avatardisplay_general
DISITU
24 Sep 2018

Persyaratan Untuk Gadai Sertifikat Rumah Warisan

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180924/Persyaratan%20Untuk%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Warisan.jpg

Banyaknya penyedia layanan peminjaman seperti halnya pegadaian kini banyak digandrungi oleh kalangan masyarakat. Baik kalangan pebisnis maupun kalangan masyarakat biasa, pasalnya dana yang dicairkan bisa digunakan dalam bentuk apapun, untuk membangun rumah, pengembangan usaha, membiayai pendidikan dan kegiatan dalam bentuk finansial lainnya. Barang yang bisa digunakan untuk objek jaminan dapat berupa macam-macam bentuknya, jenis kendaraan maupun aset berharga yang dimiliki. Anda juga bisa mengajukan gadai sertifikat rumah warisan yang bisa digunakan untuk menutup kekurangan finansial Anda. Menggunakan aset tersebut memang dibolehkan, namun tetap harus mengikuti prosedur serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Adapun persyaratan yang harus Anda lalui dalam mengajukan gadai adalah sebagai berikut:

Gadai Sertifikat

1. Sertifikat Rumah Asli Dan Salinan

Meskipun jenis pinjaman ini banyak diberikan oleh lembaga pegadaian, namun terdapat beberapa dokumen yang harus di siapkan. Seperti halnya Anda harus menyiapkan sertifikat rumah asli beserta salinannya, hal ini di maksudkan agar seseorang yang mengajukan sertifikat rumah dengan atas nama orang tua atau dalam bentuk warisan maka diharuskan menyerahkan sertifikat yang asli maupun salinan

Gadai Sertifikat

2. Surat Bukti PBB

Sebagai salah satu acuan perusahaan pengelola gadai memberikan taksiran harga adalah dengan melihat surat bukti pembayaran Pajak yang Anda miliki. Dengan melihat besarnya pajak yang menjadi tanggungan Anda, maka perusahaan dapat melihat pula bagaimana kemampuan Anda nantinya dalam membayar angsuran yang dibebankan.

Gadai Sertifikat

3. KTP

Salah satu identitas yang dijadikan acuan adalah menyerahkan KTP pemohon yang mengajukan pencairan dana dalam gadai sertifikat rumah warisan. Selain itu KTP juga digunakan untuk acuan dalam pengisian formulir yang nanti untuk proses administrasi. Sehingga jika hal ini tidak dapat diberikan, maka pengajuan Anda terancam tidak diterima oleh perusahaan pegadaian,

Gadai Sertifikat

4. Kartu Keluarga

Persyaratan dokumen lain yang harus diserahkan adalah dengan memberikan kartu keluarga, selain KTP dokumen ini juga sangatlah penting. Maka keberadaan ini juga menjadi pendukung lancar tidaknya persetujuan yang Anda ajukan.  

Gadai Sertifikat

5. Surat Nikah

Bagi Anda yang telah berganti status menikah maka wajib untuk menyerahkan surat tanda nikah, hal ini dimaksudkan agar perusahaan bisa memberikan perkiraan dalam pencairan dana yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Tentu dalam surat tanda nikah secara otomatis bisa dilihat tanggungan yang menjadi beban Anda. Sehingga dengan mengacu dokumen ini bisa memberikan taksiran dana yang sesuai dengan yang Anda.

Gadai Sertifikat

6. Mendapatkan Persetujuan Dari Ahli Waris Lain

Selain memberikan dokumen-dokumen tersebut, hal lain yang menjadi salah satu persyaratan dalam mengajukan pinjaman pencairan dana ini adalah dengan mendapatkan persetujuan dari ahli waris lain. Hal ini bisa dibuktikan dengan memberikan stempel atau tandatangan dari ahli waris lain. Sebab jika tidak mendapatkan persetujuan bisa jadi di kemudian akan menghadapi hal-hal yang tidak inginkan. Sengketa, adanya perseteruan diantara para pihak waris akan sering dihadapi jika hal ini tidak dilakukan. Selain itu dari perusahaan itu sendiri akan menimbang-nimbang dan menjadi pertimbangan yang lebih lagi bahkan terancam tidak mendapatkan persetujuan dari perusahaan. Karena harta warisan merupakan masih milik bersama ahli waris.

Beberapa persyaratan seperti dokumen dan persetujuan dari ahli waris merupakan syarat yang penting dan utama dalam mengajukan permohonan dana. Oleh sebab itu persyaratan-persyaratan tersebut wajib ada sebelum mengajukan permohonan ini. Meskipun setiap lembaga atau perusahaan memiliki prosedur yang berbeda, namun secara umum memberikan persyaratan yang sama. Apalagi dalam mengajukan gadai sertifikat rumah warisan, karena dengan aset berharga seperti ini bisa mendapatkan taksiran harga yang tinggi. Sehingga sangat cocok dan bisa digunakan untuk keperluan apapun, baik untuk keperluan produktif maupun keperluan pengembangan usaha Anda.