16 March 2018 00:00

Pinjaman Bank Agunan Sertifikat Tanah,Ini Syaratnya lho

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/508 Pinjaman Bank Agunan Sertifikat Tanah Ini Syarat dan Ketentuan yang Kamu Harus Ketahui.jpg

Seperti yang kita ketahui bahwasannya di era yang sudah modern ini kebanyakan dari kita ingin mempunyai usaha sendiri. Hal itu dikarenakan tidak seimbangnya antara lowongan kerja yang tersedia dengan jumlah pelamar kerja di Indonesia. Tingginya tingkat pengangguran menyebabkan mereka berinisiatif untuk membuka peluang usaha sendiri dengan bekal yang telah dimiliki. Namun jangan khawatir karena dengan skill yang anda kuasai anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Bahkan untuk anda yang sudah bekerja dan berkeluarga namun merasa gaji kamu belum cukup untuk menghidupi kehidupan anda sekeluarga. Karena memang biaya hidup sangatlah besar, anda tetap berpeluang besar untuk membuka usaha sendiri. Namun bagaimana dengan modal membuka usaha baru? Jika anda mempunyai sertifikat tanah, jadikan sertifikat tanah tersebut sebagai agunan untuk meminjam uang pada bank-bank dengan bunga yang cukup ringan . Lantas apa saja syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman bank agunan sertifikat tanah. Anda  bisa simak pembahasannya di bawah ini.

Pinjaman Bank Agunan Sertifikat Tanah

Lembaga keuangan seperti bank memang menjadi peranan penting bagi masyarakat luas karena fungsi dasarnya sebagai sarana simpan-pinjam uang. Namun meskipun begitu bank di Indonesia mempunyai syarat dan ketentuan tersendiri agar pihak dari bank tersebut menyetujui pinjaman itu. Berikut syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman bank dengan agunan sertifikat tanah:

1. Fotokopi KTP

Syarat utama meminjam uang pada bank adalah kartu identitas diri seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk). Jika peminjam sudah menikah bisa juga disertakan fotokopi KTP suami beserta fotokopi KTP istri. Hal tersebut dilakukan agar kedua belah pihak mengetahui bahwa pasangan mereka hendak meminjam uang pada bank. Selain KTP, juga bisa dengan melengkapi kartu identitas lainnya seperti KK (Kartu Keluarga), Surat Nikah, dll.

2. Buku Tabungan

Hal ini bertujuan untuk memudahkan bank mengetahui tingkat finansial peminjam. Apakah si peminjam berpeluang untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau tidak. Biasanya bank yang bersangkutan akan meminta si peminjam melampirkan fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir.

3. Siapkan Kartu NPWP

Selain dokumen indentitas diri, bank juga akan meminta anda untuk melengkapi kartu NPWP. Lampirkan fotokopi kartu NPWP milik anda serta kartu NPWP yang asli sebagai cadangannya.

4. Pilih Bank Yang Tepat

Memilih bank yang tepat disini sangat penting sekali, karena hal itu berpengaruh cepat atau lambatnya dana pinjaman bisa dicairkan. Oleh karena itu pilihlah bank yang professional dan berkualitas. Disisi lain dengan memilih bank yang tepat, professional dan berkualitas akan membantu anda agar agunan bisa kembali tanpa kendala. Selain itu pilihlah bank dengan bunga yang ringan, agar tidak menjadi beban anda dalam membuka usaha.

5. Surat Agunan

Poin akhir yang tak kalah penting adalah kelengkapan surat agunan/jaminan yang akan diajukan kepada bank. Pertama, pertimbangkan dulu nominal yang akan anda ajukan kepada bank. Usahakan nominal tersebut sesuai dengan sertifikat yang anda jadikan jaminan. Karena salah satu syarat harta yang bisa dijadikan jaminan adalah harta tersebut sesuai dengan nominal yang akan anda pinjam. Jadi jaminan tersebut tidak boleh lebih rendah dari nominal yang akan anda dapat. Namun jika harta yang akan dijadikan jaminan nilainya lebih rendah dari nominal yang ingin anda pinjam pun masih bisa. Dengan syarat, anda bisa menambahkan harta lain sebagai jaminannya. Misalnya ditambah dengan jaminan sertifikat rumah, BPKB kendaraan, atau harta yang mempunyai nominal besar lainnya.

Itulah syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman bank agunan sertifikat tanah. Tentunya sekarang sudah mengerti apa saja yang harus anda persiapkan dalam meminjam uang pada bank. Dan perlu diingat bahwa anda sebagai peminjam mempunyai kewajiban untuk membayar pada bank.

 cari-kredit-DISITU-pilihanmu