avatardisplay_general
DISITU
12 Nov 2018

Perhitungan Dan Simulasi Kredit Mobil Baru 6 Tahun

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181112/Banner/Perhitungan%20Dan%20Simulasi%20Kredit%20Mobil%20Baru%206%20Tahun.jpg

Siapa yang tidak ingin memiliki mobil baru? sebagian besar orang pasti ingin memilikinya. Mengingat mobil memiliki banyak kelebihan dari segi kenyamanan dan keamanan dibandingkan dengan motor. Menggunakan mobil tentunya lebih nyaman karena akan terlindung dari sinar matahari dan hujan serta debu secara langsung. Membeli mobil baru saat ini sudah sangat mudah karena tidak harus membeli mobil secara cash. Anda bisa membeli mobil baru dengan cara kredit jika budget anda tidak mencukupi. Dalam melakukan kredit anda bisa melakukannya dalam jangka waktu bertahun-tahun, bahkan sampai waktu 6 tahun. Namun, sebelum membeli mobil baru dengan kredit 6 tahun, sebaiknya anda melakukan simulasi kredit mobil baru 6 tahun.

Sebelum melakukan kredit mobil  selama 6 tahun anda perlu melakukan simulasi kredit mobil baru 6 tahun. Pasalnya dengan melakukan simulasi anda bisa mengetahui banyak hal termasuk biaya cicilan per bulan. Bagi anda yang belum mengetahui langkah-langkah melakukan simulasi kredit. Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

1. Hitung Uang DP Kredit Mobil Baru Selama 6 Tahun

perhitungan

Langkah pertama anda harus menghitung uang DP yang harus anda siapkan terlebih dahulu. Biaya DP biasanya akan diberikan tarif dari pihak leasing atau bank. Minimal pembayaran DP harus dibayarkan untuk bisa melakukan pembelian mobil secara kredit. Jika diasumsikan pihak leasing mematok tarif DP mobil baru sebesar 20% dari harga mobil 250 juta. Maka cara menghitung yaitu mengalikan biaya DP dengan harga mobil. Dari asumsi diatas didapatkan hasil DP mobil harga 250 juta dengan tarif 20% sebesar 50 juta.

2. Menghitung Pokok Kredit Mobil Baru

perhitungan

Langkah kedua adalah menghitung pokok kredit mobil baru tersebut. Caranya mudah yaitu harga mobil dikurangi dengan biaya DP. Jika Biaya DP 50 juta, maka harga mobil 250 juta – 50 juta hasilnya 200 juta. Dengan demikian sisa hutang atau pokok kreditnya sebesar 50 juta rupiah. Pokok kredit bukan merupakan total keseluruhan hutang anda. Melainkan sisa hutang dari harga mobil yang akan anda beli.

3. Menghitung Total Bunga Kredit Mobil Baru

perhitungan

Langkah selanjutnya adalah menghitung total bunga kredit mobil. Biasanya pihak leasing atau bank akan mematok tarif Bunga dalam bentuk persen. Bila diasumsikan tarif yang diberikan pihak leasing sebesar 8%. Maka cara menghitung total bunga selama 6 tahun adalah dengan mengalikan pokok kredit dengan tarif bunga, kemudian dikali lama kredit. Nah, kemudian dimasukkan angkanya 200 juta x 8% x 6 tahun, Hasil yang didapatkan sebesar 96 juta, dimana jumlah tersebut merupakan total bunga selama 6 tahun.

4. Menghitung Biaya Cicilan Bunga Per Bulan

perhitungan

Langkah keempat yang paling penting dalam melakukan simulasi kredit mobil baru 6 tahun adalah menghitung biaya cicilan per bulan. Dalam menghitung biaya cicilan per bulan caranya pokok kredit + total tarif bunga / 6 tahun. Jika diasumsikan dalam angka maka 200 juta + 96 juta/ 6 tahun, hasilnya adalah Rp. 4.111.111,-. Biaya cicilan per bulan yang harus anda bayarkan adalah sebesar Rp. 4.111.111,-.

5. Menghitung Biaya Asuransi, Administrasi Dan TDP

perhitungan

Langkah terakhir adalah menghitung TDP atau biaya yang harus anda bayarkan di awal. Pertama anda harus mengetahui dulu biaya asuransi dan administrasinya. Nah, bila diasumsikan biaya asuransi 9,5% dari harga mobil tersebut. Maka cara menghitung biaya asuransinya adalah dengan mengalikan harga mobil dengan biaya asuransi dalam persen. Hasilnya biaya asuransi yang harus dibayar  sebesar Rp 23,75 juta. Selanjutnya diasumsikan biaya administrasinya sebesar Rp 500 ribu. Kemudian kita dapat menghitung TDPnya dengan rumus DP+cicilan di bulan pertama + tarif asuransi + biaya administrasi.  Bila dimasukkan angkanya maka 50 juta+ Rp. 4.111.111,-. + 23,75 juta+ 500 ribu. Sehingga, TDP yang harus anda bayar adalah sebesar Rp. 79.391.111,-.