avatardisplay_general
DISITU
16 Jan 2019

Pahami Apa Itu Kredit Mobil Baru Angsuran 2 Jutaan

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201901/190116/Banner/Pahami Apa Itu Kredit Mobil Baru Angsuran 2 Jutaan.jpg

Anda sedang butuh mobil? Memiliki mobil memang menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Namun, mobil tetap saja masuk dalam kebutuhan sekunder. Meskipun berperan sebagai sebuah kebutuhan tambahan, namun nyatanya banyak orang yang sudah memiliki mobil. Merebaknya mobil pribadi di jalanan yang membuat macet sana sini adalah buktinya.

Jika Anda ingin membeli mobil secara kredit, Anda harus mengetahui dengan lebih betul apa itu kredit mobil dan bagaimana cara melakukannya. Kini, kredit mobil baru angsuran 2 jutaan bahkan dengan angsuran yang lebih murah sudah menjamur di berbagai tempat. Itulah mengapa Anda harus benar-benar jeli dalam memilihnya.

Pada dasarnya, membeli mobil secara kredit adalah membeli mobil dengan menyerahkan uang muka terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan membayarnya per bulan. Harga cicilan yang dibayarkan bisa tergantung dari uang muka yang Anda bayarkan.  Perhatikan ulasan lengkap mengenai kredit mobil cicilan murah berikut.

Cara Kerja Kredit Mobil Baru Angsuran 2 Jutaan

Banyak orang yang masih belum paham secara utuh tentang cara kerja dari kredit mobil. Jika Anda belum paham, jangan lakukan kredit dulu. Pelajari dengan seksama dan tanyaka apa saja yang masih menjadi kegundahan atau pertanyaan di hati Anda. Jika sudah terjawab semua, maka Anda pun akan lebih mantap dalam melakukan kredit mobil.

  1. Uang Muka

Kredit

Uang muka adalah uang yang dibayarkan sebagai tanda jika barang tersebut jadi dibeli. Jumlah minimal uang muka biasanya telah ditentukan oleh pihak bank ataupun oleh leasing. Dalam surat edaran tentang penerapan pemberian kredit kendaraan bermotor, bank Indonesia sendiri telah menentukan minimal uang muka yaitu sebesar 30% dari harga seluruhnya.  Contohnya saja, jika harga mobil yang akan dibeli adalah 330 juta rupiah, maka uang muka yang harus dibayarkan adalah 30% dari 330 juta yaitu 90 juta.

  1. Suku bunga

Kredit

Suku bunga adalah presentase bunga yang dikenakan kepada debitur. Dalam hal ini, debitur adalah Anda sebagai pembeli dari mobil. Presentase bunga adalah untuk 1 tahun periode tergantung tenor dari masa pinjaman. Perlu Anda ketahui, semakin lama Anda mencicil, maka jumlah bunga semakin besar meskipun cicilan yang Anda bayarkan menjadi semakin murah. Pertimbangkan hal ini

 

Baca jugaDaftar Perusahaan Asuransi Di Indonesia Untuk Anda

 

  1. Besar angsuran yang harus dibayar

Kredit

Sebagai calon pembeli mobil, Anda berhak tahu tentang perhitungan dari besar angsuran yang harus dibayarkan. Untuk menghitung besar angsuran yang harus dibayarkan, ini dihitung dari pokok kredit ditambah bunga, kemudian jumlahnya dibagi dengan masa tenor dalam hitungan bulan.

  1. Pokok kredit

Kredit

Pokok kredit adalah sisa kredit yang harus dibayarkan oleh pembeli. Pokok kredit bisa dihitung dari harga mobil yang Anda beli dikurangi dengan uang muka yang telah Anda bayarkan. Contohnya saja, jika harga mobil Anda 300 juta dan Anda sudah membayarkan uang muka sebesar 90 juta, maka pokok kredit yang nantinya harus dibayar adalah 210 juta rupiah.

  1. Syarat dan ketentuan

Kredit

Syarat dan ketentuan biasanya mencakup hak dari kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Isinya bisa mencakup tentang asuransi, suku bunga, masa tenor, dan lain-lain. Pahami isinya sebelum tanda tangan.

Jika Anda sudah memahami semua hal di atas, kini Anda siap melakukan kredit mobil baru angsuran 2 jutaan. Jangan remehkan informasi tersebut karena Anda sebagai pembeli memang harus tahu. Jika Anda merasa bingung untuk mencari penyedia jasa keuangan untuk kredit mobil, Anda bisa mengunjungi website disitu.com.