avatardisplay_general
DISITU
09 Nov 2018

Perhitungan Dan Simulasi Kredit Mobil Baru New Avanza

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181109/Banner/Perhitungan%20Dan%20Simulasi%20Kredit%20Mobil%20Baru%20New%20Avanza.jpg

New Avanza merupakan mobil Toyota keluaran terbaru dan kini sudah sangat laris di pasaran. Mobil ini merupakan mobil jenis MPV yang banyak digunakan sebagai mobil keluarga. Siapa yang tidak menginginkan mobil New Avanza? Meskipun tergolong baru dan memiliki inovasi dari tampilan eksterior dan interior. Tapi mobil ini memberikan harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat. Bagi anda yang hendak membeli mobil New Avanza, anda bisa membelinya dengan cara cash atau kredit. Namun, jika anda akan membeli mobil New Avanza dengan cara kredit, sebaiknya anda lakukan simulasi kredit mobil baru New Avanza terlebih dahulu.

Melakukan simulasi memang sangat diperlukan untuk anda yang akan membeli mobil baru New Avanza dengan cara kredit. Pasalnya dengan melakukan simulasi kredit mobil baru New Avanza anda bisa mengetahui banyak hal mengenai budget yang harus anda siapkan. Baik pembayaran DP, bunga kredit dan cicilan per bulan bisa anda ketahui. Oleh karena itu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan simulasi kredit:

1. Menghitung Biaya DP Mobil

mobil-baru

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghitung biaya DP yang harus anda bayarkan. Biasanya pihak leasing atau bank akan mematok minimal DP yang harus anda bayarkan untuk melakukan kredit New Avanza. Jika diasumsikan anda akan membeli mobil New Avanza dengan harga 200 juta. Kemudian pihak leasing mematok DP minimal yang harus anda bayar sebanyak 20%. Maka anda hanya perlu menghitungnya dengan cara mengalikan harga mobil dengan DP minimal. Jadi, masukan angkanya 200 juta x 20% hasilnya adalah 40 juta.

2. Menghitung Pokok Kredit

mobil-baru

Langkah kedua dalam melakukan simulasi kredit mobil baru New Avanza anda harus menghitung pokok kredit. Caranya sangat mudah sekali, anda hanya perlu mengurangi harga mobil New Avanza dengan DP minimal yang telah anda hitung. Maka, jika dimasukkan angka 200 juta – 40 juta hasilnya adalah 160 juta rupiah. Pokok kredit bukan merupakan hutang keseluruhan karena anda masih harus menghitung tarif bunga terlebih dahulu.

3. Menghitung Bunga Kredit

mobil-baru

Setelah menghitung pokok kredit, maka selanjutnya anda harus menghitung bunga kredit. Cara menghitungnya sangat mudah yaitu (pokok kredit x tarif bunga) x lama kredit. Jika diasumsikan lama kredit anda selama 2 tahun, kemudian pihak leasing memberikan tarif bunga sebesar 5%. Bisa kita hitung (160 juta x 5%) x 2 tahun, hasilnya adalah 16 juta. Itulah total bunga selama 2 tahun melakukan kredit.

4. Menghitung Biaya Cicilan Per Bulan

mobil-baru

Langkah yang paling penting dalam melakukan simulasi kredit mobil baru New Avanza adalah menghitung biaya cicilan per bulan. Nah, cara menghitung yaitu pokok kredit+ total bunga/lama kredit (bulan). Maka bisa kita masukkan angkanya 160 juta + 16 juta/ 24 bulan, hasilnya 7.333.333,-. Dalam menghitung biaya cicilan per bulan akan sangat dipengaruhi oleh lama anda melakukan kredit. Jika semakin lama waktu kredit maka cicilan per bulannya akan semakin murah dan begitu sebaliknya.

5. Menghitung Total Pembayaran Awal

mobil-baru

Nah, total pembayaran awal atau TDP tidak kalah penting untuk anda hitung. Pasalnya anda harus mengetahui berapa budget yang harus anda siapkan di awal saat akan melakukan pembelian mobil dengan cara kredit.  Sebelum menghitung total pembayaran maka diasumsikan biaya asuransi sebesar 6% dari harga mobil. Maka, biaya asuransinya sebesar 12 juta, kemudian diasumsikan juga biaya administrasinya sebesar 500 ribu. Lalu masukan ke dalam DP + cicilan di bulan pertama + tarif asuransi + biaya administrasi. Sehingga jika dimasukkan angka 40 juta + 7.333.333 + 12 juta + 500 ribu totalnya Rp 59.833.333.

Kesimpulannya, jika anda akan membeli mobil baru New Avanza harga 200 juta dengan cara kredit selama 2 tahun, Anda harus menyiapkan budget untuk pembayaran awal sebesar Rp. 59.833.333. Kemudian anda harus membayar cicilan kredit per bulannya sebesar Rp. 7.333.333. Bagaimana, mudah bukan cara menghitungnya?