14 February 2018 00:00

Pinjaman Syariah Bank,Yuk Kita Kenali Lebih Dalam Ulasannya

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/347 Pinjaman Syariah Bank Yuk Kita Kenali Lebih Dalam.jpg

Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki mayoritas penduduk yang beragama Islam. Dalam islam diatur bahwa menjalankan usaha dengan jual beli sangat diperbolehkan asalkan tidak mengandung riba. Riba merupakan suatu tambahan yang diminta pada sesuatu yang dihutangkan. Namun bagi Anda yang akan menjalankan usaha yang tentunya membutuhkan suatu modal terkadang bingung untuk melakukan pinjaman. Karena banyak instansi yang menggunakan sistem riba dalam memberikan pinjaman. Hal demikian membuat Anda yang menganut ajaran Islam seringkali merasa gundah antara menuruti ajaran islam atau terpojok karena mendesaknya modal. Anda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini terdapat layanan pinjaman syariah bank yang akan membantu Anda dalam memberikan pinjaman. Dengan melakukan peminjaman syariah Anda tidak akan lagi cemas karena sistemnya tidak menggunakan riba. Jika demikian Anda dapat menjalankan bisnis Anda dengan lega melalui peminjaman syariah.

Tahukah Anda Perbedaan Pinjaman Syariah Bank Dengan Konvensional?

Pada umumnya melakukan peminjaman dengan sistem syariah maupun konvesional memiliki persamaan. Persamaannya yaitu pihak bank sama-sama memberikan memberikan dana kepada nasabah yang memiliki kebutuhan mendesak yang perlu segera diselesaikan. Selain itu penerimaan uang, sistem transfer, persyaratan peminjaman modal juga sama. Namun pada dasarnya peminjaman syariah bank dan peminjaman konvensional memiliki perbedaan yang tegas meski tidak begitu tampak jelas. Perbedaan itu terletak pada akad peminjaman dan tingkat legalitasnya. Faktor penting inilah yang menyebabkan terjadinya perbedaan antara peminjaman syariah dengan konvensional.

Mengapa Lebih Memilih Pinjaman Syariah Daripada Konvensional?

Dalam suatu pengajuan peminjaman tentunya terdapat perjanjian yang harus disepakati oleh kedua belah pihak. Perjanjian antara kedua belah pihak tersebut dinamakan akad. Dalam islam diajarkan bahwa dalam melakukan kesepakatan harus dilandasi dengan kehalalan. Hal ini seperti sewa menyewa, bagi hasil dan melakukan jual beli tanpa diiringi dengan riba. Riba merupakan istilah yang seringkali didengar dengan nama bunga. Pada bank konvensional baik melakukan pinjaman dengan agunan maupun non agunan selalu dibebankan bunga tertentu yang harus dibayarkan lebih dari jumlah yang dipinjam. Hal ini tentunya akan memberatkan seseorang yang akan melakukan peminjaman.

Dalam ajaran islam praktik riba sangat tidak dianjurkan. Oleh karena itu pada peminjaman syariah bank tidak diberlakukan sistem riba atau bunga. Sebagai pengganti bunga bank syariah melakukan sistem bagi hasil keuntungan antara pihak peminjam dan yang memberikan pinjaman. Sistem bagi hasil dilakukan pada kesepakatan awal antara kedua belah pihak yang jumlahnya berdasarkan keputusan bersama. Sehingga keduanya sama-sama diuntungkan karena tidak ada yang dipaksakan. Selain itu bank syariah struktur organisasinya berada dibawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi karena tidak akan ada dana yang diselewengkan.

Beberapa Pinjaman Syariah Bank

1. BNI Syariah

Pada BNI syariah peminjaman ditujukan pada kebutuhan pembiayaan pada jenis-jenis usaha produktif. Terdapat tiga kategori produk yang ditawarkan mulai dari pembiayaan mikro, usaha kecil menengah dan pinjaman pribadi.

2. BRI Syariah

BRI syariah juga memberikan fasilitas Anda dalam melakukan empat macam peminjaman seperti pembiayaan auto, mikro, SME dan pembiayaan koperasi.

3. Bank Syariah Mu’amalah

Bank Syariah Mu’amalah merupakan bank syariah yang pertama kali ada di Indonesia. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan dalam bank syariah mu’amalah. Produk tersebut seperti pembiayaan umrah, pembiayaan mutiguna dan sebagainya.

4. Bank Syariah Bukopin

Pada Bank Syariah Bukopin terdapat beberapa pilihan akad peminjaman yang dapat dipilih oleh nasabah. Akad tersebut seperti musyarakah, murabahah, mudharabah, muqaadah dan sebagainya.

5. BCA Syariah

BCA syariah mulai beroperasional sejak tanggal 2 Maret 2010 dengan memberikan layanan produk seperti pembiayaan investasi IB, UMKM, KPR iB, KKB iB serta pinjaman kerja. Selain itu juga terdapat layanan perbankan.

Demikianlah artikel yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan adanya beberapa informasi tersebut dapat menambah wawasan Anda dalam menentukan peminjaman modal yang tepat.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu