DISITU
13 Mar 2018

Pinjaman Uang di Bank Tanpa Bunga,Gini Cara Mendapatkannya

https://disituapi.azureedge.net/artikel/489 Pinjaman Uang di Bank Tanpa Bunga Ini Cara Mendapatkannya dan Sistem Akadnya.jpg

Banyak sekali orang yang membutuhkan pinjaman dana,baik itu untuk modal usaha maupun yang lainnya. Pada umumnya pinjaman memiliki biaya atau bunga yang harus dibayar oleh si peminjam. Namun sebagian orang tertentu berusaha mendapatkan pinjaman dengan tanpa bunga. Tapi, apakah benar ada pinjaman uang di bank tanpa bunga yang bisa didapatkan konsumen? Jawabannya tentu ada, tergantung kepada siapa yang meminjam. Sebab, tempat meminjam uang ini tidak hanya terdapat di bank ataupun lembaga keuangan.

Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Di Bank Tanpa Bunga Dan Sistem Akadnya

Sebelum mengetahui jenis jenis pinjaman berdasarkan mekanisme pengembalian pinjaman (akad), sebaiknya ketahui dulu cara-cara mendapatkan pinjaman dana di bank tanpa bunga antara lain:

1. Melengkapi Persyaratan Administrasi

Persyaratan administrasi yang dibutuhkan oleh bank syariah atau lembaga keuangan mirip dengan bank konvensional. Dalam hal ini yang dibutuhkan ialah dokumen identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Kartu Keluarga (KK). Bila kamu adalah seorang pekerja, maka biasanya pihak bank juga akan meminta surat keterangan kerja dari perusahaan di mana anda bekerja beserta slip gaji dan juga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

2. Berkonsultasi Terlebih Dahulu

Ketika anda memutuskan untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan, maka anda harus ke kantor bank syariah atau lembaga keuangan terdekat untuk berkonsultasi mengenai jenis akad pinjaman yang paling cocok serta jumlah uang yang akan anda pinjam.

3. Memperhatikan Syarat Pada Pinjaman

Tidak seperti bank pada umumnya, bank yang meminjamkan pinjaman tanpa bunga  pada umumnya memiliki ketentuan tersendiri terhadap pinjaman yang akan diberikan. Ketentuan ini  bisa berkaitan dengan masa minimal pada pinjaman dan masa maksimal jatuh tempo untuk pinjaman, berstatus pegawai, tidak bermasalah dengan hukum dan lain-lain.

4. Menandatangani Persetujuan Pinjaman

Sesudah persyaratan administrasi dan juga persyaratan pinjaman dipenuhi oleh calon peminjam dana, maka bank atau lembaga keuangan akan menyodorkan surat perjanjian pinjaman yang memuat berbagai ketentuan mengenai bagi hasil serta konsekuensi apabila terjadi kecurangan atau kesalahan dari salah satu pihak. Surat perjanjian ini ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Sistem Akad Dari Pinjaman Uang Di Bank Tanpa Bunga

Berikut ini sistem akad dari pinjaman uang tanpa bunga yang ada di bank yang harus diketahui:

1. Mudharabah

Merupakan perjanjian antara pihak pemilik modal dengan pengusaha. Dalam system  ini, seluruh keuntungan yang diperoleh akan dibagi sesuai dengan rasio yang telah disepakati pada sebelumnya. Bank syariah ataupun lembaga  sendiri menanggung penuh resiko kerugian yang akan terjadi selain dari pada kerugian yang timbul sebagai akibat dari kelalaian, kesalahan, pengelolaan dan juga penyimpangan dari peminjaman seperti penyalahgunaan, kecurangan dan penyelewengan.

2. Musyarakah

Akad musyarakah ini dapat disebut juga sebagai sistem joint venture atau partnership. Keuntungan yang diperoleh akan dibagi berdasarkan pada rasio yang disepakati. Pada pihak lain, kerugian yang terjadi juga akan dibagi secara proporsional berdasarkan pada rasio ekuitas yang dimiliki oleh pihak masing-masing pihak.

3. Muzara’ah

Perjanjian muzara’ah merupakan perjanjian antara pihak bank syariah dengan  peminjam yang bergerak dalam hal agrikultur. Dalam hal ini, pihak bank memberikan pembiayaan bagi pihak peminjam yang bergerak dalam bidang pertanian dengan perkebunan. Sebagai gantinya, maka pihak bank akan mendapatkan bagi hasil dari hasil panen pihak peminjam.

4. Musaqah

Perjanjian musaqoh ini sendiri merupakan penyederhanaan dari muzara’ah. Pada prakteknya mekanisme ini maka peminjam hanya bertanggung jawab terhadap pemeliharaan tanaman, seperti halnya penyiraman dan perawatan. Sebagai imbalannya sang peminjam berhak mendapatkan bagian tertentu atau bagi hasil dari hasil panen yang didapat.

Demikian cara mendapatkan pinjaman dana di bank tanpa bunga serta akad yang bisa anda pilih sesuai dengan yang anda butuhkan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu