avatardisplay_general
DISITU
07 Nov 2018

Perhatikan Ini Untuk Mendapatkan Asuransi Jiwa Terbaik

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181107/Banner/Perhatikan%20Ini%20Untuk%20Mendapatkan%20Asuransi%20Jiwa%20Terbaik.jpg

Asuransi jiwa atau life insurance tidak hanya berlaku bagi resiko meninggal dunia pada usia muda, tetapi juga pada resiko hidup terlalu lama yang menyebabkan orang tersebut tidak dapat lagi bekerja dan mencari nafkah karena sudah terlalu tua. Oleh sebab itu, terdapat dua macam klaim asuransi yang dapat dilakukan pada produk asuransi jiwa sesuai dengan perjanjian yang ada. Yang pertama yaitu klaim asuransi oleh keluarga terkait setelah anggota asuransi meninggal dunia, dan yang kedua adalah klaim asuransi oleh anggota asuransi itu sendiri ketika anggota masih hidup.

Asuransi jiwa biasanya digunakan sebagai perlindungan terhadap kehilangan penghasilan bagi keluarga. Pada kasus ini, asuransi merupakan antisipasi dari kemungkinan seseorang terkena musibah dan meninggalkan keluarga yang mereka nafkahi. Pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan bagi keluarga yang ditinggalkan sehingga tidak mengalami masalah keuangan.

Asuransi jiwa juga memberikan perlindungan atas risiko meninggal dunia akibat penyakit. Tercatat, beberapa penyakit penyebab utama kematian di Indonesia adalah jantung koroner, tuberkolosis, penyakit paru-paru dan pernapasan, kecelakaan lalu-lintas, diabetes, darah tinggi, hingga diare. Pihak asuransi akan memberikan biaya tunjangan jika anggota mengalami sakit dan harus dirawat dirumah sakit sesuai dengan perjanjian antara pihak asuransi dan anggota.

Anda tentunya tidak boleh memilih asuransi secara terburu-buru agar mendapatkan produk asuransi jiwa terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai perusahaan asuransi menawarkan produk-produk dengan premi dan manfaat yang berbeda-beda. Berikut merupakan hal yang harus Anda perhatikan ketika akan bergabung ke dalam suatu produk asuransi.

Premi yang Harus di Bayar

asuransi-indonesia

Beberapa orang mungkin lupa untuk memperhatikan jumlah premi yang harus dibayar setiap bulanannya. Anda disarankan untuk menyesuaikan besar premi yang harus dibayar dengan kemampuan Anda untuk membayar setiap bulannya agar terhindar dari masalah biaya dikemudia hari. Selain itu, besar premi juga harus dibandingkan dengan apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan dari suatu produk asuransi.

Manfaat Tambahan Dari Produk Asuransi

asuransi-indonesia

Beberapa agen asuransi biasanya akan menawarkan asuransi pelengkap atau rider. Sebelum Anda mengambil asuransi tambahan yang ditawarkan, Anda harus menyesuaikannya juga kebutuhan yang Anda perlukan. Selain itu, asuransi tambahan tidak selalu menguntungkan jika tidak disesuaikan dengan keadaan karena tentunya Anda harus membayar biaya tambahan bagi manfaat-manfaat yang Anda pilih.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

asuransi-indonesia

Asuransi jiwa terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan manfaatnya. Jenis-jenis asuransi jiwa ini bertujuan untuk melayani berbagai macam kebutuhan konsumen yang disesuaikan dengan kemampuan beli konsumen. Berikut adalah jenis-jenis asuransi yang dapat Anda ketahui sebelum mendapatkan asuransi jiwa.

Yang pertama adalah asuransi jiwa berjangka atau term life insurance yang berfungsi untuk memberi proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu seperti 5, 10, atau 20 tahun, dengan premi tetap dan terhitung murah. Asuransi ini memberikan kebebasan bagi anggotanya dalam menentukan besarnya premi.

Yang kedua adalah asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance yang memberikan perlindungan seumur hidup, meski biasanya perusahaan asuransi membatasi manfaat perlindungan hingga 100 tahun. Asuransi jiwa ini direkomendasikan bagi Anda yang tidak punya tanggungan dan tertarik dengan ide tabungan jangka panjang.

Yang ketiga adalah asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance yang memiliki dua manfaat, yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan. Pada asuransi ini, pemegang polis dapat memperoleh nilai tunai dari premi asuransi yang sudah dibayarkan jika meninggal dunia dalam periode tertentu, dan juga dapat menarik polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir.

Yang keempat adalah asuransi jiwa jenis unit link yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Asuransi jenis ini merupakan asuransi yang paling sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Jadi, keuntungan yang didapatkan oleh pemegang polis tidak hanya merupakan jaminan perlindungan saja melainkan juga keuntungan dari hasil investasi dengan bunga yang cukup tinggi setiap tahunnya.

Setelah membaca penjelasan-penjelasan di atas, Anda diharapkan untuk mempertimbangkan pilihan Anda dengan baik agar dapat menemukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.