avatardisplay_general
DISITU
13 Dec 2018

Pencuri motor pilih Ninja sebagai sasaran utama

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181213/Banner/Pencuri motor pilih Ninja sebagai sasaran utama.jpg

Sepeda motor bukan lagi sekedar sarana berkendara. Kendaraan roda dua ini memang paling banyak mendominasi jalan raya, baik di perkotaan, maupun pedesaan, bahkan juga kota metropolitan. Jika dibilang bahwa motor adalah sumber kemacetan, mungkin ada benarnya karena pengguna motor makin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini seiring dengan semakin mudahnya kredit motor. Namun, tak semua orang membeli motor karena sekedar butuh motor dengan kredit tanpa DP atau DP ringan. Beberapa orang memilih sepeda motor yang dapat merepresentasikan status sosial sekaligus karakternya. Motor matic biasanya dipakai oleh para ibu yang ingin membawa banyak barang—entah itu belanjaan plus tas sekolah anaknya—atau mereka yang bekerja untuk mengantar barang seperti kurir atau pengendara ojek aplikasi. Motor manual disuka oleh mereka yang ingin mobilitas cepat, serta bahan bakar irit. Sedangkan motor sport dengan CC tinggi menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin tampil keren saat di jalan raya. Salah satu motor sport atau motor balap yang saat ini memiliki penampilan ciamik serta harga fantastis adalah motor Ninja.

Hmm, siapa yang tidak suka melihat motor balap andalan Kawasaki ini. Kawasaki Ninja bukanlah barang baru, karena produsen motor asal Jepang ini sudah memperkenalkan Ninja sejak tahun 1986, dimana saat itu Kawasaki Ninja 80RR sudah memiliki mesin single-cylinder, dan Ninja 250R dengan mesin dua-silinder.

ninja

Hampir setiap tahun, Ninja terbaru diperkenalkan kepada publik, dan selalu mendapatkan atensi yang sangat tinggi dari para penggemarnya. Ninja terbaru dengan empat silinder adalah Kawasaki Ninja H2 SX (2018). Versi ini memiliki Horse Power yang 50% lebih tinggi ketimbang jenis Ninja lainnya. Tentu, HP nya juga jauh lebih unggul daripada motor-motor sport sejenis dari kompetitor.

Soal penampilan, tak ada yang meragukan. Tetapi beberapa pengguna motor sport memilih merk lain karena harga yang lebih murah, serta BBM yang lebih irit. Hanya saja, pengguna fanatik Ninja tidak akan pindah ke lain hati, karena mereka telah merasakan kenyamanan berkendara dengan motor gede yang satu ini.

ninja

Tetapi, hati-hati ya kalau punya motor Ninja, dengan spesifikasi apapun. Motor yang satu ini paling rawan diincar oleh maling motor, selain motor-motor matic dari Honda. Ada beberapa alasan mengapa maling motor mengejar dua jenis motor tersebut diatas. Pertama, motor matic Honda memiliki spare part yang paling banyak dicari oleh masyarakat, sehingga motor curian biasanya langsung dibongkar dan dijual spare partnya secara terpisah. Sedangkan motor Ninja juga banyak diminati, karena spare part aslinya sangat mahal dan langka. Banyak pemilik motor Ninja yang membutuhkan spare part asli, namun beberapa toko atau bengkel masih belum memiliki stok.

Alasan kedua adalah harga jual yang tinggi. Para curanmor kini semakin canggih, dimana mereka memiliki penadah yang dapat ‘melempar’ motor curian tersebut, setelah memalsukan identitas dengan cepat dan rapi. Alhasil, kasus curanmor terbesar adalah motor Ninja.

ninja

Tetapi, jangan sampai keinginan untuk memiliki Ninja terbaru jadi batal karena alasan curanmor. Bersikap hati-hati sangat perlu, dimana pembeli dapat meminta sistem keamanan terpadu saat melakukan pembelian awal. Memang, proteksi untuk motor jenis ini sangat tinggi, namun tak setinggi resiko yang akan diterima pemilik motor Ninja jika tidak ada sistem keamanan yang memadai. Selain sistem keamanan, pengguna Ninja juga tidak perlu menggunakan motor ini saat melewati daerah-daerah yang rawan begal.