avatardisplay_general
DISITU
21 Sep 2018

Pemahaman Tentang Gadai Sertifikat Rumah Tanpa IMB

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180921/Pemahaman%20Tentang%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Tanpa%20IMB%20(1).jpg

Saat melakukan gadai sertifikat rumah, syarat yang diminta cukup banyak. Mulai dari KTP, KK, Akta Nikah, Sertifikat Hak Milik (SHM)/bukti kepemilikan lainnya, hingga Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Untuk KTP, KK, dan Akta Nikah, pengurusannya tidaklah repot. Anda pasti sudah memilikinya jauh-jauh hari. Untuk SHM/bukti kepemilikan lain, selama rumah Anda benar-benar milik Anda, maka pasti Anda memilikinya. Tapi bagaimana dengan IMB? Jarang sekali di antara kita memiliki IMB. Sebelumnya, sebagian besar masyarakat Indonesia tidak memiliki IMB untuk rumah yang didirikan. Tapi awas, pemerintah mulai menganggap penting keberadaan IMB. Apakah lantas mitra gadai akan menolak bila kita tidak punya IMB? Tidak. Berikut kami tegaskan alasan-alasannya gadai sertifikat rumah tanpa IMB bisa diterima.

 Sekilas Pemahaman Gadai Sertifikat Rumah Tanpa IMB

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bertujuan memastikan legalitas dari bangunan yang didirikan sesuai dengan Peraturan Tata Ruang. Dalam hal ini, pertimbangan yang diambil berdasarkan kepentingan dan kebermanfaatan bersama. Komponen IMB meliputi izin membangun, memperluas, mengurangi, dan merawat bangunan sesuai syarat-syarat administratif-teknis. Sebelum mengajukan IMB, seseorang wajib memiliki surat hak atas tanah, bukti kepemilikan resmi, serta izin mendirikan bangunan dari masyarakat setempat. IMB berfungsi mendampingi Sertifikat Hak Milik (SHM) guna memastikan rumah yang didirikan sah secara kepemilikan sekaligus pendirian. Lantas, apa gunanya dalam gadai?

Alasan Gadai Sertifikat Rumah Anda Tanpa IMB Bisa Diterima

Tadi sudah disebutkan bahwa fungsi pokok IMB adalah pendamping. Jika Anda memiliki SHM tanpa IMB, itu tidak akan terlalu menjadi masalah. Sebaliknya, jika Anda memiliki IMB namun tanpa SHM, maka posisi pemilik Anda akan terganggu. Bisa saja Anda diizinkan mendirikan rumah di atas tanah tertentu. Tapi tanpa SHM, kepemilikan rumah tersebut belum tentu Anda yang memegang. Lalu, bolehkah gadai sertifikat rumah tanpa IMB? Tentu saja! Ini dia alasan-alasannya.

Gadai Rumah

1. Posisi Hukum IMB Tidak Sekuat Sertifikat Pemilikan Rumah

Di mata hukum, IMB dan sertifikat pemilikan rumah diatur dalam undang-undang berbeda. Namun di mata pegadaian, undang-undang yang mengatur sertifikat pemilikan rumah cenderung lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan posisi sertifikat pemilikan rumah yang lebih krusial dan butuh perlindungan. Dalam proses gadai, sertifikat pemilikan menentukan nilai jual sebuah rumah di dalam pasar.

Gadai Rumah

2. Penting Tidaknya IMB Tergantung Ukuran dan Posisi Bangunan

IMB digunakan untuk memastikan seberapa besar sebuah bangunan memengaruhi tata ruang lingkungan sekitarnya. Untuk rumah yang dibangun di wilayah pedestrian, IMB tidak terlalu penting. Hal tersebut dikarenakan rumah tersebut tidak mengganggu homogenitas wilayah. Lain hal jika rumah/bangunan yang dibangun berukuran melebihi toleransi masyarakat, atau posisinya mengganggu kepentingan publik.

Gadai Rumah

 3. IMB Lebih Diprioritaskan Pada Bangunan Bisnis

Dibandingkan dengan bangunan yang dibangun rumah tangga keluarga (RTK), bangunan milik rumah tangga perusahaan (RTP) lebih berdampak bagi publik. Apalagi jika yang didirikan adalah pabrik menghasilkan polusi (terutama polusi suara). Tanpa adanya IMB, masyarakat mungkin akan menolak mentah-mentah pembangunan pabrik tersebut. Lain hal dengan bangunan perumahan yang tidak menghasilkan polusi dalam jumlah besar.

Gadai Rumah

4. Proses Pembuatan IMB Hanya Bisa Dilakukan Sebelum Rumah Dibangun

Dalam UU No. 28 th. 2002 tentang Bangunan Gedung pasal 68 ayat (1), dijelaskan bahwa pembuatan IMB harus dilakukan sebelum pembangunan. Saat ini, kebanyakan rumah telah berdiri tanpa sebelumnya membuat IMB. Jika Anda ingin gadai sertifikat rumah, tidak mungkin Anda belum membangun rumahnya bukan?

Gadai Rumah

5. Mayoritas Mitra Gadai Tidak Mensyaratkan Penyertaan IMB

Dikarenakan peran IMB tidak krusial dalam penentuan kepemilikan rumah, maka jarang terdapat mitra gadai mensyaratkannya. Kepentingan mitra gadai atas suatu sertifikat rumah terbatas pada kepemilikan dan prospek rumah tersebut di pasaran. Mitra gadai kebanyakan tidak memusingkan apakah pendirian rumah tersebut ber-IMB atau tidak