avatardisplay_general
DISITU
05 Sep 2018

Penghambat Proses Gadai Sertifikat Rumah Di Lampung

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180905/Penghambat Proses Gadai Sertifikat Rumah Di Lampung.jpg

Gadai sertifikat rumah di bank, merupakan salah satu cara yang saat ini banyak dilakukan orang di kota besar termasuk Lampung. Secara umum, cara semacam ini tidak selalu berjalan lancar karena beberapa hal yang bisa menghambatnya. Untuk Anda yang berdomisili di Lampung dan ingin menggadaikan sertifikat rumah, simak terlebih dahulu hal yang bisa menghambat proses gadai sertifikat rumah di Lampung berikut ini.

Hal Yang Bisa Menghambat Proses Gadai Sertifikat Rumah Di LampungI

nilah hal-hal yang bisa menghambat proses gadai sertifikat rumah untuk Anda ketahui. Diantaranya:

1. Bank Mengetahui Bawah Anda Dalam Kondisi Terdesak

Hal yang bisa menghambat proses gadai sertifikat rumah pertama adalah jika bank mengetahui bahwa Anda dalam kondisi terdesak. Hal ini biasanya terlihat dari menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman. Secara umum cara tersebut banyak dilakukan oleh orang yang sudah terpojok alias tidak punya cara lain untuk mendapatkan uang. Hal ini dikarenakan sertifikat rumah merupakan barang yang memiliki nominal yang paling banyak dan menjadi senjata terakhir untuk mendapatkan pinjaman. Jika pihak bank mengetahui hal ini, maka permohonan pinjaman Anda bisa ditolak. Hal ini dikarenakan pihak bank khawatir jika Anda akan melakukan kredit macet. Maka dari itu pihak bank juga tidak mau mengambil resiko jika harus memberikan pinjaman kepada Anda.

2. Anda Mempunyai Banyak Hutang Dimana-Mana

Hal yang bisa menghambat proses gadai sertifikat rumah kedua adalah jika Anda memiliki banyak hutang yang tersebar dimana-mana. Hal ini juga bisa dilihat pada beberapa orang yang menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminan dalam mengajukan pinjaman. Secara umum, bank bisa saja bertanya atau mencari tahu tentang alasan Anda menggadaikan sertifikat rumah. Dan jika bank mengetahui Anda mempunyai banyak hutang, maka pengajuan pinjaman dana bisa saja ditolak. Hal ini dilakukan karena bank juga tidak mau ambil resiko karena dengan banyaknya hutang, dikhawatirkan kredit Anda akan macet. Maka dari itu untuk Anda yang ingin menggadaikan sertifikat rumah dengan faktor hutang yang terlalu banyak, jangan terlalu berharap jika bank akan mengabulkan permohonan pinjaman dana Anda.

3. Bank Mencari Tahu Kekuatan Finansial Anda

Selain dua hal yang sudah dijelaskan di atas, ada hal lain yang juga bisa menghambat proses gadai yaitu jika bank mengetahui kekuatan finansial Anda. Secara umum, sebelum mengajukan pinjaman, Anda akan ditanya seputar gaji bulanan dan hal lain yang berhubungan dengan keuangan. Dari situlah bank nantinya akan mengetahui Anda mampu membayar cicilan atau tidak. Jika dirasa kurang memenuhi persyaratan, maka sudah pasti permohonan pinjaman dana yang Anda ajukan akan ditolak. Hal ini dikarenakan kekuatan finansial nantinya akan berpengaruh pada proses pelunasan dana yang dipinjam. Selain itu pihak bank juga tidak berani mengambil resiko jika kekuatan finansial Anda tidak mencukupi.

4. Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua

Sertifikat rumah masih atas nama orang tua, ternyata juga bisa menjadi penghambat proses gadai sertifikat rumah yang Anda ajukan. Secara umum, sertifikat semacam ini bisa Anda ajukan ke bank namun dengan beberapa syarat diantaranya:

  • Orang tua bersedia menandatangani persyaratan untuk anaknya yang akan mengajukan pinjaman.

  • Semua anak dari orang tua yang memiliki hak atas rumah tersebut mau menandatangani persyaratan.

  • Harus ada surat warisan jika orang tua pemilik sertifikat sudah meninggal.

5. Tidak Jujur Dalam Memberikan Informasi Kepada Bank

Hal terakhir yang bisa menghambat proses gadai sertifikat rumah di Lampung adalah jika pemohon tidak kooperatif dalam memberikan informasi kepada pihak bank. Hal ini jelas karena sebelum mengajukan pinjaman, Anda tentunya akan diberikan beberapa pertanyaan seputar data diri. Jika bank merasa data yang Anda berikan ganjal, sudah pasti permohonan dana dengan jaminan sertifikat rumah Anda akan ditolak.