avatardisplay_general
DISITU
19 Mar 2018

Pinjaman Bank Agunan BPKB Mobil,Tips Mengelolanya

https://disituapi.azureedge.net/artikel/513 Pinjaman Bank Agunan BPKB Mobil Ini Tips Cerdas Dalam Mengelolanya.jpg

Mendanai sebuah usaha sama sulitnya dengan menjalankannya. Tentu saja saat Anda sudah memiliki sebuah usaha, Anda tidak mau terus berjalan di tempat. Usaha harus terus berkembang agar menjadi lebih besar. Namun, mengembangkan usaha bukanlah perkara yang mudah, diperlukan suntikan dana agar usaha bisa berkembang sesuai dengan harapan. Mengambil pinjaman bank agunan BPKB mobil adalah cara yang tepat untuk memperoleh dana. Namun, tidak sedikit pengusaha yang dapat memanfaatkan pinjaman dana tersebut secara tepat. Untuk itu, Anda harus ekstra berhati-hati agar uang pinjaman bank tersebut dapat menjadi modal usaha yang menguntungkan. Bukan sebaliknya malah menimbulkan masalah di kemudian hari hanya karena Anda tidak cermat mengelola pinjaman tersebut.

Cara Mengelola Uang Pinjaman bank

Bagi Anda yang berniat mengajukan pinjaman bank agunan BPKB mobil. Sebaiknya Anda mengetahui beberapa cara mengelola uang pinjaman bank agar tidak menimbulkan kerugian dan justru akan membuat bisnis Anda bangkrut. Berikut ini adalah cara mengelola uang pinjaman bank agunan BPKB mobil.

1. Disiplin Dalam Memisahkan Uang Pribadi Dan Uang Usaha

Cara mengelola uang pinjaman bank yang harus Anda lakukan adalah disiplin dan komitmen dalam memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Hal ini dapat mempermudah Anda dalam mengontrol arus kas, yang berupa pengeluaran dan pemasukan usaha Anda. Untuk itu, Anda harus memiliki dua rekening yang membedakan dua uang tersebut.

2. Komitmen Menggunakan Uang Pinjaman Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Cara mengelola uang pinjaman bank  yang selanjutnya adalah dengan melakukan perencanaan penggunaan uang usaha sebaik mungkin. Terutama untuk meningkatkan produktivitas kerja sehingga dapat melancarkan kinerja bisnis Anda. Seperti, membeli peralatan dan perlengkapan kerja,  membeli bahan baku produk bisnis Anda, dan mengikuti pelatihan kerja.

3. Membuat Buku Pencatatan Keuangan

Menuliskan semua arus kas dalam bentuk buku pencatatan keuangan yang meliputi buku kas masuk (BKM) dan buku kas keluar (BKK). Kedua buku tersebut bermanfaat untuk mencatat semua arus kas bisnis Anda, baik pengeluaran dan pemasukan. Sehingga Anda dapat mudah melakukan pengecekan arus kas dalam bisnis Anda tersebut.

4. Menyediakan Dana Khusus Untuk Membayar Angsuran

Cara mengelola uang pinjaman bank juga dapat Anda lakukan dengan menyediakan dana khusus untuk membayar angsuran setiap bulan. Anda harus disiplin untuk tidak mengganggu dana khusus ini untuk kebutuhan apapun agar Anda selalu tepat waktu membayar angsuran.

5. Mampu Memutar Arus Kas

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus mampu memutar arus kas. Hal ini merupakan salah satu cara mengelola uang pinjaman bank yang harus diperhatikan. Jadi, Anda harus memastikan alur putaran kas Anda yang meliputi pengelolaan hutang, piutang, dan persediaan berjalan dengan baik. Hal ini sangat mendukung keberlangsungan bisnis Anda.

6. Mengelola Keuntungan Untuk Mengembangkan Bisnis

Mengelola keuntungan yang telah Anda dapatkan untuk mengembangkan bisnis Anda juga menjadi salah satu cara mengelola uang pinjaman bank. Keuntungan yang diperoleh tidak seluruhnya digunakan untuk kepentingan pribadi tetapi juga kebutuhan usaha. Anda bisa menyisihkan hasil keuntungan bisnis untuk membuka cabang baru, meningkatkan kualitas produk bisnis Anda, dan lain-lain.

7. Jangan Gunakan Uang Pinjaman Bank Untuk Kebutuhan Konsumtif

Tidak menggunakan uang pinjaman untuk kebutuhan konsumtif juga termasuk salah satu cara mengelola uang pinjaman bank yang tepat. Anda harus selalu mengingat akan tujuan awal mengajukan pinjaman ke bank.  Tujuannya yaitu untuk mengembangkan bisnis, bukan untuk membiayai kebutuhan berbelanja, makan, dan kebutuhan pribadi Anda setiap hari. Anda harus bisa membedakan uang yang digunakan untuk usaha sehingga tidak terpakai untuk kebutuhan konsumtif. Jadi uang Anda tidak akan habis sia-sia hanya karena kebutuhan konsumtif.
 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu