avatardisplay_general
DISITU
15 Mar 2018

Pinjaman Bank Agunan Sertifikat Rumah, Ini Syaratnya

https://disituapi.azureedge.net/artikel/505 Pinjaman Bank Agunan Sertifikat Rumah Gini Syarat dan Nominal Peminjaman Dananya.jpg

Pinjaman bank agunan sertifikat rumah dapat dijadikan alternatif untuk memenuhi masalah keuangan anda. Pada umumnya, bank mengkategorikan pinjaman agunan sertifikat rumah sebagai kredit multiguna. Hal ini memiliki arti, meskipun pinjaman dapat digunakan untuk berbagai keperluan, peminjam tetap harus memberikan jaminan atau agunan kepada pihak bank.

Sebenarnya, pinjaman multiguna ini tidak hanya menerima sertifikat rumah sebagai jaminan. Anda dapat menggunakan alternatif lain seperti BPKB kendaraan (motor/mobil), sertifikat tanah, atau surat berharga yang lain. Hanya saja jika anda memang mengajukan pinjaman dana dalam jumlah cukup besar, anda sebaiknya menggunakan sertifikat rumah. Hal ini karena pihak bank akan menyesuaikan pinjaman dana dengan nilai barang yang akan anda gunakan sebagai jaminan. Jika anda mengajukan dana cukup besar namun anda menjaminkan BPKB motor tentu pengajuan pinjaman anda akan ditolak.

Syarat Memperoleh Pinjaman Bank Agunan Sertifikat Rumah

Salah satu bank yang diminati banyak orang untuk memperoleh pinjaman adalah Bank BRI. Bank ini juga mengeluarkan produk pinjaman multiguna. Anda bisa mendapatkan uang pinjaman Rp 50 juta hingga Rp 100 juta dengan menjaminkan sertifikat rumah anda.

Cara mengajukan pinjaman agunan sertifikat rumah di BRI hampir sama dengan bank lain. Hal yang perlu anda perhatikan adalah sertifikat rumah yang anda gunakan sebagai jaminan merupakan hak milik anda sendiri, tidak dalam sengketa, atau bermasalah seperti menunggak pajak.

Berikut beberapa persyaratan yang harus anda penuhi jika akan mengajukan pinjaman bank dengan menggunakan agunan sertifikat rumah.

  • Fotokopi KTP sendiri dan pasangan (jika sudah menikah)

  • Akta nikah suami dan istri (jika sudah menikah)

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

  • Foto suami dan istri ukuran 4 x 6 (masing-masing 2 lembar)

  • Surat keterangan usaha dari kelurahan (jika memiliki usaha)

  • Sertifikat rumah asli dan salinan

Jika sertifikat rumah yang anda jaminkan atas nama orang lain (orang tua atau saudara) maka anda wajib menyertakan fotokopi KTP dari pemilik sertifikat tersebut. Apabila pemilik sertifikat sudah menikah maka anda juga wajib menyertakan KTP milik pasangan tersebut. Sedangkan jika terdapat kesalahan cetak dalam sertifikat (misal : nama salah ) maka kalian bisa meminta surat keterangan beda nama dari kelurahan. Surat tersebut digunakan sebagai bukti bahwa nama yang tercantum dalam KTP adalah orang yang sama dengan nama yang tercantum dalam sertifikat.

Bunga Dan Nominal Pinjaman Dana

Bank pada umumnya akan membebankan bunga jika anda melakukan pinjaman. Bank BRI menetapkan bunga 9% - 12% untuk pinjaman satu tahun, 10% -14 % dengan jangka kredit dua tahun. Sedangkan untuk jangka waktu tiga tahun bunganya 15%. Semakin lama jangka waktu pelunasan pinjaman yang anda pilih maka akan semakin besar pula bunga yang dibebankan kepada anda. Oleh karena itu, sebaiknya anda melunasinya dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Anda juga dapat memilih cicilan yang disesuaikan dengan kemampuan finansial anda.

Jumlah pinjaman yang diberikan dengan menjaminkan sertifikat rumah disesuaikan dengan nilai rumah tersebut. Semakin besar nilai rumah maka semakin besar pula jumlah dana yang akan dicairkan. Bank BRI menetapkan persentase pinjaman maksimal 70% - 80% dari nilai jaminan.

Resiko Pinjaman Bank Agunan Sertifikat Rumah

Pinjaman dengan agunan sertifikat rumah memiliki risiko yang sangat besar bagi anda. Jika suatu hari nanti angsuran anda macet maka pihak bank akan memberikan surat peringatan. Namun, apabila setelah itu anda tetap tak mampu membayar angsuran maka pihak bank akan mengambil rumah yang anda jaminkan tersebut. Kondisi ini memang sudah menjadi resiko bagi anda. Akan lebih baik jika anda meminjam dana dengan kredit tanpa agunan (KTA). Selain itu, anda dapat memilih bank syariah sehingga pinjaman yang diberikan anda tidak dikenakan bunga.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu