avatardisplay_general
DISITU
23 Jan 2019

Pahami Syarat Dan Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201901/190123/Banner/pahami syarat dan cara klaim asuransi mobil kredit.jpg

Tak dapat dipungkiri jika asuransi memberikan manfaat untuk sebagian besar masyarakat, oleh karena itu tak heran jika di Indonesia asuransi sangat diminati oleh masyarakat. Dan di dalam asuransi sendiri terdapat banyak pilihan produk yang dapat dipilih. Salah satunya adalah asuransi mobil yang mana sangat diminati oleh masyarakat. Asuransi mobil sendiri memberikan banyak sekali keuntungan, adapun beberapa di antaranya adalah memberikan perlindungan baik itu untuk pemilik mobil ataupun pada mobil pemilik asuransi. Kemudian membantu untuk perencanaan keuangan, dalam artian seperti menabung, jika suatu saat terjadi resiko yang tidak diinginkan, maka perbaikan mobil dapat ditangani dengan baik dan tidak mengganggu keuangan yang lain. Selain itu juga akan memberikan rasa aman kepada setiap pemilik asuransi mobil. Semua orang tentu saja sudah tahu jika mobil merupakan salah satu kendaraan yang dapat menunjang kegiatan sehari – hari, sehingga tak heran jika sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tetapi memang tidak menutup kemungkinan jika dari mereka masih banyak yang menggunakan mobil dengan cara kredit. Meskipun demikian perlindungan atas mobil tentu saja harus tetap dilakukan agar nantinya jika terjadi suatu resiko yang tidak diinginkan pada mobil Anda, maka semuanya akan dapat diatasi dengan baik. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah mobil kredit bisa mengajukan klaim asuransi? Anda tak perlu khawatir karena meskipun masih kredit, mobil Anda tetap bisa diasuransikan dan juga mengajukan klaim. Lalu seperti apa persyaratan dan juga cara klaim asuransi mobil kredit tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Memfoto Kerusakan Mobil

Asuransi

Untuk hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memfoto kerusakan dari mobil Anda, biasanya seseorang yang mana selalu melakukan klaim pada asuransi mobil ke beberapa pihak dealer maupun perusahaan dimana merupakan produsen dari tempat melakukan proses kredit mobil tersebut, sudah pasti mengalami berbagai macam hal yang diluar nalar ataupun yang tidak diinginkan, dan salah satunya adalah kecelakaan. Dan jika memang hal tersebut terjadi kepada Anda, maka sebaiknya Anda memfoto bagian dari mobil yang mengalami kerusakan untuk diperlihatkan dan diserahkan pada pihak yang memberikan ajuan kreditnya.

Mempersiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

Asuransi

Kemudian yang kedua adalah mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim asuransi mobil yang masih kredit. Memang terdapat beberapa dokumen utama yang dibutuhkan, adapun beberapa di antaranya adalah fotokopi dari polis dealer asuransi mobil, kemudian juga fotokopi STNK dan juga SIM, selain itu juga menyertakan surat keterangan dari kepolisian. Dimana surat ini dibutuhkan jika kondisi mobil tersebut mengalami kerusakan yang terbilang cukup serius atau lebih dari 70%.

 

Baca juga: Segera Gadai BPKB Motor 2012 Anda Untuk Pinjaman Cepat

 

Datang Langsung Ke Dealer Dan Mengisi Formulir

Asuransi

Dan untuk langkah yang terakhir adalah datang langsung ke dealer serta mengisi formulir. Jika semua dokumen dan persyaratan sudah dipenuhi, maka Anda bisa langsung datang ke kantor dealer maupun bengkel resmi dari brand yang mereka miliki. Nyatakan kepada pihak asuransi untuk mengajukan proses klaim, sampai nantinya Anda akan ditujukan untuk mengisi beberapa dokumen seperti formulir keluhan pada penerimaan asuransi mobil yang mana mengalami kerusakan yang cukup serius tersebut.

Jadi itulah beberapa persyaratan dan cara klaim asuransi mobil kredit yang mana bisa Anda perhatikan. Meskipun mobil Anda masih kredit dan belum lunas dalam pembayarannya, tak perlu khawatir karena tetap bisa diasuransikan dan mengajukan klaim. Dengan demikian jika suatu saat terjadi resiko yang tidak diinginkan, semuanya akan dapat diatasi dengan baik.