avatardisplay_general
DISITU
10 Sep 2018

Prosedur Pengajuan Gadai Sertifikat Rumah Bank BRI

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180910/Prosedur Pengajuan Gadai Sertifikat Rumah Bank BRI.jpg

Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan masing-masing yang beragam, terkadang uang yang dimiliki tidak mampu memenuhi kebutuhannya. Namun bagi Anda yang memerlukan dana tambahan bisa memanfaatkan lembaga keuangan, salah satunya adalah mengajukan gadai ke Bank BRI. Mengajukan gadai sertifikat rumah ke Bank BRI bukanlah hal yang sulit apabila Anda mengetahui prosedurnya. Untuk itu Anda sebaiknya mengetahui prosedur mengajukan gadai rumah di bank BRI.  Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai prosedur pengajuan gadai sertifikat rumah dari awal hingga pencairan di Bank BRI. Berikut ini beberapa prosedur mengajukan gadai di Bank BRI yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya :

1. Mendatangi Bank Untuk Mendapat Penjelasan Dari Pihak BRI

Langkah pertama  untuk mengajukan gadai sertifikat rumah ke Bank BRI adalah mendatanginya untuk mencari informasi dan menanyakan berbagai macam hal. Biasanya pihak bank akan menjelaskan mengenai produk gadai sertifikat rumah. Pihak bank akan menjelaskan mulai dari apa itu gadai sertifikat rumah,  persyaratan yang diperlukan, kisaran harga gadai, bunga yang bisa dikenakan dan sebagainya.  Pihak bank akan memberikan berbagai penjelasan ke calon nasabahnya agar ia paham mengenai produk gadai. Untuk itu sebaiknya apabila ada hal yang kurang jelas ditanyakan saat itu juga. Mengisi Formulir Dan Melengkapi Berkas.

2. Mengisi Formulir Dan Menyerahkan Berkas Yang Diperlukan

Setelah diberi penjelasan yang banyak dan sekiranya nasabah paham, maka pihak bank akan memberikan formulir untuk diisi calon nasabah. Formulir tersebut  dimaksudkan untuk mengetahui data nasabah dan keseriusan nasabah. Selain itu persyaratan juga akan diteliti oleh bank apakah benar atau tidak. Calon nasabah harus menyerahkan persyaratan dan  data yang lengkap. Proses ini sangatlah penting, apabila berkas yang diminta tidak lengkap maka proses pengajuan gadai ke sertifikat ke Bank BRI akan ditolak.

3. Survey Dari Bank

Apabila kedua poin di atas sudah beres dan tidak ada kendala maka calon nasabah harus melakukan proses selanjutnya. Pihak dari bank akan melakukan survey ke rumah untuk melihat apakah rumah tersebut bisa diterima pengajuan gadainya atau tidak. Selain itu pihak bank akan menilai berapa jumlah uang yang bisa dicairkan. Semakin baik kondisi rumah yang Anda miliki maka akan semakin besar nilai gadainya di Bank BRI. Untuk itu sebaiknya Anda mempersiapkan dengan baik sebelum pihak bank mendatangi rumah kita.

4. Menyetujui Perjanjian

Di saat pihak bank melakukan survey, biasanya pada hari itu juga pihak bank akan memberikan tawaran atau taksiran harga gadai rumah tersebut. Apabila Anda menyetujuinya maka pihak bank akan memberikan surat perjanjian untuk ditandatangani kedua belah pihak antara bank dan dengan nasabah. Dalam surat perjanjian tersebut terdapat nilai angsuran setiap bulannya dan beserta bunganya. Selain itu ada beberapa hal yang disebutkan di surat perjanjian tersebut.

5. Pencairan Dana

Setelah menyetujui perjanjian maka pihak bank akan memberikan dana alias pencairan kepada nasabahnya. Proses pencairan tidaklah lama bahkan tergolong sebentar. Pencairan biasanya berlangsung beberapa jam setelahnya. Dengan begitu Anda bisa menggunakan dan tersebut dengan segera guna memenuhi kebutuhan Anda. Anda juga bisa memilih untuk pencairan dana secara langsung ataupun ditransfer ke rekening Anda. Namun kebanyakan nasabah memilih untuk di transfer ke rekening pribadinya.

Setelah mengetahui beberapa prosedur dan ketentuan di atas tentunya Anda lebih bisa mempersiapkan beberapa hal yang diperlukan. Untuk itu Anda akan lebih mudah untuk mengajukan gadai sertifikat rumah ke Bank BRI. Semoga artikel ini membantu.