avatardisplay_general
DISITU
08 Mar 2018

Pinjaman Tanpa Bunga, Bikin Kamu Terhindar dari Riba

https://disituapi.azureedge.net/artikel/468 Pinjaman Dana Tanpa Bunga Bikin Kamu Terhindar dari Riba.jpg

Dalam konteks syariah (hukum islam) riba merupakan salah satu hal yang termasuk dalam dosa besar. Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam tentu banyak yang ingin menghindari Riba namun dalam prakteknya masih banyak masyarakat yang bingung dengan praktik riba tersebut dalam kehidupan sehari – hari khususnya yang terkait dengan transaksi perbankan. Oleh karena itu informasi mengenai pinjaman dana tanpa bunga sangat penting. Riba secara bahasa bermakna tambahan atau meminta uang lebih dari nilai uang awal. Secara lebih spesifik lagi riba adalah meminta tambahan uang dari pinjaman awal baik dalam transaksi jua beli maupun pinjam meminjam yang bertentangan dengan prinsip syariat islam.   Dalam hal ini pinjam meminjam atau jual beli tersebut termasuk kategori transaksi yang haram , misalnya si A memberi pinjaman kepada si B, dengan syarat si B harus mengembalikan uang pokok pinjaman beserta sekian persen tambahannya.

Tempat Pinjaman Dana Tanpa Bunga dan Riba

Untuk melakukan Pinjaman Tanpa Bunga anda harus tahu dimana tempat Pinjaman Tanpa Bunga atau pinjaman mana yang tidak mengandung bunga agar tidak salah alamat. Ada beberapa macam tempat penyedia Pinjaman Tanpa Bunga yang bisa anda datangi. Berikut daftarnya :

1. Bank Syariah Indonesia

Pilihan pertama mencari Pinjaman Tanpa Bunga paling mudah adalah melalui Bank Syariah. Di indonesia sudah banyak bank – bank syariah yang siap menampung permintaan pinjaman anda. Terlebih indonesia sebagian besar rakyatnya adalah muslim tentu bank syariah tumbuh subur. Ada Bank BRI Syariah, Mandiri Syariah, BNI Syariah, BCA Syariah dan bank syariah lainnya. Setiap Bank memiliki produk pinjaman syariah berbeda – beda, kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

2. Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Koperasi Simpan Pinjam Syariah yang disingkat KSP Syariah pada intinya sama dengan Bank Syariah dalam menyediakan produknya, dimana ada akad – akad yang sama namun secara pelaksanaan kerja, KSP Syariah tetaplah sebagai koperasi bukan Bank Syariah. Salah satu perbedaannya adalah KSP Syariah milik kelompok dan skalanya lebih kecil. Berbeda dengan bank yang umumnya skalanya lebih besar.

3. Pegadaian Syariah

Lembaga non bank lainnya yang menyediakan pinjaman dana tanpa bunga adalah Pegadaian Syariah. Selama ini pegadaian dikenal dengan tempat yang melayani berbagai bentuk gadai barang untuk mendapatkan pinjaman. Anda bisa menggadaikan berbagai barang yang anda miliki jika anda benar – benar membutuhkan uang mendesak. Barang yang bisa digadaikan adalah barang yang bergerak (motor dan mobil), barang elektronik (laptop, hp, kamera), dan emas. Kita bisa menggadaikan sesuai barang yang telah disebutkan dialenia sebelumnya, namun untuk gadai sertifikat, rumah, tanah dan bangunan, pegadaian syariah belum bisa menerimanya. Sebab tanah, bangunan adalah bukan termasuk benda – benda yang bisa dijadikan investasi.

4. Kartu Kredit

Sebenarnya kartu kredit juga bisa memberikan fasilitas Pinjaman uang Tanpa Bunga. Syaratnya anda melunasi pinjamannya sebelum tanggal jatuh tempo. Misalnya anda menggunakan kartu kredit sebesar RP. 2.000.000 untuk belanja bulanan, di pertengahan bulan saat anda sedang tidak ada uang, setelah gajian, anda membayar penuh tagihan tersebut. Pelunasan transaksi itu harus dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo agar anda tidak terkena bunga dan denda. Pilihlah kartu kredit terbaik sesuai kebutuhan.

5. Pinjaman Dari Teman, Kerabat, atau Keluarga

Pinjaman dari sanak saudara memungkinkan anda terhindar dari pinjaman riba. Namun sebelum melakukan pinjaman sebaiknya terlebih dahulu melakukan persetujuan dari kedua belah pihak,  pastikan saudara anda mampu dan ikhlas memberikan pinjaman tanpa bunga kepada anda. Tapi biasanya kita akan merasa tidak enak jika meminjam kepada sanak saudara karena sering bertemu, dan jika kebetulan kita belum bayar maka kita akan merasa tidak enak dan merasa canggung apalagi kalau sudah ditagih dan tidak dibayar – bayar, kebanyakan orang akan menghindar agar tidak ketahuan. Tapi sebaiknya jika kita belum bisa bayar datangilah dan berkata jujur, insyaallah saudara anda akan mengerti.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu