avatardisplay_general
DISITU
15 Mar 2018

Pinjaman Untuk Perbaikan Rumah,Solusi yang Memudahkan

https://disituapi.azureedge.net/artikel/504 Pinjaman Untuk Perbaikan Rumah Ini Solusi yang Memudahkan Anda.jpg

Rumah anda sering bocor, terlihat kusam dan tua? Tidak ada dana untuk melakukan perbaikan? Jangan khawatir, sekarang banyak sumber dana yang melayani pinjaman untuk perbaikan rumah. Salah satunya adalah bank, bank tidak hanya bermanfaat untuk tempat nabung atau investasi, tetapi juga menyediakan dana pinjaman. Dana pinjaman dari bank bisa anda manfaatkan untuk biaya renovasi rumah. Bila anda benar-benar ingin melakukan renovasi atau perbaikan rumah, ada beberapa cara untuk mendapatkan pinjaman. Lalu bagaimana caranya tersebut?

Solusi Tepat Mendapat Pinjaman Untuk Perbaikan Rumah

Simak baik-baik beberapa tips untuk mendapatkan pinjaman untuk perbaikan rumah anda di bawah ini:

1. Dana Tabungan Dan KTA

Pastinya anda mempunyai tabungan di bank. Anda tidak perlu mengambil semua tabungan di bank sebagai dana renovasi rumah. Ambil saja seperlunya, kemudian kombinasikan dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dalam pinjaman KTA sendiri anda tidak perlu menunggu lama untuk pencairan dana seperti pada kredit dengan agunan. Sebab, dengan pinjaman KTA anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 minggu untuk pencairan dana, bahkan ada yang lebih cepat.

Pinjaman KTA ini sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan renovasi kecil-kecilan dan waktu pengerjaan yang singkat. Bagi anda yang sedang mengambil KPR dan masih belum memiliki SHM, maka anda masih bisa mengajukan KTA. Namun, pinjaman KTA ini punya kelemahan yaitu suku bunganya yang tergolong tinggi.

2. KPR Refinancing

Jika rumah anda sudah lunas atau sudah tidak dalam proses Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), layanan KPR refinancing dari bank bisa digunakan. Melalui layanan ini, anda seperti membeli rumah dengan cara KPR, yaitu harus menjaminkan sertifikat rumah ke bank. Dari teknik ini anda bisa mendapatkan pinjaman dari bank sebesar 80 persen dari harga rumah anda. Keuntungan yang anda dapatkan dengan meminjam kredit ini adalah bunga yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan pinjaman lainnya. Namun, bila anda memiliki rumah yang masih proses pembiayaan KPR, maka anda tidak bisa mengajukan KPR refinancing. Sebab, dalam kredit ini harus menyertakan Sertifikat Hak Milik (SHM) bangunan dan tanah.

3. Kredit BPJS Ketenagakerjaan

Seseorang yang telah terdaftar sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan atau Jamsostek selama minimal 5 tahun memang bisa mengajukan fasilitas kredit renovasi rumah. Dalam pembiayaan kredit renovasi rumah via BPJS ketenagakerjaan, pihak BPJS ketenagakerjaan sendiri akan bekerja sama dengan beberapa bank. Jaminan sendiri adalah dana dalam rekening BPJS ketenagakerjaan yang anda miliki. Proses kredit ini sangat mudah, anda hanya perlu datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat dan melengkapi persyaratan yang diminta.

4. Kredit Renovasi Rumah

Sejumlah bank mempunyai layanan kredit renovasi rumah yang bekerja sama dengan perusahaan semen. Menggunakan layanan ini anda bisa sekaligus mendapat saran dari perusahaan semen tersebut tentang cara renovasi rumah yang lebih efektif dan efisien.

5. Top Up KPR

Fasilitas Top Up KPR adalah fasilitas yang diberikan bagi para pengaju rumah KPR dengan jaminan rumah yang masih dibiayai bank. Peminjaman ini juga berlaku bagi seseorang yang masih dalam status pembayaran KPR yang belum lunas. Fasilitas ini biasanya diberikan setelah nasabah melewati separuh dari masa kredit dan juga memiliki riwayat kredit yang baik. Dalam hal ini KPR awal anda akan ditutup dan anda akan memiliki kredit baru. Dana renovasi yang akan anda dapatkan sendiri yaitu dari selisih dana plafon pinjaman anda setelah dikurangi sisa KPR sebelumnya.

6. Over Kredit KPR

Over kredit mirip dengan top up KPR hanya saja cara ini melibatkan dua bank. Bank awal atau bank pertama merupakan penerbit KPR, sedangkan bank kedua adalah yang dituju untuk melakukan over kredit dari bank awal tadi. Jadi, intinya sama saja yaitu selisih plafon digunakan untuk membiayai perbaikan rumah. Cara ini bisa digunakan apabila permohonan top up KPR ditolak.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu