avatardisplay_general
DISITU
24 Jan 2019

Persyaratan Dan Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201901/190124/Banner/persyaratan dan cara klaim asuransi mobil all risk.jpg

Asuransi mobil merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting untuk diperhatikan, karena dengan adanya asuransi mobil tentu saja resiko di jalan akan dapat diminimalisir atau bahkan diatasi dengan baik dan juga maksimal. Jenis asuransi mobil sendiri memiliki dua jenis yaitu all risk dan juga TLO. Namun salah satu jenis asuransi yang mana banyak diminati oleh masyarakat adalah asuransi mobil all risk. Hal tersebut karena dapat menanggung kerugian dan juga kehilangan meskipun dengan nominal yang kecil. Namun memang untuk besaran premi yang dibayarkan lebih besar dibandingkan dengan TLO. Tetapi pemilik mobil tersebut akan diuntungkan dengan adanya asuransi ini. Namun jika Anda ingin mengajukan klaim asuransi mobil tersebut, tentu saja perlu untuk memperhatikan cara klaim asuransi mobil all risk.

Tentang Asuransi Mobil All Risk

Asuransi

Asuransi all risk sendiri merupakan sebuah asuransi yang akan menanggung kerugian secara maksimal serta kerusakan yang mana dialami oleh nasabah. Semua kerugian tersebut baik itu besar ataupun kecil akan ditanggung oleh pihak asuransi, bahkan kerugian sekecil apapun yang mana dialami oleh nasabah juga akan ditanggung oleh pihak asuransi. Meskipun semua resiko ditanggung, memang tidak semua resiko karena terdapat beberapa hal yang juga tidak ditanggung, dimana hal yang tidak ditanggung merupakan kerusakan mobil dengan alasan yang tidak jelas. Lalu bagaimana caranya untuk mengajukan klaim asuransi mobil all risk? Pada dasarnya cara untuk mengajukan klaim asuransi mobil all risk sendiri terbilang sederhana, namun memang terdapat beberapa persyaratan dan juga langkah dalam mengajukan klaim.

Persyaratan / Dokumen Yang Dibutuhkan

Asuransi

Untuk persyaratan yang dibutuhkan dalam mengajukan klaim asuransi all risk sendiri adalah beberapa dokumen seperti formulir pengajuan klaim yang mana sudah diisi secara lengkap dan juga data – data yang valid. Kemudian fotokopi polis asuransi mobil, dokumen tersebut dijadikan sebagai bukti jika pemegang polis memang benar seorang nasabah di sebuah perusahaan asuransi, selain itu dokumen tersebut juga digunakan untuk mengetahui apakah premi nasabah sudah dibayarkankan atau belum. Lalu fotokopi SIM, fotokopi STNK dan juga surat keterangan dari kepolisian. Dokumen tersebut nantinya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dari perusahaan asuransi untuk bisa memberikan ganti rugi atau tidak. Selain itu Anda bisa menanyakan beberapa dokumen penunjang lain yang dibutuhkan.

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil All Risk

Asuransi

Dan untuk cara klaim asuransi mobil all risk sendiri adalah dengan melaporkan seperti apa kronologi dari kecelakaan yang Anda alami secara jelas dan juga terperinci. Hal tersebut perlu dilakukan agar pihak perusahaan asuransi mendapatkan informasi tentang kejadian yang terjadi dan seperti apa langkah yang bisa diambil. Anda juga perlu menyertakan bukti berupa foto dari kerusakan mobil Anda. Kemudian lagkah selanjutnya adalah melakukan survei atau peninjauan pada kendaraan. peninjauan tersebut dilakukan dengan tujuan melihat kerusakan dari mobil secara langsung apakah layak mendapatkan asuransi atau tidak. Peninjauan tersebut nantinya dilakukan oleh surveyor ataupun penyelidik. Selain itu proses pelengkapan dokumen, dimana jika Anda sudah menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan, maka Anda juga perlu melengkapi dokumen penunjang jika ada dokumen yang kurang. Biasanya beberapa dokumen yang juga dibutuhkan dalah BPKB mobil, kemudian STNK dan juga kunci cadangan serta kwitansi kosong yang sudah disertai dengan materai serta tanda tangan pemilik polis asuransi tersebut. Jika semua dokumen yang dibutuhkan tersebut sudah dilengkapi semuanya, maka biasanya pihak perusahaan asuransi akan melakukan analisa apakah layak menurunkan klaim atau tidak.