avatardisplay_general
DISITU
09 Dec 2018

Simulasi Kredit Motor 2014 Dan Hal Yang Wajib Ditanyakan

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181209/Banner/Simulasi%20Kredit Motor 2014 Dan Hal Yang Wajib Ditanyakan.jpg

Melakukan kredit motor tentunya akan membuat Anda melakukan sejumlah pertimbangan dengan sangat matang. Mengapa demikian? Sebab  melakukan kredit motor memerlukan ketelitian dalam menghitung jumlah kreditannya. Oleh sebab itu, sebelum melakukan kredit motor sebaiknya Anda melakukan simulasi kredit motor. Dengan melakukan simulasi kredit motor ini maka Anda akan tahu berapa banyak dana yang harus Anda siapkan. Pada simulasi kredit motor 2014 ini, ada  beberapa hal yang wajib Anda tanyakan mengenai simulasi kredit motor agar Anda tidak merugi di kemudian hari. Berikut ini adalah ulasannya :

Hal Yang Wajib Ditanyakan Mengenai Simulasi Kredit

Bagi Anda yang ingin melakukan simulasi kredit motor, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal di bawah ini. Anda dapat menanyakan point-point di bawah ini untuk memastikan kebenaran mengenai simulasi kredit. Berikut adalah hal yang wajib Anda tanyakan mengenai simulasi kredit motor.

1. Tanyakan Besaran Bunga

kredit-motor

Kebanyakan besar lembaga pembiayaan tidak mencantumkan besaran bunga pada brosur yang mereka sebar. Rata-rata leasing menerapkan bunga dari 1,5% sampai 4% perbulannya. Meskipun terkadang ada juga yang menerakan bunga diatas 5%.

2. Tanyakan Tentang Perhitungan Angsuran

kredit-motor

Tanyakan apakah angsuran perbulan yang wajib Anda setorkan perhitungannya benar-benar sesuai dengan tingkat bunga yang telah ditentukan. Misalnya dealer X melalui lembaga pembiayaan finance memberi penawaran kredit motor dengan bunga 1,5% per bulan. Setelah itu, mintalah pihak leasing untuk membuktikan perhitungan angsuran per bulan apakah sudah sesuai dengan bunga 1,5% per bulan tersebut.

3. Tanyakan Sistem Bunga Yang Digunakan

kredit-motor

Setelah Anda melakukan point kedua diatas, Anda bisa melanjutkan point ketiga ini. Tanyakan sistem bunga yang digunakan apakah Flat atau bunga berbunga. Serta tanyakan pula apakah menggunakan suku bunga tetap atau mengambang. Untuk bunga flat atau bunga berbunga kiranya Anda sudah memahaminya. Namun, suku bunga tetap dan mengambang berikut penjelasannya.

4. Biaya Administrasi

kredit-motor

Setelah masalah bunga  clear, hal wajib selanjutnya yang perlu Anda tanyakan dalam simulasi kredit motor  adalah biaya administrasi yang dikenakan oleh pihak leasing. Terkadang masih terdapat  leasing yang berlaku curang dengan menambahkan biaya administrasi yang tidak semestinya.

5. Asuransi

kredit-motor

Biasanya terdapat dua jenis asuransi kendaraan yang ditawarkan. All Risk dan Total Loss Only (TLO). TLO hanya melindungi kehilangan kendaraan terkait pencurian motor dengan masa perlindungannya adalah 12 tahun. Sedangkan All Risk cakupannya lebih luas lagi. Namun begitu, premi yang harus Anda bayarkan pada All Risk tentu lebih besar dibanding dengan TLO.

Simulasi Kredit Motor 2014

Setelah Anda menanyakan point-point diatas, ada baiknya jika Anda juga mengerti bagaimana menghitung simulasi kredit. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung simulasi kredit motor. Anda dapat menghitung sendiri sesuka hati Anda sesuai dengan merek sepeda motor yang Anda inginkan, Dp dan tenor (rentang waktu) tertentu. Rumus hitung besaran kredit = (Harga OTR-DP / Tenor ) X Presentase.

Persentase: Persentase keuntungan yang diambil oleh pihak leasing (tergantung tenor). Berikut  adalah persentasenya

145% (1,45) untuk tenor 11 bulan

150% (1,50) untuk tenor 23 bulan

156% (1,56) untuk tenor 35 bulan

(Nilai persentase berubah berubah sewaktu-waktu dan berkemungkinan berbeda setiap leasing)

Sebagai contoh adalah jika Anda ingin melakukan kredit motor matic dengan harga Rp 15.000.000 dengan DP Rp 5.000.000 serta tenor 23 bulan. Maka perhitungannya adalah ((15.000-5.000) / 11) x 1,45) = (10.000/23) x 1,50 = 434.782x1,50 hasilnya adalah Rp 652.173,91. Dengan perumpaan di atas, cicilan yang wajib Anda bayarkan perbulan adalah Rp 650 ribu selama dua tahun.

Itulah beberapa hal yang wajib Anda tanyakan kepada pihak leasing mengenai simulasi kredit motor 2014 serta cara perhitungan simulasi kredit. Semoga dengan adanya ulasan ini, Anda bisa lebih teliti dalam melakukan simulasi kredit motor.