13 February 2018 00:00

Pinjaman Bank Syariah dengan Agunan, Mudah Banget Lho!!

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/337.Pinjaman Bank Syariah dengan Agunan Mudah Banget.jpg

Mencari pinjaman bank syariah dengan agunan sertifikat rumah dengan bunga rendah merupakan pilihan terbaik dalam memenuhi kebutuhan yang sedang mendesak. Namun sering kali kita terjebak dengan penawaran pinjaman langsung cair dengan proses cepat dalam situasi yang kadang sulit untuk berpikir jernih. Akhirnya terpaksa memilih gadai sertifikat rumah di tempat yang kurang recomended. Padahal risiko dalam memilih pinjaman tanpa mempertimbangkan tingkat suku bunga adalah kesalahan yang fatal. Sebab penerapan suku bunga pinjaman yang tinggi akan menjadikan beban angsuran pinjaman per bulan. 

Pinjaman Bank Syariah Dengan Agunan Sertifikat Rumah

Dalam Bank syariah anda bisa mengajukan pinjaman berupa agunan sertifikat rumah. Mekanisme pengajuan pinjamannya adalah sebagai berikut :

Syarat Pengajuan Pinjaman

Selain melampirkan sertifikat rumah yang akan dijadikan agunan, terdapat dokumen pendukung lain yang akan dijadikan kelengkapannya. Yakni sebagai berikut:

a. Melengkapi Identitas Diri Sendiri Dan Keluarga

Hal ini seperti KTP sendiri, KTP Isteri, Kartu Keluarga (KK) dan surat nikah.

b. Surat Keterangan gaji

Bisa dibuktikan dengan surat keterangan slip gaji, ataupun surat keterangan dari atasan ataupun lampiran keuangan bagi seorang pengusaha.

c. Legalitas Agunan

Hal ini dapat berupa bukti PBB, kemudian IMB, SHM, serta SHGB.

d. NPWP

Kriteria Rumah Yang Dijadikan Agunan

Sebaiknya agunan berupa rumah adalah rumah yang layak huni, bukan rumah tua ataupun rumah yang kosong. Agunan juga tidak pada daerah yang rawan bencana seperti banjir dan gempa ataupun bencana lain. Kriteria lain adalah rumah terletak pada lokasi yang strategis, memiliki akses jalan yang mudah dan bukan termasuk rumah tusuk sate. Dan yang terpenting adalah agunan sudah bersertifikat atas nama sendiri. Jika agunan masih atas nama orang lain, maka, akan beda lagi prosedurnya.

Proses Pengajuan

Pengajuan pinjaman bank bank syariah dengan agunan bisa dilakukan langsung di setiap kantor cabang yang terletak di Indonesia. Dengan catatan pengajuan dilakukan sesuai dengan domisili anda. Jangan lupa membawa seluruh persyaratan dokumen yang dibutuhkan guna kelengkapan administrasi. Serta mengisi formulir pengajuan yang telah disediakan. Setelah itu akan dilakukan survei, untuk memastikan apakah agunan yang diajukan memang terpecaya dan tidak terdapat unsur kebohongan. Sehingga proses ini membutuhkan waktu yang sedikit lama. Survei dilakukan juga bertujuan untuk menaksir biaya yang akan dicairkan oleh pihak bank. Biaya tersebut diambil 80% dari taksiran agunan tersebut.

Cara Pembayaran

Pada umumnya peminjam secara otomatis akan menjadi nasabah Bank Syariah. Nasabah akan mendapatkan rekening yang akan digunakan sebagai penyaluran dana. Karena penyaluran yang dilakukan melalui rekening dinilai lebih aman dari pada penyaluran dengan langsung tunai. Cara pengembalian atau pembayaran secara cicilan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah di Bank syariah adalah sesuai dengan tabel angsuran yang telah diberikan oleh pihak Bank. Anda bisa membayar melalui teller,melalui transfer,maupun menggunakan sistem pembayaran otomatis ataupun dengan auto debet.

Gunakan Sesuai Dengan Kebutuhan Dan Bayar Angsuran Dengan Lancar

Meskipun besaran nilai pinjaman yang diberikan oleh bank syariah terhadap agunan sertifikat rumah memberikan kesesuaian nilai taksiran, akan tetapi sebaiknya sesuaikanlah dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang kita miliki. Karena tidak bisa diprediksi apakah dalam masa kredit lancar ataupun dalam masa sulit. Jika tidak lancar,  anda bisa dibebankan biaya tambahan atas keterlambatan tersebut, berupa sanksi telat bayar yang hal itu bisa membengkak. Jadi usahakanlah membayar angsuran tepat setiap bulan.

Jika memang kebutuhan finansial kita mengalami masa sulit, sedangkan disisi lain kebutuhan semakin mendesak, hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Terdapat solusi tepat dengan melakukan pinjaman bank syariah dengan agunan, yang jelas sebelum melakukan pinjaman tersebut tentu perhatikan pula dengan kemampuan yang dimiliki. Dan anda bisa mengajukan pinjaman dalam jumlah besar dengan sistem agunan tersebut.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu