avatardisplay_general
DISITU
28 Nov 2018

Pilih Asuransi Mobil All Risk Atau TLO? Ini Jawabannya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181128/Banner/Pilih Asuransi Mobil All Risk Atau TLO Ini Jawabannya.jpg

Kendaraan dari masyarakat Indonesia pada kemungkinan resiko di jalan memang terbilang cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya asuransi mobil yang mana ditawarkan di Negara Indonesia. Hal tersebut memang wajar karena jika dilihat dari resikonya, terdapat banyak sekali kecelakaan yang terjadi di sekitar jalan raya, terlebih lagi di beberapa kota besar seperti Jakarta dan yang lainnya.

asuransi-mobil

Dan untuk mereka yang ingin membeli polis asuransi kendaraan, mungkin saja dibingungkan oleh dua pilihan yaitu asuransi kendaraan all risk ataupun total loss only atau TLO. Oleh karena itu pemilik mobil sangat perlu untuk mengetahui perbedaan di antara asuransi kendaraan all risk dan juga TLO beserta dengan kelebihan masing – masing. Dengan demikian Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Asuransi Mobil All Risk

asuransi-mobil

Yang pertama adalah asuransi mobil all risk yang merupakan sebuah asuransi yang melindungi mobil Anda dari semua resiko atau keseluruhan. Dengan demikian asuransi ini akan membayarkan klaim untuk semua jenis kerusakan, baik itu kerusakan ringan, kerusakan berat sampai dengan kehilangan. Namun memang untuk asuransi all risk ini pembiayaannya terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan TLO. Namun asuransi ini juga memiliki beberapa kelebihan seperti perlindungannya lebih menyeluruh dan juga paling luas. Kemudian asuransi all risk ini juga akan melindungi mobil Anda dari kerusuhan, dalam artian jika nantinya mobil Anda menjadi salah satu korban dari anarkisme yang mana berujung pada kerusuhan, maka tak perlu khawatir karena mobil Anda akan mendapatkan perlindungan asuransi all risk. Selain itu asuransi ini juga memberikan perlindungan kepada mobil dari bencana alam. Tak dapat dipungkiri memang jika bencana alam tidak bisa dihindari, terlebih lagi di Indonesia yang terbilang cukup banyak memiliki potensi bencana alam. Oleh karena itu melihat besarnya resiko itu sendiri, maka solusi yang terbaik adalah dengan memanfaatkan perlindungan yang mana diberikan oleh asuransi all risk. Dengan demikian dampak kerugian dapat diminimalisir ataupun ditiadakan.

Asuransi Mobil TLO

asuransi-mobil

Sedangkan untuk asuransi mobil TLO atau Total Loss Only sendiri merupakan sebuah perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi jika mobil Anda mengalami kehilangan total. Dalam artian klaim asuransi tersebut hanya bisa diajukan jika terjadi suatu kehilangan total. Di dalam asuransi, yang dimaksud dengan kehilangan total sendiri adalah kerusakan yang mana terjadi pada mobil di atas 75% ataupun kehilangan pencurian atau perampasan. Jika kerusakan yang dialami oleh mobil Anda kurang dari 75%, maka nantinya Anda tidak bisa mendapatkan ganti rugi kerusakan. Patokan dari 75% itu sendiri diambil karena mobil tersebut sudah bisa dipastikan tidak bisa digunakan lagi. Dan untuk kelebihan yang dimiliki oleh asuransi Total Loss Only ini sendiri adalah pembayaran preminya terbilang lebih rendah dibandingkan dengan asuransi all risk. Jadi Anda tak perlu khawatir dengan pembayaran preminya.

Jadi itulah beberapa penjelasan singkat mengenai asuransi mobil all risk dan juga total loss only yang bisa Anda ketahui. Lalu sebaiknya pilih yang mana? Jawabannya tentu saja sesuai dengan kebutuhan Anda dimana jika harga mobil Anda terbilang tinggi dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit meskipun hanya rusak ringan, maka sebaiknya Anda memilih asuransi all risk. Sedangkan jika mobil Anda jarang digunakan, maka sebaiknya memilih asuransi TLO. Selain itu tingkat kriminalitas di daerah Anda juga sebaiknya diperhatikan karena hal tersebut juga bisa digunakan sebagai patokan.