avatardisplay_general
DISITU
16 Mar 2018

Pinjaman Bank Agunan BPKB Motor, Tips Peminjamannya

https://disituapi.azureedge.net/artikel/509 Pinjaman Bank Agunan BPKB Motor Ini Tips Aman Peminjamannya.jpg

Pinjaman bank agunan BPKB motor memang menjadi solusi terjitu bagi para debitur. Selain syarat perlengkapannya yang mudah, proses pinjaman bank agunan BPKB motor terbilang cepat. Karena berpeluang lebih besar untuk disetujui. Tak hanya itu, kecilnya resiko dan nilai angsuran tiap bulan menjadi alasan utama. Sehingga wajar jika sebagian besar masyarakat memilih pinjaman yang satu ini untuk mendapatkan dana dalam waktu singkat. Meskipun, besar pinjaman tidak sebesar jaminan dengan sertifikat rumah. Tapi, pinjaman ini cukup meringankan beban masyarakat. Namun, dari sekian keuntungan yang dapat diperoleh tersebut. Banyak pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkannya untuk memperkaya kepentingan pribadi. Mereka membuka jasa keuangan yang menggunakan BKPB motor sebagai agunan. Serta dengan alasan mengatasnamakan kesejahteraan rakyat. Tapi, pada praktiknya justru semakin meresahkan masyarakat. Akhir-akhir ini, banyak terjadi kasus penipuan atas pinjaman dengan agunan BPKB motor ini. Bisa jadi melakukan penyitaan kendaraan secara sepihak karena BKPB kita disalahgunakan. Atau memungkinkan  terjadinya pemerasan pada pemiliknya. 

Berikut 5 Tips Aman Pinjaman Bank Agunan BKPB Motor 

1.Mencari Tahu Latar Belakang Lembaga Keuangan Terkait

Sebelum menerima penawaran pinjaman dari sebuah lembaga keuangan, bank atau jasa keuangan tertentu. Alangkah baiknya, kita mencari informasi seputar perusahaan tersebut. Baik latar belakangnya, sistem kerja, dan lain-lain. Selalu ada peluang bagi oknum-oknum tertentu untuk berbuat kejahatan. Salah satunya dengan memanfaatkan kebutuhan masyarakat dan mengolahnya untuk mencari keuntungan pribadi. 

2.Hindari Penggunaan Jasa Calo 

Dalam benak kita, mungkin pernah terpikirkan segala urusan akan mudah jika berada di tangan calo. Sehingga, kita tidak perlu susah-susah mengurus sesuatu. Hanya dengan membayar sekian rupiah, urusan selesai. Di era modern ini, banyak orang yang mengambil kesempatan dengan menjadi calo di segala urusan. Tanpa disadari, mereka bisa jadi meminta pembayaran lebih dengan berbagai alasan. Tapi akhirnya, kembali untuk kepentingan pribadi. Bukan tidak mungkin pula, mereka menyalahgunakan dokumen penting milik kita untuk sesuatu yang lain. Selain itu, muncul dampak negatif yaitu terputusnya informasi resmi dari lembaga keuangan terkait. Karena informasi yang diberikan calo kurang sesuai dan tidak akurat. Sehingga, memunculkan masalah lain. 

3.Pertimbangkan Waktu Jatuh Tempo Dan Besar Angsuran 

Sebelum melakukan pinjaman dengan agunan BPKB motor, alangkah baiknya kita mengestimasi terlebih dahulu antara besar pinjaman dengan jatuh tempo angsuran. Perkirakan semaksimal mungkin sesuai dengan kesanggupan kita untuk melunasi dalam tempo yang ditawarkan. Serta dengan besar angsuran yang ditentukan. Jangan sampai angsuran kita bermasalah di tengah jalan. Dan akhirnya jaminan kita yang harus disita sebagai ganti. Tentu sangat merugikan. Selain itu, kepercayaan lembaga keuangan pada kita akan menurun. Sehingga mempersulit untuk melakukan pinjaman di lain waktu. Untuk itu, pembayaran tepat waktu sangat penting. 

4. Ketahui Besar Bunganya 

Lebih baik tanyakan lebih awal tentang besar bunga atas pinjaman kita. Sehingga kita bisa memperkirakan pembayaran di kemudian hari. Karena pertimbangan ini juga perlu untuk memperlancar proses pembayaran angsuran nanti. Pastikan besar bunga sesuai dengan kemampuan kita membayar setiap bulan. Yaitu dengan membandingkan antara besar penghasilan serta angsuran. Jadi, kita tidak akan merasa terbebani. 

5. Cek Syarat-Syarat Meminjam Dengan BPKB Motor

Ketika melakukan pinjaman dengan BPKB motor, teliti syarat syarat yang harus dilengkapi. Seperti : foto copy Kartu identitas (KTP, SIM, paspor ) KK, surat nikah, STNK dan BPKB asli. Usahakan tidak ada dokumen berharga lain yang harus disertakan. Meskipun dengan alasan sebagai bukti pendukung atau apapun. Karena hal tersebut juga membuka peluang terjadinya penipuan atau kasus lain yang tidak diinginkan. Maka, kita harus waspada. 

 cari-kredit-DISITU-pilihanmu