avatardisplay_general
DISITU
15 Mar 2018

Pinjaman Bank Agunan Sertifikat, Prosedur Untuk Kamu

https://disituapi.azureedge.net/artikel/506 Pinjaman Bank Agunan Sertifikat Gini Prosedur yang Perlu Kamu Lalui.jpg

Kebutuhan yang mendesak tak jarang dialami oleh setiap orang, tidak terkecuali anda. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika anda memiliki tabungan yang mencukupi. Namun, jika tabungan tidak mencukupi maka pinjaman adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan. Alternatif pertama adalah meminjam kepada keluarga atau teman. Namun jika mereka tidak dapat diandalkan maka anda dapat memilih alternatif lain yaitu bank. Bank menyediakan berbagai produk layanan pinjaman. Anda dapat melakukan pinjaman dengan menjaminkan surat berharga atau bahkan tanpa jaminan. Tak sedikit orang yang memilih pinjaman bank agunan sertifikat. Ada banyak pilihan bank yang menawarkan pinjaman tersebut, salah satunya adalah BRI.

Pinjaman Bank Agunan Sertifikat

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank ternama miliki pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menerima pinjaman agunan sertifikat. Pinjaman ini dapat anda lakukan untuk setiap jenis pinjaman BRI asal anda dapat memenuhi syarat dan ketentuannya. Berikut produk pinjaman BRI yang dapat anda peroleh dengan agunan sertifikat.

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Produk ini adalah kredit program pemerintah yang ditujukan kepada pelaku usaha kecil dan menengah. Syarat dan ketentuannya yaitu harus memiliki usaha minimal 6 bulan aktif dan juga memiliki legalitas usaha. Ada macam jenis KUR yaitu

  • KUR Mikro (plafon Rp 25 juta)

  • KUR TKI (plafon Rp 25 juta)

  • KUR Ritel (plafon Rp 500 juta)

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA) BRI

Produk ini adalah salah satu pilihan pinjaman tanpa jaminan yang dapat dilakukan oleh siapa saja dengan syarat harus memiliki gaji tetap Rp 3 juta per bulan. KTA ini dapat anda gunakan untuk keperluan produktif maupun tidak produktif. Produk ini bernama BRIguna dan ada tiga macam produk, yaitu:

  • BRIguna Karya untuk karyawan

  • BRIguna Purna untuk pensiunan

  • BRIguna Umum untuk karyawan umum

3. Pinjaman Mikro, Kupedes BRI

Produk ini dapat anda gunakan jika anda tidak termasuk kriteria debitur KUR atau KTA BRI. Sasaran dari Pinjaman Mikro ini adalah mayarakat kelas bawah baik perorangan ataupun pengusaha kecil yang layak. Namun, untuk mendapatkan layanan pinjaman ini anda harus menggunakan jaminan. Jaminan bisa berupa sertifikat rumah atau tanak, BPKB motor/mobil.

Prosedur Pengajuan Pinjaman Bank Agunan Sertifikat

Berikut prosedur yang harus anda lakukan ketika mengajukan pinjaman bank dengan agunan sertifikat.

1. Melengkapi Persyaratan

Sebelum anda melakukan peminjaman maka anda harus menyiapkan persyaratan terlebih dahulu. Adapun syarat pinjaman dengan agunan sertifikat adalah sebagai berikut.

  • Fotokopi sendiri dan pasangan (jika sudah menikah)

  • Buku nikah suami dan istri (jika sudah menikah)

  • Fotokopi KK

  • Pas foto suami dan istri masing-masing 2 lembar ukuran 3 x 4 (jika sudah menikah)

  • Surat keterangan usaha dari kelurahan (jika memiliki usaha)

  • Sertifikat asli dan salinan yang digunakan sebagai jaminan

2. Datang Ke Kantor Cabang

Jika semua persyaratan anda sudah lengkap, selanjutnya anda dapat ke kantor cabang BRI terdekat dan hubungi bagian Customer Service (CS) untuk mendaftarkan pengajuan pinjaman anda. Selanjutnya pihak bank akan memberikan formulir untuk anda isi. Jika sudah selesai anda bisa menyerahkan formulir tersebut kembali disertai dokumen yang telah anda siapkan.

3. Pihak Bank Melakukan Survey

Jika anda sudah mengajukan pinjaman, maka bank akan menerima pengajuan dan melakukan survey mengenai barang yang dijaminkan dalam sertifikat anda, usaha, pekerja, dan lain sebagainya.

4. Menunggu Keputusan

Setelah bank melakukan survey, anda hanya menunggu keputusan pihak bank terhadap pengajuan dana anda (diterima atau ditolak). Proses ini membutuhkan waktu 3-7 jam kerja tergantung antrian.

5. Pencairan Dana

Jika pengajuan pinjaman disetujui maka pihak bank akan menghubungi anda. Anda akan diminta membawa materai 6000 sebanyak 6 lembar untuk menandatangani perjanjian kredit. Setelah itu, pinjaman dana anda akan cair beberapa jam setelah penandatanganan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu