14 February 2018 00:00

Pinjaman Bebas Riba, Bisa Untuk Modal Usaha Anda Yuk Simak

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/350 Pinjaman Bebas Riba Bisa Untuk Modal Usaha Anda.jpg

Ketika seseorang ingin memulai sebuah usaha pasti yang akan terpikirkan pertama kali adalah modal. Tanpa modal, sebuah usaha tidak akan berjalan lancar. Modal usaha harus sebanding dengan jenis usaha yang akan dirintis. Semakin besar usaha semakin besar pula modal yang dibutuhkan. Bahkan untuk memulai sebuah usaha anda tidak segan mencari pinjaman ke koperasi maupun bank. Namun, juga tidak sedikit orang yang bertanya untuk mendapatkan trik pinjaman bebas riba. Tentu artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan dari anda.

Sebenarnya mencari modal usaha tidaklah susah. Kini banyak cara untuk mendapatkan modal usaha yang lebih kreatif tanpa melalui bank. Memang tidak terpungkiri bahwa bank merupakan tempat mencari modal usaha yang cepat dan mudah. Namun, kebanyakan orang takut untuk mengajukan pinjaman usaha ke bank karena riba yang ditawarkan sangat tinggi. Jumlah riba bank sendiri tergantung pada uang yang dipinjam.

Pinjaman Bebas Riba Untuk Modal Usaha Anda

Bagi anda yang bingung mencari pinjaman bebas riba untuk modal usaha, ada baiknya jika anda menyimak trik-trik pada artikel ini hingga selesai. Insya Allah akan memberikan solusi terbaik untuk mendapatkan pinjaman bebas riba yang anda inginkan.

1. Meminjam Dari Sahabat Atau Keluarga

Meminjam uang tidak harus ke lembaga keuangan, anda bisa mencoba mendapatkannya dari orang terdekat seperti sahabat atau keluarga. Mereka yang dekat dengan anda tentu akan mengenal anda lebih dalam dan melihat kesungguhan anda dalam memulai sebuah usaha. Meskipun mereka sahabat atau keluarga dekatmu namun ketika meminta pinjaman uang jangan sekali-kali anda menggunakan cara kasar. Usahakan untuk meminjam uang dengan cara yang halus, sehingga mereka yakin dan mau memberikan pinjaman modal kepada anda.

2. Pegadaian Syariah

Jika anda merasa malu untuk meminjam uang kepada sahabat atau keluarga, anda bisa mencoba meminjam uang ke pegadaian syariah. Pegadaian syariah tidak akan memberikan bunga atas pinjaman yang diberikan. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya administrasi, biaya pemindahan barang, dan biaya jaminan atas barang yang digadaikan. Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menyerahkan identitas diri seperti KTP maupun paspor serta dokumen kepemilikan seperti BPKB jika barang yang digadaikan berupa kendaraan.

Akad yang digunakan untuk transaksi semacam ini adalah akad Rahn dan Ijarah. Kelebihan meminjam di pegadaian syariah ialah anda akan mendapatkan dana secara tunai tanpa harus membuka rekening di bank. Barang yang digadai tentu akan tersimpan aman, serta nominal kredit hanya mulai dari Rp 50.000,- hingga kurang lebih Rp 200.000.000,- masa pengembalian paling lama 120 hari atau 4 bulan. Prosedurnya juga sangat mudah dan cepat, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja anda bisa mendapatkan pinjaman modal tunai tanpa riba.

3. Bank Syariah

Tidak semua bank menerapkan sistem bunga atas pinjaman yang diberikan. Salah satu bank yang tidak menerapkannya adalah bank syariah. Dilihat dari namanya saja bank ini tentu menggunakan sistem Islami, bebas riba atas berbagai transaksi dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Akad bagi hasil yang digunakan untuk transaksi pinjaman di bank syariah. Jumlah bagi hasil berbeda-beda tergantung dari kesepakatan. Selain meminjam uang, anda juga bisa membeli barang. Maksudnya, anda bisa membeli barang melalui pihak bank yang nantinya anda cicil. Transaksi ini mirip dengan jual beli kredit yang mana pihak penjual adalah bank syariah sedangkan anda merupakan pembelinya.

4. Pinjam Ke Kantor

Cara yang selanjutnya adalah meminjam uang ke tempat anda bekerja. Hal ini tentu saja berlaku untuk karyawan yang sudah lama bekerja dan dipercaya oleh atasan. Meminjam uang ke kantor sangat simpel, karena cicilan akan dipotong dari gaji anda setiap bulannya. Pinjaman ini tidak ada bunganya namun biasanya harus lunas dalam waktu dekat.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu