05 January 2018 00:00

Pilih Pinjaman atau Kredit? Berikut Ulasan Perbedaanya!

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/133.Pilih Pinjaman atau Kredit.jpg

Pada  zaman sekarang ini, melakukan pinjaman atau kredit sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang guna memenuhi kebutuhan. Terlebih, dengan kebutuhan hidup yang semakin banyak dan mendesak, mendapatkan pinjaman dengan cepat adalah solusi yang tepat. Anda bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman dana baik melalui Bank maupun jasa pinjaman dana. Apalagi saat ini sudah tersedia jasa peminjaman dana online yang memudahkan dalam melakukan peminjaman.

Secara garis besar, pinjaman atau kredit terbagi menjadi dua yaitu kredit multiguna atau kredit dengan agunan dan kredit tanpa agunan. Lalu, apa bedanya? Walaupun keduanya memiliki persamaan yaitu peminjam wajib membayar angsuran, namun diantara keduanya memiliki perbedaan yang sangat mendasar, Berikut perbedaannya.

Bunga Pinjaman

Pada kredit multiguna atau pinjaman dengan agunan, bunga yang dikenakan pada kredit lebih kecil dibanding kredit tanpa agunan. Hal ini dikarenakan peminjam akan memberikan jaminan . itulah sebabnya cicilan pada kredit tanpa agunan lebih tinggi dibanding kredit multiguna.

Jumlah Pinjaman

Pada kredit multiguna jumlah pinjaman atau kredit tergantung dari estimasi harga jaminan. Biasanya pinjaman yang bisa diberikan sebesar 70%-80% dari estimasi harga jaminan. Oleh karena itu semakin tinggi nilai jaminan maka jumlah pinjaman yang diberikan semakin besar. Sedangkan pada kredit tanpa angunan biasanya jumlah nomilal yang dipinjamkan terbatas karena tidak mempunyai estimasi kelayakan kondisi keuangan peminjam.

Tenor Pinjaman

Tenor pinjaman atau biasa disebut plafon pinjaman merupakan jangka waktu yang diberikan untuk melunasi kredit. Untuk kredit multiguna jangka waktu pelunasan tergantung dari jumlah pinjaman yang diberikan. Semakin tinggi jumlah kredit tenor pinjaman juga semakin lama bahkan dapat mencapai 25 tahun. Sedangkan kredit tanpa agunan tenor pinjaman yang diberikan lebih singkat, hal ini menngingat jumlah pinjaman yang tidak terlalu besar. Biasanya jangka waktunya sekitar 1-2 tahun.

Proses pencairan

Pengajuan kredit tanpa agunan proses pencairannya cenderung lebih lama dibanding pengajuan kredit multiguna. Hal ini dikarenakan pihak pemberi pinjaman perlu melakukan penilaian, serta evaluasi aset yang digunakan peminjam sebagai jaminan. Selain itu syaratnya juga lebih kompleks karena jumlah pinjamannya yang besar.

Sebaliknya pengajuan kredit tanpa agunan, proses pencairannya lebih cepat karena tidak adanya syarat yang komleks dan tidak ada proses penilaian dan evaluasi secara detail dari pihak pemberi pinjaman.

Tujuan Pinjaman

Kredit tanpa agunan biasanya bersifat darurat dan mendesak, sehingga peminjam siap untuk menerima bunga yang lebih besar. Biasanya tujuan dari pengajuan kredit tanpa agunan untuk biaya perawatan rumah sakit, biaya pendidikan, pengembangan usaha, perbaikan kendaraan  dan kebutuhan mendesak lainnya.

Sedangkan pada kredit multiguna biasanya bersedia menunggu waktu yang lebih lama dalam pencairannya demi pinjaman yang lebih besar. Uang yang akan dipinjam juga bukan untuk kebutuhan yang terlalu mendesak. Biasanya peminjam yang melakukan pengajuan kredit multiguna membutuhkan biaya untuk kebutuhan jangka panjan seperti pengajuan KPR dan kredit modal usaha. Konsekuensi dari kredit multiguna adalah aset yang digunakan sebagai jaminan akan menjadi milik pihak pemberi pinjaman apabila gagal membayar.

Sebaiknya sebelum mengajukan pinjaman ke bank maupun jasa peminjaman, anda perlu mengetahui tujuan dari penggunaan dana tersebut dan sesuaikan juga dengan karakter pinjaman yang diberikan. Pilihlah bank atau jasa peminjaman dana yang benar benar dipercaya, Salah satunya melalui disitu.com. disitu.com siap membantu menyelesaikan keuangan anda melalui kredit multiguna maupun kredit tanpa agunan dengan syarat yang mudah dan proses cepat.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu