunjuk Presiden Soekarno sebagai Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia setelah Panglima Besar Jenderal Soedirman wafat pada 1950. Wajah TB Simatupang terdapat di uang logam Rp500.

  1. Tjipto Mangunkusumo

Dikenal sebagai tiga serangkai bersama Ernest Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara, wajah Tjipto Mangunkusumo tercetak dalam uang logam Rp200.

  1. Herman Johannes

Pria asal Rote, Nusa Tenggara Timur, ini adalah cendekiawan, politikus, ilmuwan Indonesia, dan guru besar Universitas Gadjah Mada. Wajah Herman Johannes tercetak dalam uang logam Rp100.***