avatardisplay_general
DISITU
26 Sep 2018

Penyebab Gagalnya Pinjaman Uang Gadai Sertifikat Rumah

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180926/Penyebab%20Gagalnya%20Pinjaman%20Uang%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah.jpg

Jika Anda sedang membutuhkan dana cepat, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah pinjaman uang gadai sertifikat rumah. Namun cara gadai ini belum tentu berhasil karena kendala atau hal sepele. Biasanya banyak masyarakat yang hanya fokus terhadap persyaratan saat penggadaian. Mulai dari kelengkapan dokumen KTP, KK, surat pendukung agunan, dan lain sebagainya. Jadi apa penyebab ketidakberhasilan tersebut? Berikut ini merupakan beberapa alasan yang menggagalkan seseorang dalam gadai sertifikat rumah :

Gadai Rumah

1. Rumah Tempat Kejadian Perkara Atau TKP

Besar kemungkinan Anda akan kesulitan untuk menggadaikan sertifikat rumah jika rumah tersebut merupakan TKP (tempat kejadian perkara). Misalnya lokasi pembunuhan, penculikan dan lain sebagainya. Hal tersebut sangatlah masuk akal, sebab kebanyakan orang ingin membeli rumah yang benar-benar bersih dari segala masalah.

Selain menimbulkan masalah, rumah bekas kejadian perkara menimbulkan kesan ngeri atau negatif. Misalnya jika rumah tersebut merupakan TKP pembunuhan, korban yang sudah meninggal akan mengganggu pemilik rumah. Jadi pihak lembaga tempat gadai akan meminimalisir terjadinya hal semacam itu untuk menghindari kerugian.

Gadai Rumah

2. Bangunan Sudah Cukup Berumur

 Alasan kenapa pihak lembaga keuangan menolak rumah yang sudah berumur adalah kurang minatnya pembeli. Sebab bangunan rumah yang sudah berumur atau tua maka pembelinya harus membangun kembali rumah tersebut dan tentunya akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih banyak lagi. Hal inilah yang akan menjadikan kendala bagi lembaga keuangan untuk menjual rumah tersebut.

Oleh sebab itu, pihak lembaga keuangan pinjaman uang gadai sertifikat rumah akan menolak jaminan gadai sertifikat rumah yang sudah berumur. Selain bangunan yang sudah berumur, pihak lembaga tersebut juga akan menilai kondisi fisik dan fasilitasnya. Jika penilaian tidak sesuai dengan syarat yang diharapkan lembaga tersebut pengajuan Anda akan ditolak.

Gadai Rumah

3. Rumah Bersebelahan Dengan Makam

Dari sekian banyak masyarakat yang beranggapan bahwa rumah yang bersebelahan dengan makam akan menimbulkan kesan negatif. Seperti suasana mencekam, sepi, dan banyak penampakan. Oleh sebab itu rumah yang bersebelahan dengan makam biasanya memiliki nilai jual yang rendah dan sulit untuk digadaikan. Demi mengurangi terjadinya resiko kerugian, pihak lembaga pinjaman dana gadai sertifikat rumah akan menolak pengajuan dari Anda.

Gadai Rumah

4. Rumah Di Bawah Sutet

Banyak dari calon pembeli rumah yang berfikir dua kali jika akan membeli rumah di bawah sutet atau tegangan tinggi. Kenapa? Karena rumah yang berada di bawah jalur sutet sangat susah untuk direnovasi menjadi lantai dua atau lebih. Sebab untuk menaikkan bangunan yang lebih tinggi sudah terhalang lintasan tegangan tinggi tersebut atau sutet,

Selain itu rumah yang berada di bawah aliran sutet beresiko terjadinya bencana. Mulai dari korsleting, tertimpa tiang sutet tersebut, hingga terjadi kebakaran. Sama seperti yang di atas, pihak lembaga pinjaman uang gadai sertifikat rumah akan berfikir ulang untuk menerima pengajuan dari Anda.

Gadai Rumah

5. Berada Di Dalam Gang

Lokasi rumah yang berada di dalam gang biasanya disebut dengan rumah burung, sebab untuk menjangkaunya dibutuhkan tenaga ekstra. Meskipun kondisi fisik dan fasilitasnya bagus, rumah yang berada di dalam gang nilai ekonominya rendah. Kenapa? Karena selain sulit untuk dijangkau, rumah tersebut kurang mendukung untuk dijadikan tempat untuk membuka usaha.

Jadi dengan alasan tersebutlah, rumah yang berada di gang kecil kemungkinan untuk diterima pengajuannya di lembaga gadai. Karena minat pembeli rumah yang terletak di dalam gang sangat rendah.