DISITU
13 Feb 2018

Pinjaman Berbasis Syariah,Ini 5 Manfaat Akan Kamu Dapatin!

https://disituapi.azureedge.net/artikel/339.Pinjaman Berbasis Syariah Ini Manfaatnya.jpg

Indonesia termasuk salah satu negara yang menganut dual sistem keuangan dalam perekonomiannya, yaitu sistem keuangan konvensional dan sistem keuangan syariah. Sistem keuangan syariah mulai diterapkan di Indonesia sejak awal dekade 1990an. Sejak penerapan ini banyak bermunculan lembaga keuangan syariah seperti bank syariah, pegadaian syariah, reksa dana syariah, dan asuransi syariah. Lembaga keuangan syariah ini beroperasi dengan menggunakan prinsip-prinsip syariah. Banyak fasilitas yang bisa diberikan oleh lembaga keuangan syariah ini, diantaranya adalah pinjaman berbasis syariah. Berbeda dengan bank konvensional yang menggunakan sistem bunga, pinjaman berbasis syariah menggunakan sistem bagi hasil dalam aktivitasnya.

Manfaat Pinjaman Berbasis Syariah

Banyak sekali jenis pinjaman yang bisa dilakukan berdasarkan prinsip syariah. Pinjaman-pinjaman tersebut bisa dilakukan berdasarkan akad dan tujuan penggunaannya. Selain itu, banyak manfaat yang dapat kita ambil ketika melakukan pinjaman berbasis syariah.

Berikut ini adalah manfaat pinjaman uang dari lembaga keuangan syariah.

1. Mengedepankan Prinsip-Prinsip Syariah Islam

Penerapan skema bunga dan pandangan mengenai ketidakpastian risiko dalam transaksi keuangan merupakan perbedaan mendasar antara sistem keuangan konvensional dengan sistem keuangan syariah. Skema bunga digunakan oleh sistem keuangan konvensional dalam menghimpun dan menyalurkan dananya. Sedangkan skema bagi hasil, skema sewa, dan skema jual beli digunakan oleh sistem keuangan syariah dalam menghimpun dan menyalurkan dananya.

Apabila pada lembaga keuangan konvensional transaksi pinjam-meminjam menggunakan akad murni yang bersifat komersial, pada lembaga keuangan syariah transaksi pinjam meminjam dilakukan dengan tujuan sosial yang sesuai dengan prinsip-prinsip muamalah. Tentunya bagi mereka yang beragama Islam akan lebih tenang apabila melakukan transaksi yang berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah Islam.

2. Bermacam-Macam Produk Yang Ditawarkan

Walaupun dijalankan dengan menggunakan prinsip syariah, bukan berarti lembaga keuangan syariah hanya diperuntukkan bagi kaum Muslim saja. Bagi mereka yang menganut agama selain Islam juga dapat memanfaatkan produk yang diberikan oleh lembaga keuangan syariah.

Bermacam-macam produk yang ditawarkan oleh lembaga keuangan syariah, baik untuk keperluan pinjam-meminjam, jual beli, bagi hasil, jasa, dan juga sewa. Selain itu, Anda juga bisa memilih akad Rahn yang ada dalam produk pegadaian syariah. Akad ini menggunakan prinsip barang jaminan ketika Anda hendak meminjam uang.

3. Menjunjung Tinggi Efisiensi, Keadilan, Dan Kebersamaan

Dalam lembaga keuangan syariah, proses penghimpunan dan penyaluran dana dilakukan dengan menggunakan beragam akad yang sangat mengedepankan prinsip efisiensi, keadilan, dan kebersamaan.

Akad bagi hasil, akad jual beli, akad nonprofit, akad sewa, dan akad gadai merupakan akad yang terkait dengan penyaluran dana. Sedangkan akad bagi hasil dan akad penitipan merupakan akad yang digunakan untuk penghimpunan dana.

Nilai-nilai efisiensi, keadilan dan kebersamaan yang dijunjung tinggi oleh lembaga keuangan syariah membuat layanan transaksi disini dinilai lebih nyaman. Nasabah akan mendapatkan layanan dengan sistem akad yang jelas.

4. Halal

Pinjaman yang diberikan oleh lembaga keuangan syariah pastinya lebih terjamin kehalalannya karena dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Seperti yang kita ketahui, penggunaan bunga adalah termasuk riba yang diharamkan dalam Islam.

5. Zakat

Tidak hanya mendapat pinjaman uang, Anda juga bisa sekaligus berzakat ketika meminjam uang di lembaga keuangan syariah. Hal ini dikarenakan setiap keuntungan yang didapatkan, sebesar 2,5% dari keuntungan tersebut akan dikeluarkan sebagai zakat.

Itulah informasi tentang manfaat dari pinjaman berbasis syariah yang bisa Anda dapatkan. Pinjaman berbasis syariah bisa Anda jadikan sebagai solusi terbaik untuk mendapatkan pinjaman uang yang halal dan bisa mendatangkan pahala.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu