23 February 2018 00:00

Pinjaman Gadai Sertifikat Rumah,Kiat Pintar Pengajuannya

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/394 Pinjaman Gadai Sertifikat Rumah Gini Kiat Pintar Pengajuannya.jpg

Pinjaman bank secara garis besar terbagi menjadi dua macam, kredit tanpa agunan dan kredit multiguna. Kredit tanpa agunan adalah layanan yang menyediakan pinjaman tanpa menggunakan jaminan. Nasabah dapat langsung menerima pinjaman tanpa harus menyerahkan barang atau sertifikat terlebih dahulu. Sedangkan kredit multiguna atau biasa disingkat KMG adalah layanan pinjaman yang mensyaratkan bagi para nasabah untuk menyerahkan barang atau aset berharga mereka terlebih dahulu sebelum mendapatkan pinjaman. Aset yang mereka serahkan dapat berupa rumah, emas, motor, mobil, tanah dan lain sebagainya. Keunggulan dari pinjaman ini dibanding kredit tanpa agunan adalah bunga yang diberikan cenderung lebih kecil. Nasabah dapat memperoleh kredit yang lumayan besar dengan bunga yang kecil dari pinjaman gadai sertifikat rumah misalnya.

Pinjaman ini terbilang pinjaman yang mudah dan cukup diminati oleh nasabah. Selain karena menjanjikan kredit yang cukup besar, bisa lebih dari 50 juta dan bunga yang diberikan oleh pinjaman ini juga tergolong ringan karena termasuk kredit multiguna.

Kiat Mengajukan Pinjaman Gadai Sertifikat Rumah

Ada beberapa kiat untuk mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah, antara lan sebagai berikut:

1. Pilih Bank Yang Memberikan Bunga Relatif Ringan

Bunga yang diberikan oleh beberapa bank biasanya tidak terlalu jauh berbeda. Sebaiknya anda memilih bank yang menyediakan bunga yang relatif lebih ringan. Namun anda jangan terkecoh dengan istilah bunga yang paling ringan.

2. Dapatkan Rekomendasi Dari Orang Yang Sudah Berpengalaman

Bank yang hendak anda gunakan untuk kredit hendaknya memiliki reputasi yang bagus di dunia perbankan maupun di khalayak umum. Dalam hal ini ada baiknya jika anda meminta rekomendasi dari orang-orang yang berpengalaman dalam hal pinjaman tersebut. Pada umumnya bank seperti ini memiliki nasabah yang banyak dan mempunyai sistem yang profesional

3. Bandingkan Tiap Bank Yang Anda Pilih

Setelah anda mendapatkan rekomendasi sejumlah bank dari beberapa nasabah berpengalaman, bandingkan dan pilih bank yang memiliki reputasi yang bagus. Bank seperti ini yang biasanya akan bertahan dalam berbagai gejolak ekonomi. Bank tersebut juga sudah beroperasi sejak lama dan bertahan hingga saat ini. Artinya bank tersebut sudah berpengalaman selama bertahun-tahun.

4. Tentukan Besaran Pinjaman Yang Anda Butuhkan

Setelah data dan informasi terkumpul, sekarang waktunya anda menentukan kisaran pinjaman yang anda butuhkan. Pastikan berapa nilai jual rumah yang akan anda jadikan agunan.

5. Gunakan Sertifikat Anda Dengan Bijak

Pinjaman gadai jenis ini memang menjadi pilihan yang tepat digunakan dalam keadaan terdesak. Anda juga harus berhati-hati dalam pengembalian pinjaman. Jangan sampai kondisi finansial anda menjadi terbebani, yang akhirnya menyebabkan usaha anda  menjadi terhenti. Lebih parahnya dapat menyebabkan penyitaan tempat tinggal anda. Jangan sampai anda masuk daftar hitam bank, karena anda tidak dapat mengajukan pinjaman lagi di masa mendatang.

6. Bekerja Keras Mengembalikan Pinjaman

Jika pinjaman uang sudah ada di tangan anda, maka kini saatnya anda bekerja keras untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Anda juga dapat meminjam di tempat lain jika anda mampu lebih bekerja keras dan menghasilkan penghasilan yang dobel. Hal ini yang banyak berujung pada kasus bank menyita rumah mereka Jika anda percaya dapat melakukannya, silahkan ambil resiko tersebut. Akan tetapi jika anda kurang yakin maka sebaiknya anda tanggalkan rencana tersebut.

Demikian beberapa kiat yang sebaiknya anda perhatikan sebelum  mengajukan pinjaman gadai dengan sertifikat rumah. Dengan memahami kiat-kiat tersebut anda tidak akan bingung lagi mengenai apa yang yang harus anda lakukan sebelum dan sesudah menerima pinjaman. Dan terakhir, semoga anda menjadi peminjam yang cerdas.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu