05 December 2017 00:00

Penting!Kredit Multiguna dan P2P Lending yang Perlu Tau

DISITU

67.kredit multiguna p2p lending

Kebutuhan manusia saat ini tidak dapat di bendung lagi. Selain untuk memenuhi kebutuhan pokok ada banyak kebutuhan lain yang harus di penuhi. Orang-orang bahkan harus mencari pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang lain. Misalnya saja kebutuhan sekolah, untuk mendirikan usaha dan lain sebagainya. Kini terdapat dua jenis pinjaman uang yang di minati masyarakat, yaitu kredit multiguna dan P2P Lending, berikut perbedaanya.

1.   Kredit Multiguna

Mencari pinjaman dana yang pertama dapat menggunakan kredit multiguna. Kredit multiguna atau juga yang dikenal sebagai KMG adalah jenis pinjaman yang dapat digunakan untuk segala keperluan asalkan anda memiliki barang berharga untuk jaminan. Kredit jenis ini semakin banyak di minati oleh masyarakat Indonesia. Biasanya jenis jaminan yang digunakan untuk kredit multiguna adalah jaminan berupa tanah dan bangunan.

Persyaratan

Secara umum untuk persyaratan kredit multiguna hampir mirip dengan kredit bank lainnya. Setiap peminjam harus melengkapi berkas-berkas berupa KTP, Akta Nikah jika sudah menikah. Kartu Keluarga, Slip Gaji, Foto, NPWP, Rekening Tabungan Bank, Surat Penyerahan Agunan dan Surat Permohonan Kredit.

Lembaga Penyedia Layanan Multiguna

Di Indonesia terdapat dua lembaga yang menyediakan layanan kredit multiguna. Yaitu bank dan multifinance. Lembaga ini memberikan fasilitas pinjaman untuk para masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana dengan ketentuan dan syarat kredit multiguna yang tentunya berbeda antara satu lembaga dengan lembaga lainnya.

Proses Kredit Multiguna

Untuk pinjaman kredit multiguna biasanya memerlukan proses yang lebih lama dari pada produk pinjaman lainnya. Dari pihak lembaga yang akan memberikan pinjaman biasanya memberikan kabar minimal 2 Minggu untuk menyetujui pinjaman yang anda ajukan. Hal ini karena dari pihak pemberi pinjaman akan memeriksa dengan teliti agunan yang anda ajukan, apakah layak di terima atau tidak. Oleh karena itu pinjaman kredit multiguna tidak bisa untuk memenuhi keperluan yang mendesak.

Penggunaan Kredit Multiguna

Kredit multiguna biasanya digunakan oleh pera peminjam kredit untuk membuka usaha professional, membiayai keperluan sekolah dan investasi dalam jumlah yang besar. Untuk pembebanan suku bunga menggunakan tiga jenis pembebanan suku bunga. Yaitu suku bunga efektif, suku bunga flat dan suku bunga floating.

2.   Pengertian P2P Lending

P2P Lending atau kependekan dari Peer to Peer Lending adalah praktik memberikan pinjaman uang atau pinjaman dana kepada individu atau bisnis dan sebaliknya. Dalam pengajuan pinjaman dana ini, narahubung antara pemberi pinjaman dan peminjam adalah terjadi secara online. Dengan menggunakan P2P Leding, setiap orang dapat mengajukan pinjaman dan memberikan pinjaman kepada pihak lain. Tanpa menggunakan jasa dari lembaga keungan sebagai perantara.

Sistem P2P Lending

Sistem yang digunakan dalam P2P Lending bisa di katakana sebagai marketplace, di mana mempertemukan antara peminjam dan pihak yang memberikan pinjaman secara online.

Kelebihan P2P Lending

Pinjaman sistem P2P Lending lebih sederhana, tidak sulit seperti mengajukan pinjaman pada lembaga resmi seperti bank, koperasi, jasa kredit, pemerintah dan lain sebagainya. Selain itu suku bunga dalam sistem P2P Lending tergolong rendah dari pada suku bunga yang ditetapkan oleh lembaga keuangan resmi. Jika pada bank biasanya diberikan suku bunga antara 12-20% untuk pinjaman pribadi maka di P2P Lending suku bunganya jauh lebih rendah.

Kelebihan lainnya adalah proses pengajuan dana yang lebih cepat dan mudah tanpa syarat-syarat yang berlebihan. Nada hanya perlu menjelaskan alasan anda membutuhkan pinjaman dana, dan terakhir kelebihan dari sistem P2P Lending adalah pinjaman tanpa agunan sehingga tidak memerlukan jaminan apapun.

Kekurangan P2P Lending

Meski pun banyak kelebihan yang dimiliki sistem P2P Lending, ternyata terdapat kekurangan dalam sistem tersebut. Diantaranya suku bunga akan melonjak naik jika saat kelayakan kredit anda jatuh, kemudian jika anda telat membayar maka tagihan akan sangat signifikan. Jika anda gagal membayar pinjaman maka jumlah yang harus di bayar dapat melejit lebih tinggi. Selanjutnya pinjaman dari P2P Lending adalah pinjaman yang cocok untuk jangka pendek. Karena semakin lama waktu pinjaman uang maka tagihan akan semakin naik.

Bingung cari pinjaman dana untuk modal usaha atau berinvestasi? Disitu.com aja, Cukup dengan mengajukan proposal pinjaman dana online atau pinjaman dana langsung. Tentunya dengan melihat bunga yang tidak terlalu memberatkan, Jangan khawatir dan jangan pernah ragu. DISITU siap menyelesaikan permasalahan keuangan Anda. Manfaatkan segera kredit multiguna DISITU, dan segera ajukan pinjaman kredit Anda secara online melalui www.disitu.com. Dapatkan pinjaman dana tunai dengan proses yang cepat dan mudah. 

Cari Kredit? DISITU Pilihanmu