avatardisplay_general
DISITU
08 Sep 2018

Perhatikan Hal-Hal Ini Jika Akan Gadai Motor STNK

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180908/Perhatikan Hal Hal Ini Jika Akan Gadai Motor STNK.jpg

Melakukan gadai motor biasanya membutuhkan BPKB. Namun ternyata ada tempat gadai motor STNK di beberapa daerah. Maksud dari tempat gadai motor STNK adalah tempat gadai yang menerima jaminan motor yang hanya menggunakan STNK. Memang gadai motor ini terkesan lebih mudah daripada gadai motor yang menggunakan BPKB. Jadi tak heran jika kemudian banyak yang tertarik melakukan gadai motor yang satu ini. Sebelum melakukan gadai motor ini sebaiknya mengetahui beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Keamanan Tempat Gadai

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah terkait keamanan tempat gadai. Tidak semua tempat gadai memiliki keamanan yang baik. Hal inilah yang harus Anda pastikan dari tempat gadai yang Anda pilih. Tanyakan terkait keamanan tempat gadai yang akan Anda tuju. Ini karena untuk menggadaikan motor STNK biasanya motor akan ditinggal di tempat gadai. Berbeda dengan gadai motor BPKB yang hanya meninggalkan BPKB saja.

2. Asuransi Kendaraan

Selain keamanan sebaiknya masalah asuransi juga menjadi pertimbangan penting dalam melakukan gadai motor. Ada baiknya jika Anda memilih tempat gadai yang menyediakan asuransi bagi kendaraan Anda. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan dengan kendaraan Anda. Apalagi kendaraan Anda kemungkinan besar akan ditinggal di tempat gadai. Tapi, perlu diingat jika biasanya akan ada beban biaya asuransi yang ditambahkan oleh pihak gadai.

3. Bunga Gadai

Selain biaya cicilan bulanan, ada bunga yang juga harus dibayarkan setiap bulan. Besar bunga yang diminta tergantung dari masing-masing tempat gadai. Kebijakan terkait bunga ini juga berbeda antara satu tempat gadai dengan tempat gadai lainnya. Hal ini harus Anda pertimbangkan ketika akan menggadaikan motor STNK. Seleksi antara beberapa tempat gadai yang akan Anda jadikan tujuan. Pilih tempat gadai yang menurut Anda memberikan bunga paling kecil.

4. Prosedur Gadai

Prosedur gadai menjadi hal lain yang harus Anda perhatikan ketikan akan melakukan gadai motor. Setiap tempat gadai memiliki prosedur masing-masing. Pilih tempat gadai yang menyediakan prosedur mudah dan masuk akal. Jangan sampai karena tergiur kemudahan prosedur Anda malah masuk ke dalam lingkaran rentenir.

Biasanya calon nasabah dibutakan dengan iming-iming prosedur mudah dan pencairan cepat. Namun, di balik semua itu masih ada bunga mencekik yang menanti. Ini tentu nantinya akan merugikan Anda. Apalagi jika ternyata bunga tersebut menumpuk dan justru membuat Anda semakin sulit membayar.

5. Biaya Lain-Lain

Peraturan terkait biaya lain-lain bergantung pada tiap tempat gadai. Jadi sebelum melakukan gadai ada baiknya Anda menanyakan terlebih dahulu terkait biaya lain-lain tersebut. Jika memungkinkan bandingkan antar tempat gadai untuk memilih tempat gadai yang menurut Anda biaya lain-lainnya paling sedikit. Tapi, pertimbangkan juga terkait fasilitas yang Anda dapatkan, apakah sesuai dengan biaya yang Anda bayarkan atau tidak.

6. Pertimbangan Lainnya

Ada berbagai pertimbangan lain yang harus Anda perhatikan ketika akan melakukan gadai motor. Misalnya masalah seperti pertimbangan jika gadai motor dengan STNK maka kendaraan Anda akan ditahan pihak gadai. Ini tentu akan menyulitkan Anda karena Anda tidak dapat menggunakan motor tersebut. Hal ini sebaiknya Anda pikirkan dengan matang ketika akan melakukan gadai.

Itu tadi adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan melakukan gadai motor STNK. Jangan sampai Anda salah memilih tempat gadai yang seharusnya menjadi solusi justru menimbulkan masalah baru bagi Anda. Mulai dari keamanan, asuransi hingga biaya lain-lain dapat menjadi pertimbangan untuk Anda dalam memilih tempat gadai. Salah satu tempat penyedia pinjaman menggunakan jaminan motor adalah disitu.com. Lewat disitu.com Anda dapat memperoleh pinjaman secara mudah, cepat dan terpercaya.