avatardisplay_general
DISITU
15 Sep 2018

Persyaratan Gadai Motor Jombang sebagai Solusi Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180915/Persyaratan%20Gadai%20Motor%20Jombang%20sebagai%20Solusi%20Anda.jpg

Tuntutan ekonomi mendorong seseorang untuk bekerja keras mencari penghasilan. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa dari waktu ke waktu kebutuhan hidup kian meningkat. Sebesar apapun gaji yang Anda dapat, kadang tak mampu memenuhinya. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki penghasilan tetap. Alhasil, mereka yang tak mampu pun mengambil jalan hutang.

Tak terkecuali bagi Anda yang berdomisili di Jombang, tentu pernah timbul keinginan untuk mencari lembaga pembiayaan saat memerlukan dana darurat dalam waktu cepat. Mengambil pinjaman dari lembaga pembiayaan haruslah dengan menyerahkan jaminan berupa barang berharga. Salah satu yang kerap menjadi jaminan ialah sepeda motor.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari gadai motor Jombang, kenali dan persiapkan dulu persyaratannya berikut ini.

Kriteria Nasabah

Mereka yang diperkenankan meminjam dana pinjaman harus memenuhi persyaratan diri yang meliputi usia minimal 17 tahun yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau KTP, memiliki silsilah keluarga yang jelas dilihat dari Kartu Keluarga atau KK dan motor yang digadaikan merupakan hak milik sendiri yang dibuktikan dengan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

Kondisi Sepeda Motor

Ada dua macam sistem yang digunakan dalam gadai motor Jombang, yaitu barang yang dijaminkan hanya BPKB atau motor saja, dan ada pula yang berupa motor sekaligus BPKB. Apabila yang menjadi jaminan berupa BPKB, maka kondisi sepeda motor biasanya tidak diutamakan. Tapi usahakan motor tersebut dalam kondisi yang prima agar tidak diragukan oleh pihak pegadaian.

Lain halnya ketika yang dijaminkan ialah motornya, maka hanya motor tersebut saja yang ditahan. Sementara dokumen-dokumen pentingnya tetap di tangan pemiliknya. Motor yang digadaikan biasanya harus berusia minimal sembilan tahun dan kondisi fisiknya masih lengkap atau utuh. Karena kondisi fisik dari sepeda motor tersebutlah yang menjadi penentu berapa besarnya dana pinjaman yang diberikan oleh pihak pembiayaan.

Isian Formulir Gadai Motor Jombang

Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon nasabah ialah pengisian formulir pengajuan pinjaman sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh petugas. Pengisian formulir ini harus benar dan sesuai dengan keadaan nasabah. Jika ada data atau informasi yang tidak benar/valid, maka pengajuan pinjaman tidak akan diterima.

Sebelum Anda mulai mengisi formulir tersebut, sebaiknya baca dan pahamilah isinya dengan baik. Bila ada hal yang belum Anda pahami, segera tanyakan kepada petugas gadai. Jangan sampai karena Anda terburu-buru, justru menimbulkan kesalahan yang bersifat merugikan diri Anda sendiri nantinya.

Menyetujui Semua Peraturan yang Berlaku

Persyaratan selanjutnya ialah calon nasabah harus menyetujui semua peraturan yang berlaku dalam gadai motor Jombang. Baik itu berupa jumlah uang yang diterima, besarnya bunga dan cicilan yang menjadi tanggungan, serta sanksi atau denda yang harus dipenuhi bila melanggar salah satu di antara semua peraturannya.

Persetujuan calon nasabah ditunjukkan dengan membubuhkan tanda tangan di atas materai atau dalam istilah lain, “ada hitam di atas putih”. Persetujuan ini biasanya disaksikan oleh pihak berwenang dari perusahaan, notaris dan lain sebagainya. Pastikan bila tidak ada peraturan yang memberatkan Anda atau bersifat merugikan nasabah.

Itulah persyaratan ketika mengajukan pinjaman pada gadai motor Jombang yang menjadi kewajiban nasabah. Jangan terburu-buru saat ingin mengajukan pinjaman, sebaiknya pikirkanlah dulu secara matang! Dapatkan tips-tips keuangan menarik lainnya hanya di website terbaik kami Disitu.com.