avatardisplay_general
DISITU
04 Jan 2018

Bisa Kredit Pinjaman Agunan AJB, Tapi Harus Selektif!

124.Kredi Pinjaman Agunan AJB Bisa.jpg

Suami istri ingin meminjam modal tapi tidak punya sertifikat? Anda bisa menggunakan Pinjaman Agunan AJB,  tetapi dalam penggunaannya banyak yang memilih-milih atau selektif. Jika anda menggunakannya maka anda harus memperhatikan hal ini : 

Bisa Tapi Selektif

Akta Jual Beli ternyata bisa digunakan sebagai agunan juga. Namun dalam penggunaannya tidak bisa sembarangan karna ada hukum yang berlaku. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu:

Apa Itu AJB?

AKTA JUAL BELI dibuat oleh ppat. Fungsinya adalah sebagai bentuk perjanjian adanya jual beli dari penjual dan pembeli terhadap suatu objek tertentu. Bukan merupakan suatu tanda kepemilikan. ppat untuk peralihan hak atas tanah dan bangunan. Dengan bukti akta ini pihak pertama telah menjual objeknya kepada pihak kedua. Secara jual beli memang sudah beralih namun secara kepemilikan belum kuat.

Nilainya Lebih Rendah

Jika anda menggunakan sebagai agunan maka anda akan memperoleh uang lebih rendah daripada menggunakan SHM. Nilainya memang berbeda dengan SHM. Sehingga jumlah uang yang keluar juga rendah. AJB merupakan perjanjian antara dua orang atau lebih untuk mengadakan jual beli. Bukan merupakan suatu bentuk hak milik secara sah.

Perolehan Uang Sedikit

Berbeda jika anda menggunakan sertifikat rumah. Anda bisa mengeluarkan uang dari bank lebih banyak. Namun jika anda meminjam dengan akta jual beli ajb jumlah uang pinjamannya sedikit belum dapat lebih banyak. Jika anda membutuhkan uang banyak sebaiknya anda tidak menggunakannya. Karena objek yang diagunkan harganya hanya murah. Sehingga pinjaman anda dibatasi pula jumlahnya. Pinjaman Agunan seperti itu hanya diperuntukkan untuk peminjaman dengan nominal yang rendah.

Tidak Semua Bank Menerima

Saat mengajukan pinjaman tidak semua bank mau menerima. Ada beberapa bank yang tidak dapat menerimanya. Karena mereka khawatir suatu saat akan ada yang mengggugat. Bank tentunya tidak mau mengambil resiko yang besar. Bank pasti memilih ambil aman sehingga kebanyakan tidak menerima agunan tersebut.

Persyaratan Agak Sulit

Apabila anda menggunakannya sebagai agunan ada beberapa syarat yang harus anda penuhi. Salah satunya adalah meminta surat keterangan tanda kepemilikan dari kepala desa. Surat itu akan menunjukkan bahwa anda adalah pemilik sah dari aguhnan tersebut. Jika anda tidak bisa menunjukkan hal itu maka bank juga akan berpikir-pikir terlebih dahulu apakah anda cocok menerima pinjaman atau tidak.

Pengalihan Nama Oleh Rentenir

Hal yang bisa saja terjadi jika anda melakukan peminjaman ke rentenir semakin buruk. Bagaimana tidak bisa saja rentenir melakukan pengalihan nama akta. Tentu saja anda akan mengalami kerugian. Karena rentenir biasanya melalukan pemberian pinjaman tanpa adanya perjanjian tertulis. Ini berbahaya bagi anda apalagi kalau anda melakukan pinjaman dengan jaminan tersebut. Salah satu persyaratan pengalihan nama adalah menggunakan agunan tersebut.

Pilihlah Pemberi Pinjaman yang Tepat

Jika anda memang hendak meminjam dengan agunan akta sebaiknya memilih pemberi pinjaman yang tepat. Tidak boleh sembarangan memilih karena akan menimbulkan resiko yang besar. Bisa saja kalau yang diberi jaminam bukan orang yang amanah maka bisa saja mengalihkan objek kepadanya. Tentu itu akan merugikan anda sendiri sebagai peminjam.

Pinjaman agunan akta merupakan pinjaman yang bisa dilakukan dengan jumlah sedikit untuk kebutuhan. agunan tersebut tidak bisa mencover uang dalam jumlah besar. Jika terjadi kredit macet dan tidak ada yang bisa mengatasi maka agunan hanya mencover dalam jumlah sedikit. Maka dari itu jarang yang mau menerima pinjaman dengan agunan berupa akta jaul belicari-kredit-DISITU-pilihanmu