avatardisplay_general
DISITU
19 Jan 2018

Pinjaman Pribadi Perorangan, Cara Agar Tepat Sasaran!

https://disituapi.azureedge.net/artikel/201.pinjaman pribadi perorangan Gini Cara Agar Tepat Sasaran.jpg

Setiap manusia mempunyai kebutuhan masing-masing, sesuai dengan kebiasaan sehari-harinya. Tapi dengan melihat perkembangan zaman saat ini menjadikan kebutuhan manusia semakin meningkat, sedangkan dari sisi keuangan banyak yang tidak memadai. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan, mau tidak mau pastinya mereka akan cari jalan pintas dengan cara melakukan pinjaman pribadi perorangan. Ada beberapa hal terkait cara bermain pinjaman pribadi agar pinjaman yang dilakukan bisa bemanfaat.

Manfaat disini tidak hanya sebatas bisa terpenuhinya kebutuhan, melainkan bagaimana pinjaman tersebut bisa lebih produktif. Dengan melihat keadaan zaman, yang membuat manusia semakin komsumtif. Oleh karenanya, dalam artikel ini akan disediakan terkait cara-cara yang harus diperhatikan dalam pinjaman pribadi.

Cara Bermain Pengajuan Pinjaman Pribadi

Sebelum kita benar-benar memutuskan untuk mengambil langkah dengan pinjaman, akan lebih baik jika dilakukannya filter terlebih dahulu. Filter disini dimaksudkan agar pinjaman itu tepat sasaran. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Pastikan Besaran Bunga yang Harus Dikeluarkan

Sebagai nasabah, anda harus teliti dan paham terkait bunga yang dibebankan. Terkadang jika di awal tidak dipastikan bunganya, di akhir periode akan terjadi kesalahpahaman.

Perlu diketahui juga, bahwasannya semakin banyak pinjaman maka semakin banyak pula bunga yang dibebankan. Seperti kalanya bunga pada bank. Apabila semakin besar bunga tabungan, maka semakin besar pula bunga yang dibebankan pada pinjaman.

  1. Usahakan Jangan Melakukan Pinjaman Uang ke Rentenir

Saat ini sudah banyak hadir lembaga atau perusahaan yang menyediakan pinjaman seperti bank, koperasi simpan pinjam, dan sebagainya. Sebelum anda melakukan pinjaman, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu latar belakang lembaga tersebut.

Jangan melanjutkan pinjaman ke lembaga yang tidak memberitahu beban bunga diawal kesepakatan. Karena sistemnya akan mengarah seperti rentenir, yang tiba-tiba akan menarik bunga lebih di tengah berjalannya pinjaman.

  1. Penuhi dan Pahami Semua Persyaratan dari Pihak Pemberi Pinjaman

Pihak pemberi pinjaman biasanya akan memberikan persyaratan untuk dipenuhi peminjam. Seperti tanda identitas sebagai WNI, batas umur, batas minimal UMR, dan lain-lain.

Dan setelah itu peminjam akan diberikan persyaratan khusus sesuai dengan kebijakan lembaga tersebut. Dan pada persyaratan ini anda harus benar-benar memahaminya. Jika ada yang terasa janggal, segera tanyakan kepada petugasnya.

Cara Bermain Pinjaman Pribadi Agar Tepat Sasaran

Setelah berhasil proses pinjaman/ kredit, akan lebih tepatnya jika pinjamannya bisa tepat sasaran. Dari pihak pemberi pinjaman biasanya menawarkan dengan kartu kredit. Berikut adalah cara bermain pinjaman pribadi agar tidak terjadi kredit macet:

  1. Hindari pinjaman/ kredit untuk barang yang konsumtif

Sebagai kodratnya, manusia tidak akan menemukan titik kepuasan. Jadi rasa untuk memiliki akan selalu ada sampai keinginan akan benar tercapai. Tapi kembali ke awal, hasil pinjaman akan lebih berguna jika digunakan untuk barang yang bermanfaat.

Dengan mengurangi barang komsumtif akan membantu untuk memanfaatkan pinjaman. Misalnya digunakan sebagai modal usaha, investasi, dan untuk hal-hal yang mendesak.

  1. Usahakan untuk tidak melakukan pinjaman diatas perkiraan kemampuan

Tidak ada salahnya sebelum melakukan pinjaman, memperkirakan kemampuan mengembalikan. Kalau memang sekiranya tidak mampu mengembalikan cicilan dengan waktu yang telah ditentukan, maka lakukan dengan mengambil sedikit pinjaman dahulu. Hal tersebut bertujuan agar anda sebagai peminjam tidak terlalu berat untuk menutupi bunga yang dibebankan.

  1. Prioritaskan pendapatan untuk pembayaran cicilan

Cicilan adalah hutang dan berkewajiban membayarnya. Jika mendapatkan penghasilan lebih, sisihkan untuk membayar cicilan. Jangan di tunda-tunda, karena rejeki manusia tidak ada yang tau. Semakin sering diprioritaskan, maka semakin cepat pula terbayarnya cicilan.

 

Berikut adalah cara bermain pinjaman pribadi, mulai dari kewaspadaan di awal pinjaman hingga menggunakan pinjamannya. Jadi jangan khawatir bagi anda yang financialnya lagi terganggu, masih ada lembaga-lembaga yang menerima layanan pinjaman. Seperti bank, koperasi simpan pinjam, pegadaian, investree, dan lain sebagainya.

 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu