avatardisplay_general
DISITU
09 Sep 2018

Perbedaan Gadai Motor Fisik dan Gadai BPKB Motor

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180909/Perbedaan Gadai Motor Fisik dan Gadai BPKB Motor.jpg

Bedakan Gadai Motor Fisik dan Gadai BPKB Motor

Di jaman yang sudah serba modern ini, pinjaman dana bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Anda tidak perlu terlibat dengan lintah darat atau rentenir hanya untuk mendapatkan pinjaman dengan cepat. Melakukan pinjaman di bank mungkin akan berlangsung dengan lebih lama dan ini memang perlu waktu.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih untuk mendapatkan pinjaman dana dengan cara menggadaikan motor. Yaps, hampir semua orang memiliki kendaraan sepeda motor karena kepraktisannya untuk digunakan. Motor juga merupakan salah satu barang berharga dan memiliki surat-surat yang lengkap

Oleh karena itu, kendaraan bermotor ini bisa digadaikan. Anda tidak hanya bisa melakukan gadai motor fisik, namun juga bisa melakukan gadai BPKB motor. Banyak orang yang merasa bingung dengan perbedaan antara gadai motor fisik dan gadai BPKB motor. Bahkan, sebagian besar masyarakat menganggapnya sama. Lihatlah perbedaannya disini.

Perbedaan Gadai Motor Fisik dan Gadai BPKB

Seperti yang telah dijelaskan di atas, gadai BPKB motor berbeda dengan gadai motor secara fisik. Meskipun perusahaan pembiayaan atau pegadaian menerima BPKB dan juga motor, namun ada perbedaannya.

  1. Gadai Fisik

Gadai motor fisik dikelola oleh perusahaan perseorangan atau bisa jadi itu adalah koperasi. Contohnya saja adalah para penggerak bisnis otomotif seperti dealer mobil atau dealer motor. Jadi, regulasinya sendir memang belum diatur oleh pemerintah. Legalitas dari gadai fisik bukan berasal dari jasa keuangan.

Dibandingkan dengan gadai BPKB, gadai motor memiliki kelebihan. Proses yang diperlukan untuk melakukan gadai unit hanya beberapa menit saja. Dalam hitungan menit saja, Anda sudah mendapatkan pinjaman dana sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan.

Jika Anda memang memerlukan pinjaman dana yang cepat, maka cara ini adalah cara yang paling tepat karena memiliki kecepatan yang paling tinggi untuk mendapatkan uang dengan cepat. Perusahaan ini merupakan perusahaan perseorangan. Dengan demikian, keputusan mutlak pun dimiliki oleh pengelolanya.

Persyaratan yang dibutuhkan pun tidak ribet. Asalkan unit sepeda motor yang digadaikan sesuai dengan BPKB dari nasabah tersebut, itu sudah cukup. Dana pun kemudian akan cair. Pinjaman jenis ini juga dikenakan bunga sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Batas waktunya biasanya cukup pendek hanya mencapai beberapa minggu atau bulan saja.

  1. Gadai BPKB

Berbeda dengan gadai motor, perusahaan penyedia layanan keuangan yang mengurus jenis pinjaman ini biasanya adalah perusahaan jasa keuangan resmi. Contohnya saja adalah bank, pegadaian milik pemerintah, BPR, ataupun leasing

Untuk lembaga keuangan dan perusahaan penyedia layanan pinjaman sendiri bahkan telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Lembaga keuangan yang menerima pinjaman dana gadai BPKB motor biasanya menetapkan suatu syarat dan ketentuan tertentu dalam melakukan pinjaman.

Salah satu kelemahan dari jasa pinjaman ini adalah bahwa semakin jauh nasabah tinggal, maka semakin lama pula jalur dan birokrasinya. Pemilik harus mengambil keputusan dalam waktu yang lebih lama.

Terlebih lagi jika persyaratan dan dokumen yang Anda ajukan tidak lengkap. Ini akan membuat proses menjadi semakin lama. Persyaratan dokumen yang biasanya diajukan adalah KTP, NPWP, dan KK. Nantinya juga akan ada syarat lain seperti rekening tabungan.

Demikianlah perbedaan antara gadai motor fisik dan gadai BPKB motor. Jadi, Anda yang berpikir bahwa kedua jenis gadai di atas adalah sama, Anda salah. Terdapat perbedaan seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk itu, Anda lebih suka yang mana? Jika Anda memang membutuhkan dana cepat dan Anda bisa menebus dengan cepat, Anda bisa melakukan gadai fisik.