avatardisplay_general
DISITU
15 Dec 2017

Pinjaman Dana Non Bank Bagi Karyawan?Begini caranya

85.pinjaman dana non bank bagi karyawan

Pada saat ini di mana teknologi semakin maju maka sumber pinjaman dana semakin beragam. Siapa saja terutamanya para karyawan bisa mendapatkan pinjaman pada beberapa pihak selain bank. Anda hanya perlu menyesuaikan antara kebutuhan dan kemampuan anda dalam mencari pinjaman dana. Bagi anda seorang karyawan dan sedang mencari pinjaman dana non bank bagi karyawan, begini caranya.

Pinjaman Dana Non Bank Bagi Karyawan, Begini Caranya

1. Pinjaman Online

Jika biasanya orang perkotaan atau pedesaan akan mencari dana di bank yang membutuhkan syarat yang banyak. Maka bagi anda yang berprofesi sebagai  karyawan dan sedang mencari pinjaman dana non bank anda bisa mendapatkannya dengan mencari pinjaman online. Kini pinjaman online semakin berkembang, bahkan situs yang memfasilitasi pinjaman online terus bertambah. Pinjaman satu ini tergolong mudah dan prosesnya sangat cepat. Anda bisa mengajukan pinjaman hanya lewat media internet dan dilakukan di rumah. Bunga yang ditawarkan pinjaman online lebih rendah dibandingkan bunga dari rentenir karena di awasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

2. Crowdlending

Crowdlending atau peer to peer lending adalah kumpulan kreditur individual via online. Biasanya dana ini dipakai untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha. Anda bisa mencari beberapa situs yang menjadi wadah crowdlending di internet. Tentunya setiap situs menawarkan bunga dan tenor yang beraneka macam tergantung kebijakan dari setiap situs yang anda pilih. Bahkan terdapat beberapa situs yang menawarkan bunga 0%, sehingga anda hanya perlu melunasi uang senilai dengan jumlah yang anda pinjam. Namun itu hanya berlaku bagi anda karyawan dan pelaku bisnis UMKM saja. Oleh karena itu anda harus teliti dan cermat memilih situs tujuan anda.

3. Crowdfunding

Crowdfunding mirip dengan crowdlending yang telah dijelaskan sebelumnya, hal yang membedakan hanyalah dana yang disediakan digunakan untuk investasi atau untuk donasi. Sehingga dana yang dipinjamkan tidak perlu dikembalikan dan tidak memiliki bunga. Tujuan utama dari crowdfunding  adalah untuk kegiatan usaha baik bisnis maupun sosial. Dan tidak diperuntukkan untuk kebutuhan individu misalnya untuk renovasi rumah, membeli barang elektronik dan lainnya. Sebagai penyedia dana online, mereka akan lebih dihargai jika menjadi sponsor usaha yang bersifat sosial.

4. Koperasi

Salah satu tempat pinjaman dana non bank bagi karyawan yang bisa dituju adalah koperasi. Koperasi merupakan salah satu lembaga keuangan yang memberikan fasilitas simpan pinjam untuk para anggotanya. Berbeda dengan pinjaman di bank, pinjaman koperasi memiliki bunga yang lebih rendah. Koperasi menyediakan pinjaman dana mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah dengan jangka waktu yang cukup lama. Jadi tidak salah jika anda mencari pinjaman dana di koperasi terdekat di lingkungan anda. namun kini koperasi memberikan syarat bagi siapa pun yang akan meminjam harus memberikan BPKB kendaraan bermotor milik mereka atau sertifikat tanah sebagai jaminan.

5. Pegadaian

Lembaga keuangan selanjutnya yang dapat anda tuju ketika mencari pinjaman dana non bank bagi karyawan adalah pegadaian. Sama seperti dengan koperasi, di pegadaian anda bisa mendapatkan pinjaman dana asal membawa jaminan barang yang berharga. Misalnya seperti emas, barang elektronik, kendaraan bermotor dan lainnya. Anda tinggal membawa identitas diri seperti KTP dan SIM, kemudian membawa barang yang akan dijaminkan. Bunga di pegadaian cukup rendah dan anda bisa melakukan perpanjangan masa gadai jika pada waktu yang telah disepakati anda belum bisa menebus barang jaminan.