avatardisplay_general
DISITU
18 Sep 2018

Perusahaan Dan Produk Asuransi Kesehatan Yang Ada

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180918/Perusahaan%20Dan%20Produk%20Asuransi%20Kesehatan%20Yang%20Ada.jpg

Asuransi merupakan suatu bentuk jaminan mengenai kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang, dimana terdapat dua pihak sebagai pihak penanggung dan pihak tertanggung. Di dalam asuransi, terdapat polis atau perjanjian mengenai produk asuransi, biaya asuransi, jangka waktu, hingga besarnya jaminan yang akan diberikan atas kerugian yang dialami oleh pihak penanggung.

Berbagai macam produk ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, seperti asuransi sosial, asuransi jiwa dan asuransi umum. Namun secara garis besar, asuransi kesehatan merupakan salah satu asuransi yang paling dikenal dan diinginkan oleh masyarakat.

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, yang memperhatikan masalah kesehatan dan menjamin proses perawatan kepada para anggota. Keuntungan dari menjadi anggota produk asuransi kesehatan adalah adanya perlindungan dan tanggungan biaya dari masalah kesehatan, seperti cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

Untuk mengetahui secara jelas mengenai produk dan perusahaan asuransi, simaklah informasi-informasi mengenai contoh asuransi kesehatan yang ada dibawah ini sehingga Anda dapat menemukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Allianz

Asuransi Kesehatan

Perusahaan Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia yang merupakan perusahaan asuransi umum pada tahun 1989, dan Asuransi Allianz Life Indonesia yang mencakup asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life juga didirikan dengan fokus sebagai asuransi syariah. Berikut merupakan produk-produk asuransi kesehatan yang disediakan oleh perusahaan Allianz.

  • SmartHealth Maxi Violet

SmartHealth Maxi Violet memberikan Manfaat Dasar Rawat Inap dan Manfaat Tambahan yaitu Rawat Jalan, Rawat Gigi, dan Persalinan.

  • Smartmed Premier

SmartMed Premier menyediakan Manfaat Dasar Rawat Inap dan Manfaat Tambahan seperti Persalinan, Rawat Gigi, dan Rawat Jalan, serta memiliki Manfaat Spesial yaitu penggantian biaya Kemoterapi, Hemodialisis, HIV/AIDS, biaya pemakaman, evakuasi darurat, serta pemulangan jenazah. 

  • AlliSya Care

Merupakan asuransi kesehatan syariah di mana peserta dapat saling tolong-menolong dalam menyediakan Manfaat Rawat Inap, penggantian biaya perawatan bila Anda atau keluarga sakit, serta menyediakan berbagai manfaat pilihan seperti Persalinan, Rawat Jalan, Rawat Gigi, dan Santunan Harian.

  • Critical Illness (CI)

CI merupakan asuransi tambahan kesehatan (rider) yang memberikan perlindungan menyeluruh terhadap kondisi penyakit kritis, mulai dari tahap awal hingga tahap terparah. Produk asuransi ini terbagi menjadi CI 100, CI Plus, dan CI Accelerated sehingga pembeli asuransi dapat memilih dan menyesuaikan produk asuransi dengan kebutuhan mereka.

  • Hospital & Surgical Care+ dan AlliSya Hospital & Surgical Care+

Merupakan asuransi tambahan berupa asuransi kesehatan komprehensif (Syariah) dalam bentuk cashless yang memberikan berbagai manfaat utama dan manfaat tambahan.

  • SmartMed Cancer

SmartMed Cancer merupakan asuransi kesehatan rider pertama di Indonesia khusus untuk perlindungan atas risiko kanker.

 

  1. AIA Financial

Asuransi Kesehatan

PT AIA Financial (AIA) adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia yang merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

  • AIA PRIORITY PLUS ASSURANCE

AIA Priority Plus Assurance merupakan produk unit-link dengan pembayaran premi berkala yang dapat disesuaikan dengan tujuan perencanaan keuangan tertanggung. 

  • HOSPITAL & SURGICAL PROTECTION

Hospital & Surgical Protection dapat membantu Anda mengatasi biaya Rumah Sakit jika Anda harus dirawat di Rumah Sakit akibat penyakit atau kecelakaan.

  • AIA ALL IN ONE

AIA All in One memberikan manfaat perlindungan lengkap untuk memastikan masa depan Anda dan keluarga terlindungi dari segala kemungkinan dengan perlindungan lengkap seumur hidup.

  • HOSPITAL & SURGICAL PLUS dan PREMIER HOSPITAL & SURGICAL PLUS

Bersama Hospital & Surgical Plus, kita bisa memberikan proteksi maksimal untuk diri kita, dan dimudahkan untuk mengurus hal-hal rumah sakit, seperti mengurus pendaftaran serta pembayaran biaya rumah sakit dan urusan lainnya.

 

  1. Manulife

Asuransi Kesehatan

Manulife adalah perusahaan asuransi yang merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, yang menawarkan beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada pada nasabah. Berikut adalah beberapa produk asuransi kesehatan yang disediakan oleh perusahaan ini.

  • Manulife Crisis Cover (MCC)

Manulife Crisis Cover memberikan perlindungan dari risiko penyakit kritis hingga Tertanggung mencapai usia 70 tahun dengan Masa Pembayaran Premi terbatas sesuai dengan Produk Dasar yang Anda pilih.

  • Manulife Crisis Cover Ultimate (MCCU)

Produk Asuransi Tambahan pertama dan satu-satunya di Indonesia ini memberikan perlindungan seumur hidup (sampai usia 99 tahun) dari 56 penyakit kritis (paling banyak di Indonesia).

  • Manulife Crisis Cover Protection (MCCP)

Produk ini merupakan program Pertanggungan Tambahan yang memberikan santunan ketika Tertanggung didiagnosis menderita salah satu dari 50 Penyakit Kritis hingga Tertanggung mencapai usia 75 tahun

  • Accidental Death and Disability Benefit (ADDB)

Program ini menyediakan perlindungan terhadap jiwa atau Cacat Tetap Total dan Sebagian yang diakibatkan oleh kecelakaan.

  • MiUltimate HealthCare (MiUHC)

Asuransi kesehatan ini memberikan manfaat penggantian biaya Rawat Inap di Rumah Sakit sesuai dengan tagihan kesehatan dari rumah sakit tempat dimana Anda dirawat.

Dilansir dari manulife-indonesia.com, biaya pengobatan penyakit kritis yang ada di Indonesia terus meningkat mencapai 14% per tahun. Hal ini tentunya dapat menjadi pertimbangan utama bagi Anda untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan jaminan asuransi bagi masa depan Anda.

Perawatan Penyakit Kritis

Biaya tahun 2013*

Biaya tahun 2020**

Biaya tahun 2025**

Angioplasti

125

313

602

Stroke (5 hari)

50

125

241

Diagnosis awal Kanker

70

175

337

Leukimia (56 hari)

1,440

3,603

6,938

Kanker Otak (60 hari)

363

908

1,749

Satuan dalam jutaan Rupiah

(*) Data klaim Manulife
(**) Asumsi kenaikan biaya kesehatan 14% per tahun, Data Tower Watson 2014

 

  1. Cigna

Asuransi Kesehatan

Cigna merupakan sebuah perusahaan layanan kesehatan global yang berfokus untuk membantu meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan rasa aman bagi pelanggannya. Seluruh produk dan layanan tersedia secara eksklusif, menawarkan serangkaian produk, perawatan, rencana dan pelayanan kesehatan yang terintegrasi. Cigna beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia.

  • Cigna Proteksi Sehat Optima

Produk yang memberikan kemudahan akses untuk perlindungan kesehatan dengan manfaat rawat inap dan pembedahan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan AdMedika melalui fasilitas cashless, serta layanan tambahan berupa bantuan ambulan lokal dan domestik.

  • Cigna Family Care

Cigna Family Care adalah sebuah perlindungan kesehatan yang menawarkan kemudahan bagi keluarga. Produk asuransi kesehatan ini dapat melindungi hingga 5 orang tertanggung — atau lima anggota keluarga inti, yakni kepala keluarga, pasangan dan tiga orang anak — di dalam satu polis dengan satu premi.

  • Cigna Family Care Optima

Cigna Family Care Optima, solusi Hospital Income Plan (HIP) yang melindungi hingga 5 orang anggota keluarga dengan pembayaran hanya 1 premi. Perlindungan ini juga dilengkapi dengan fasilitas pengembalian premi sebesar 30% setiap 5 tahun, baik ada klaim maupun tidak ada klaim.

  • Cigna Premium Health Protection

Akses perlindungan kesehatan secara komprehensif bagi Anda dan keluarga mulai dari pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penyakit sejak dini, rawat jalan mencakup konsultasi medis dan pemeriksaan diagnostik, rawat inap termasuk ICU dan pembedahan, serta pemulihan pasca rawat inap melalui produk perlindungan kesehatan Cigna Premium Health Protection

  • Cigna Proteksi Sehat

Memberikan perlindungan berupa asuransi kesehatan yang memberikan manfaat rawat inap dan pembedahan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan AdMedika serta layanan tambahan berupa bantuan ambulans lokal dan domestik melalui produk Cigna Proteksi Sehat.

  • Cigna Senyum Sehat

Cigna Senyum Sehat merupakan jawaban bagi Anda dan keluarga untuk mendapatkan berbagai layanan perawatan kesehatan gigi dan mulut, seperti pembersihan dan pegecekan gigi rutin yang bisa digunakan di dalam maupun luar negeri.

  • Cigna Health Protection

Anda dapat memilih perlindungan kesehatan dengan premi terjangkau mulai dari Rp 36.000 per bulan jika Anda berumur 18 – 29 tahun atau sampai dengan Rp 412.000 per bulan untuk usia 60 – 65 tahun. Dan tidak hanya itu, Cigna Health Protection juga memberikan perlindungan bagi bayi mulai dari umur 6 bulan.

  • Cigna Care and Save

Cigna Care and Save memberikan perlindungan bagi kesehatan diri Anda beserta pasangan dan anak dengan manfaat utama tunjangan biaya rawat inap karena penyakit atau kecelakaan serta santunan ICU.

 

  1. Prudential

Asuransi Kesehatan

Prudential merupakan perusahaan asuransi asal London yang berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa, dan memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk asuransi di Indonesia. Hingga Desember 2017, total aset dari perusahaan ini telah mencapai 81.7 Triliun.

  • Prucritical Hospital Cover dan Prucritical Hospital Cover Syariah

PRUcritical hospital cover adalah produk Asuransi Tambahan yang memberikan perlindungan komprehensif atas Perawatan Kondisi Kritis dari sejak Evaluasi Medis hingga Pemulihan, bahkan hingga di Luar Negeri

  • Prumed Cover dan Prumed Cover Syariah

PRUmed cover memberikan manfaat tambahan berupa tunjangan harian rawat inap, ICU dan pembedahan kepada Tertanggung Utama jika menjalani rawat inap di rumah sakit.

  • Pruprime Healthcare dan Pruprime Healthcare Syariah

PRUprime healthcare (Syariah) adalah solusi komprehensif untuk perlindungan kesehatan dengan pembayaran santunan sesuai tagihan rumah sakit. Produk ini dirancang khusus dengan berbagai manfaat pembayaran biaya rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, dan manfaat lainnya. Tersedia enam pilihan santunan (plan) yang dapat diambil dengan menyesuaikan besarnya kebutuhan perlindungan Anda.

  • Pruhospital & Surgical Cover Plus dan Pruhospital & Surgical Cover Plus Syariah

Asuransi Tambahan PRUhospital&surgical cover plus memberikan manfaat penggantian seluruh biaya rawat inap, Intensive Care Unit (ICU), dan tindakan pembedahan sesuai dengan plan yang diambil, selama Tertanggung menjalani perawatan di rumah sakit/klinik. Produk ini memberikan manfaat lain untuk biaya akomodasi bagi pendamping di rumah sakit untuk Tertanggung berusia dibawah 15 tahun sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Physiotherapy dan Santunan Kematian akibat kecelakaan. Program asuransi kesehatan PRUhospital & surgical cover plus memberikan dukungan finansial saat terjadi risiko sakit, sampai usia Tertanggung 55 tahun, 65 tahun atau 75 tahun.

 

 

 

Perbedaan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah

Banyak masyarakat yang belum mengerti secara lengkap mengenai asuransi konvensional (biasa) dan asuransi Syariah. Untuk itu, beberapa poin akan dijelaskan sehingga dapat membantu Anda untuk mengerti perbedaan dari kedua jenis asuransi ini, serta mempermudah Anda dalam menentukan pilihan dengan tepat sesuai kebutuhan asuransi Anda.

  1. Perjanjian

Asuransi Syariah memiliki dasar akad hibah dengan konsep menyediakan asuransi untuk saling menolong dan kedua belah pihak tidak mengharapkan imbalan namun saling menguntungkan. Sedangkan asuransi biasa memiliki konsep bisnis dengan transaksi jual-beli, dimana kedua belah pihak mengharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

  1.  Bagi hasil

Asuransi Syariah akan membagikan hasil yang didapat dari pengelolaan dana kepada semua peserta dan perusahaan asuransi secara merata. Sedangkan pada asuransi biasa, keuntungan dari kegiatan asuransi akan sepenuhnya menjadi milik perusahaan.

  1. Dana

Dana yang terdapat pada asuransi Syariah dimiliki oleh semua peserta asuransi, dimana perusahaan hanya menjadi pengelola dana tanpa hak memiliki. Sedangkan dana premi yang dibayarkan oleh pemegang asuransi akan menjadi milik perusahaan, sehingga perusahaan memiliki kebebasan dalam memakai dana yang ada sesuai dengan perjanjian.

  1. Pengelolaan Dana

Dana dalam asuransi Syariah akan diolah secara maksimal untuk keuntungan peserta asuransi. Sedangkan dana pada asuransi biasa akan dikelola dan diinvestasikan oleh perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan yang sebesar-besarnya.

  1. Pengawasan Dana

Dewan Pengawas Syariah (DPS) bertugas untuk mengawasi dana dari setiap perusahaan berbasis Syariah agar perusahaan selalu menaati prinsip Syariah dalam mengelola dana asuransi. Sedangkan asuransi biasa melakukan pengawasan dana secara internal oleh manajemen didalam perusahaan.

  1. Ada Zakat

Pembayaran zakat yang diambil dari jumlah keuntungan harus dilakukan oleh peserta asuransi Syariah.

  1. Status Dana

Peserta asuransi Syariah dapat mengambil dana yang telah disetorkan jika dalam perjalanannya peserta tersebut tidak sanggup untuk membayar, dengan adanya potongan kecil berupa dana tabarru. Sedangkan pada asuransi konvensional, seluruh dana yang sudah disetorkan akan hangus dan menjadi milik perusahaan.

  1. Jenis investasi

Dana asuransi Syariah hanya boleh diinvestasikan pada hal-hal yang dinilai baik atau tidak haram. Sedangkan dana asuransi konvensional dapat diinvestasikan di bidang apapun yang dinilai berpotensi mendatangkan keuntungan.

Penjelasan diatas telah menguraikan perbedaan asuransi konvensional dan asuransi Syariah secara umum. Pastinya, asuransi Syariah memiliki target konsumen umat Islam. Namun, warga non-muslim juga diterima dalam asuransi Syariah ini, tanpa memandang adanya perbedaan agama asalkan harus mematuhi aturannya.

Bagaimanapun, tawaran asuransi merupakan investasi yang akan sangat berguna bagi Anda sehingga masa depan dapat terjamin dan menjadi lebih baik. Namun, jangan terburu-buru mengambil produk asuransi sehingga dapat menghindari penipuan asuransi atau tertipu asuransi dengan tawaran-tawaran menarik. Pertimbangkan terlebih dahulu mengenai perusahaan asuransi yang terpercaya, produk asuransi, iuran/pembayaran/premi asuransi, hingga manfaat asuransi yang akan anda dapatkan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga.