avatardisplay_general
DISITU
20 Feb 2018

Pinjaman Syariah Tanpa Agunan atau Pinjaman KTA

370 Pinjaman Syariah Tanpa Agunan atau Pinjaman KTA Konvensional.jpg

Di negara kita ini yaitu negara Indonesia mayoritasnya penduduknya adalah muslim, yang dimana kehidupannya dilandasi dengan hukum islam. Dimana kredit masih sesuatu yang jarang di kalangan kita, berbeda dengan orang barat yang hampir seluruhnya memiliki kartu kredit untuk membayar kebutuhan setiap harinya. Kali ini bank syariah membuat terobosan baru untuk anda yang ingin membuka kartu kredit dengan landasan hukum islam, yaitu dengan pinjaman syariah tanpa agunan. KTA syariah berbeda dengan bank konvensional yang cenderung perhitungan dengan masalah bunga maupun riba.

1. Sistem Peminjaman

Bagi kebanyakan orang mengatakan KTA syariah tetap bermain riba, padahal dugaan tersebut adalah salah. Walaupun secara sistematika hampir sama dengan konvensional namun secara akad yang dilakukan sangat jauh berbeda. Kita lihat perbedaannya, di bank Konvensional ketika nasabah melakukan pinjaman uang kepada bank tersebut dan menerima sejumlah dana di awal yang kemudian harus segera dicicil dalam waktu yang telah ditentukan oleh bank tersebut. Dan dalam waktu itu nasabah akan dikenakan dan harus membayar bunga yang diberikan oleh bank konvensional.

2. Sistem Akad Pada Bank Syariah

Sedangkan pada bank syariah ketika akan membuka KTA yang pada landasan hukum islam. Bedanya adalah setelah bank syariah telah memberikan kredit, maka bank syariah tidak membebankan bunga pada nasabahnya atau biasa disebut pinjaman syariah tanpa agunan. Saat di awal transaksi atau dalam penandatanganan kesepakatan antara nasabah dan bank dilandasi dengan perjanjian atau akad yang tidak merugikan bagi nasabahnya yang berdasarkan keuntungan pinjaman saat akan dibukanya untuk usaha nasabah tersebut.

3. Tanggungan Risiko

Pada KTA Konvensional bank tersebut sangat berhati-hati kepada nasabahnya karena tidak ingin dirugikan. Tentu saja bank konvensional juga tidak ingin mengambil resiko dalam kredit yang macet atau nasabah tidak dapat melunasi cicilan yang telah dipinjam dari bank. Maka sistem yang diterapkan oleh bank konvensional untuk menanggulangi masalah tersebut adalah meminta jaminan kepada nasabahnya. Dan nasabah harus menyerahkan jaminan yang telah di tetapkan oleh pihak bank seperti dokumen berupa sertifikat tanah maupun surat- surat penting maupun barang berharga lainnya. Tujuannya adalah ketika kredit nasabah macet maka jaminan yang telah diberikan kepada pihak bank akan ditangguhkan

Berbeda dengan KTA syariah, bank syariah ini juga ikut menanggung resiko ketika nasabahnya suatu saat akan gagal melunasi pinjaman. Dalam kasus, nasabah mengalami gagal dalam membuka usaha yang modalnya didapatkan dari pinjaman bank tersebut. Namun ketika nasabah tersebut berhasil dalam membuka usaha tentunya bank syariah jua mendapatkan porsi yang besar dari keuntungan nasabah, karena akad yang digunakan adalah bagi hasil.

4. Status Dalam Hukum Islam

Dalam kalangan ulama muslim mengatakan bahwa kredit bank konvensional adalah haram karena mengandung riba. Dikarenakan riba cenderung pada arah merugikan bagi nasabah. Sehingga banyak masyarakat yang tidak mengambil kredit konvensional.

Berbeda halnya dengan kredit syariah, dimana antara pihak bank syariah dengan nasabah membuat perjanjian tertulis gunu mempergunakan uang pinjaman secara bijaksana, yang tentunya harus digunakan untuk sesuatu yang halal dan tidak menyimpang dari hukum agama.

5. Perhatian Terhadap Zakat

Perbedaan yang cukup unik antara KTA syariah dengan konvensional adalah kemudahan nasabah dalam menjalankan hukum islah semisal menyalurkan zakat. Dalam KTA konvensional tentunya bank tidak akan ikut campur urusan anda apalagi mengenai zakat.

Namun bank syariah tampil sebagai pembeda antara syariah dan konvensional. Ketika anda telah menggunakan dana pinjaman dari bank dan anda sukses pesat terhadap usaha yang anda buka, maka bank syariah akan memudahkan anda dalam membayar zakat 2,5% dari keuntungan yang anda dapatkan sesuai dengan syariat islam yang berlaku.

disitu siap melayani anda